Unsur-Unsur Negara ini Wajib Kamu Pelajari sebagai Rakyat yang Baik

√ Unsur-Unsur Negara ini Wajib Kamu Pelajari sebagai Rakyat yang Baik
pengajar.co.id

Unsur Unsur Negara – Menurut Aristoteles negara adalah persekutuan daripada keluarga dan desa guna memperoleh hidup sebaik-baiknya.

Sebuah negara dapat terbentuk karena sudah merdeka atau karena mampu mendirikan kedaulatan sendiri. Secara umum unsur-unsur negara ada empat yaitu memiliki rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat, serta mendapat pengakuan dari negara lain.

Sebuah wilayah tidak dapat dikatakan sebagai negara jika tidak ada penduduknya. Begitu pula sebaliknya sekumpulan penduduk yang membentuk kesatuan tertentu tidak bisa disebut negara jika tidak memiliki wilayah untuk bernaung. Keempat unsur di atas adalah syarat wajib agar sebuah negara dapat berdiri.


Unsur-Unsur Negara


Berkaca dari konflik wilayah yang menjadi bagian dari persoalan di Indonesia. Beberapa wilayah mencoba memisahkan diri untuk membentuk negara sendiri, salah satunya yaitu Timur-Timur. Nah, bagaimana penjelasan sebuah negara bisa disebut sah berdiri di kaki sendiri. simak ulasan berikut:

1. Penduduk/ Rakyat

nesabamedia.com

Rakyat adalah sekumpulan manusia yang hidup bersama membentuk rumpun atau golongan tertentu yang hidup bermasyarakat dengan menjalani hak serta kewajiban tertentu. Mereka dapat saja berasal dari keturunan, kepercayaan, dan kulit yang berlainan.

Selama sekumpulan manusia tersebut, baik laki-laki maupun perempuan, selama terorganisasi dengan baik maka dapat dikatakan sebagai masyarakat. Rakyat disatukan biasanya atas dasar kesamaan ciri jasmaniah maupun kebudayaan.

Ciri jasmaniah diantaranya adalah warna kulit, rambut, bentuk muka, perawakan, dan lain sebagainya. Sementara ciri kebudayaan ditandai dengan persamaan bahasa, adat istiadat, kebiasaan, hingga keyakinan atau agama.

Rakyat di suatu negara biasanya juga memiliki dasar kesatuan politik yang sama. Sehingga mereka berkumpul membentuk kumpulan dan mengatur tatanan di suatu wilayah.

2. Wilayah

kompas.com

Wilayah adalah lokasi fisik yang menjadi daerah teritorial rakyat terdiri dari daratan, perairan, dan udara. Sederhananya untuk membentuk sebuah negara maka diperlukan luasan wilayah tertentu sebagai tempat tinggal rakyat.

Wilayah ini memiliki cakupan kekuasaan dan secara geografis memiliki batasan baik di darat, air, dan udara dengan negara lain. Batasan wilayah dibuat berdasarkan keputusan politik hasil negosiasi internasional antar negara di dunia.

Sebagai penanda untuk batasan biasanya menggunakan macam-macam benda. Mulai dari tembok raksasa, garis panjang, kawat berduri, hingga benda sederhana seperti batok kayu. Begitu juga di laut dan udara dibagi menjadi zona-zona tertentu sesuai kesepakatan bersama.

3. Pemerintah yang Berdaulat

muttaqin.id

Pemerintah adalah lembaga legislatif yang bertugas membentuk undang-udang beserta jajarannya. Sebagai keseluruhan lembaga negara, dimana di Indonesia pemerintah tak hanya berfungsi sebagai lembaga legislatif namun sekaligus sebagai lembaga eksekutif dan yudikatif.

Artinya pemerintah bertugas menyusun aturan, menegakkan hukum, serta mengayomi dan mengatur kehidupan masyarakat dengan baik dan sejahtera. Pemerintah yang berdaulat artinya memiliki kebebasan mengatur rakyatnya tanpa dipengaruhi kekuasaan negara lain.

4. Pengakuan dari Negara Lain

selembar.com

Inilah yang diperjuangkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta di masa-masa awal kepemimpinan mereka. mendapatkan pengakuan dari negara lain adalah sebagian dari syarat untuk menjadi negara merdeka yang berdikari.

Bung Karno pernah berpesan “perjuanganku lebih mudah melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”. Berbagai pengkhianatan yang pernah dialami tak menciutkan hati Bung Karno untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang diakui dunia.

Pengakuan dari negara lain merupakan unsur deklaratif yang mutlak adanya. Diakui oleh negara lain berarti mendapatkan posisi di mata organisasi dunia, yakni Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai negara yang berdaulat dan memiliki sistem pemerintahan sendiri.

Kemampuan untuk mengadakan hubungan dengan negara lain

Sebagai unsur tambahan, syarat sebuah negara selain mendapatkan pengakuan dari negara lain juga harus mampu mengadakan hubungan dengan negara lain. Sederhananya kita sebagai anak manusia tentu tidak bisa hidup sendiri di muka bumi ini, butuh berkawan dan bersosialisasi.

Begitu juga sebuah negara, tidak akan bisa menjalankan roda perekonomian jika tidak mampu menjalin hubungan yang baik dengan negara lainnya.

Baca Juga : Unsur-Unsur Seni Rupa

Keyword: unsur-unsur negara

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.