Penjelasan Lengkap Mengenai Materi Ruang Lingkup Aspek Geografi

Aspek Geografi
idebebas.com

Aspek Geografi – Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena geosfer baik berupa alam dan manusia yang menjalin ikatan dan hubungan di permukaan bumi. Lingkungan geografi mencakup semua bentang lahan baik bersifat fisik maupun sosial serta aksesibilitas ari wilayah yang bersangkutan.

Aspek geografi tidak lepas dari perannya dalam menggambarkan kejadian-kejadian alam maupun kehidupan sosial dengan berbagai variasi wilayahnya. Secara hakikat ilmu geografi terbagi menjadi dua aspek yaitu geografi fisik (alamiah) dan geografi sosial (manusia).

Aspek alamiah mencakup segala hal yang berkaitan dengan fisik seperti geosfer, letak dan lokasi suatu wilayah, bentuk bumi, luas wilayah, dan lain sebagainya. Sedangkan geografi sosial adalah aspek ilmu geografi yang mempelajari tata laku manusia dan lingkungan sekitarnya.


Sejarah Ilmu Geografi


lenterapedia.com

Secara bahasa geografi bumi, ilmu yang menggambarkan keadaan bumi beserta isinya. Istilah geografi sendiri sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Bahkan setiap negara menggunakan istilah geografi menurut bahasa Ibu mereka masing-masing.

Dalam bahasa Inggris geografi disebut geography, bahasa Yunani geographia, dan dalam bahasa Belanda disebut aardrijkunde.

Para tokoh dari bangsa Yunani yang dikenal aktif mendalami ilmu geografi diantaranya Herodotus, Erastosthenes, Hipparchus, Aristotle, Strabo, dan lain sebagainya. Peradaban kemudian dilanjutkan oleh bangsa Romawi yang memberikan sumbangan pada pemetaan negeri yang telah mereka jelajahi.

Teknik periplus merupakan salah satu teori yang pertama kali dikemukakan oleh bangsa Romawi. Menjelaskan tentang deskripsi mengenali garis pantai yang dapat dilihat pelaut di laut lepas. Teknik ini berhasil menyelamatkan dua pelaut Romawi di Laut Erythraea.

Ilmu geografi makin berkembang pada zaman pertengahan, para ilmuwan Arab seperti Al-Idrisi, Ibnu Batuta, dan Ibnu Khaldun terus mendalami warisan ilmu dari bangsa Yunani dan Romawi ini. Ilmu geografi mulai menyebar hingga ke Eropa berkat perjalanan Marco Polo pada abad ke-16.

Setelah abad ke-18 banyak perubahan yang terjadi diantaranya pada bagian teoritis dengan detil yang lebih akurat. Geografi mulai dijadikan sebagai salah satu disiplin ilmu dalam kurikulum di beberapa universitas di Paris dan Berlin.

Semakin berkembangnya zaman, ilmu geografi memiliki hubungan yang kuat dengan geologi dan botani, ekonomi, serta sosiologi dan demografi. Pada abad ke-20 ilmu geografi di barat terbagi dalam empat fase, yaitu determinisme lingkungan, geografi regional, revolusi kuantitatif, dan geografi kritis.

Ruang Lingkup Aspek Geografi

Aspek Geografi
tugassekolah.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya aspek geografi meliputi aspek fisik dan sosial. Kedua aspek ini saling berkorelasi membentuk berbagai gejala dan fenomena di permukaan bumi. Segala perbuatan dan aktivitas manusia akan berdampak pada keseimbangan ekosistem secara keseluruhan.

Aspek Fisik

Merupakan aspek yang mengkaji pengaruh antara fenomena geosfer dengan keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik terbagi menjadi aspek topografi, aspek biotik, dan aspek non-biotik dimana ketiga aspek ini saling berkaitan.

Aspek topografi adalah segala hal yang berkaitan dengan letak atau lokasi suatu wilayah. Biotik adalah aspek yang mengkaji tentang hal-hal yang berkaitan dengan tumbuhan, hewan, dan penduduk. Sedangkan aspek non-biotik berkaitan dengan hal selain biotik seperti tanah dan air suatu wilayah.

Aspek Sosial

Aspek sosial berkaitan dengan kehidupan manusia baik itu tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat, dan lembaga-lembaga sosial. Berdasarkan ilmu geografi aspek sosial diartikan sebagai fenomena yang terjadi di geosfer yang berkaitan langsung dengan kegiatan manusia.

Artinya aspek ini membahas pola hubungan manusia dengan lingkungannya baik secara ekonomi politik, maupun budaya. Hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur ekonomi di antaranya sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, hingga pasar.

Sedangkan aspek budaya meliputi unsur pendidikan, kesenian, adat-istiadat, bahasa daerah, dan lain sebagainya. Terakhir aspek politik membahas segala hal yang berkaitan dengan unsur tatanan kepemerintahan dalam kehidupan bermasyarakat.

Keyword : Aspek Geografi

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.