5 Bentuk Perusahaan Terbesar yang Merupakan BUMN di Indonesia

BUMN di Indonesia
contohsurat.co

BUMN di Indonesia – Setelah lulus nanti kamu ingin bekerja dimana? Tak sedikit dari kita yang menjawab ingin meniti dan mengembangkan karir sebagai karyawan BUMN. Acap kali lini masa media sosial dipenuhi dengan job vacancy dari berbagai BUMN di seluruh Indonesia.

Namun tahukah kamu apa sebenarnya definisi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut? Apakah sama halnya jajaran pembantu pemerintahan yang bekerja di Kementerian, sehingga otomatis jika bekerja di BUMN kita akan menyandang status PNS?

Baca Juga : Biografi Mohammad Hatta


Pengertian dan Daftar BUMN Terbesar di Indonesia


katadata.co.id

BUMN merupakan perusahaan yang seluruh atau sebagian aset modalnya dimiliki dan dikelola oleh negara. Seluruh etinitas perusahaan BUMN berada di bawah pengawasan Kementerian BUMN dan diatur dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2003.

Pada hakikatnya perusahaan BUMN bertugas memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Indonesia di berbagai bidang. Mulai dari sektor ekonomi, transportasi, kesehatan, telekomunikasi, energi gas dan minyak bumi, dan lain sebagainya.

BUMN bisa saja berbentuk Perusahaan Umum (Perum), Perseroan terbatas (Persero), maupun jawatan (Perjan). Berikut beberapa diantaranya BUMN yang ada di Indonesia:

1. PT Pertamina

Pertamina merupakan salah satu BUMN terbesar dan paling berpengaruh di Indonesia. Seperti yang kita ketahui gas dan minyak bumi kini seolah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang di muka bumi. Sebagai penunjang transportasi utama, ketersediaan gas dan minyak bumi kini sudah mulai menipis.

Sebelum berganti nama menjadi Pertamina, dulunya Pesero ini diberi nama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara. Sesuai dengan tugas utamanya yaitu untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

2. PT PLN (Perusahaan Listrik Negara)

Perusahaan BUMN yang satu ini belakangan sedang naik daun karena banyak mendapat keluhan dari pelanggan yang tagihan listriknya melonjak selama pandemi. PLN sendiri merupakan perusahaan negara yang bergerak di sektor energi dan listrik.

Tugas utama PLN adalah mengurus ketersediaan, pengadaan, perbaikan, dan penanggulangan listrik hingga merata ke seluruh penjuru negeri di Indonesia. Sesuai dengan misinya PLN berpedoman dalam mengemban tugas untuk menjadikan tenaga listrik sebagai media perbaikan kualitas hidup masyarakat.

3. BUMN Sektor Transportasi

Di sektor transportasi perusahaan terbesar yang dimiliki oleh negara adalah PT KAI (Kereta Api Indonesia), PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia), dan PT Angkasa Pura. Ketiga perusahaan ini masing-masing melayani sarana transportasi darat, laut, dan udara.

PT KAI adalah BUMN yang bergerak di bidang jasa transportasi nasional menggunakan moda transportasi kereta api. Tak hanya mengangkut penumpang, PT KAI juga menyediakan jasa pengangkutan barang dan kargo. Bagi mahasiswa yang kuliah di area Pulau Jawa tentu sangat sering menggunakan jasa PT KAI.

PT Pelindo merupakan BUMN yang bertanggung jawab dengan segala hal yang berkaitan dengan pelabuhan. Bersama dengan PT PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia), Pelindo bertanggung jawab dalam menyediakan moda transportasi laut bagi mereka yang ingin menyeberang antar pulau.

Sedangkan PT Angkasa Pura adalah BUMN yang bertanggung jawab dalam hal lalu lintas penerbangan dan fasilitas bandara. Tak hanya menyediakan jasa transportasi nasional, namun PT Angkasa Pura juga menyediakan jasa transportasi antar negara (internasional).

4. PT Telekomunikasi Indonesia

Sering disingkat menjadi PT Telkom, perusahaan yang sering menjadi tempat magang mahasiswa tingkat akhir jurusan ilmu komunikasi, broadcasting, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya PT Telkom merupakan BUMN yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan jasa teknologi informasi dan komunikasi di seluruh wilayah Indonesia.

5. BUMN Sektor Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, di Indonesia terdapat PT Biofarma yang bertanggung jawab dalam hal khususnya memproduksi vaksin. Selain itu juga ada PT Kimia Farma yang bergerak dalam farmasi dan ketersediaan obat-obatan.

Dari kelima jenis BUMN di atas masih banyak perusahaan-perusahaan negara lainnya yang bertanggung jawab dalam menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat. BUMN yang paling dekat dengan kita, dan sering kita datangi yaitu perusahaan Perbankan. Diantaranya ada BRI, Bank Mandiri, BTN, BNI, BPD, dan lain sebagainya.


Keyword: BUMN di Indonesia

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.