Sebelum Dicetak, Pahami Dulu Ukuran Spanduk yang Telah Kamu Desain

√ Sebelum Dicetak, Pahami Ukuran Spanduk yang Telah Kamu Desain
news.detik.com

Di suatu acara atau tempat berdagang atau di pinggir jalan biasanya mudah sekali ditemukan salah satu alat promosi yang bernama spanduk. Ukuran spanduk bermacam, mulai dari kecil. sedang, hingga jumbo.

Menurut KBBI, ‘spanduk’ adalah kain yang direntangkan berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui umum; kain rentang. Dengan dipasangnya spanduk tersebut, diharapkan bahwa orang yang melihatnya akan memerhatikan isi dari spanduk.

Spanduk merupakan salah satu media informasi. Secara garis besar, spanduk dibedakan menjadi dua macam. Dua macam spanduk tersebut adalah spanduk MMT dan spanduk kain. MMT merupakan jenis spanduk yang hanya bisa dikerjakan dengan print digital.

id.aliexpress.com

Sedangkan spanduk kain biasa dibuat dengan cat, sablon, dan bisa pula dengan print digital. Spanduk merupakan media promosi yang cukup menarik. Selain itu, spanduk sebagai media promosi juga cukup efektif.

Ditambah lagi dengan harganya yang terjangkau, spanduk banyak diminati orang-orang yang memiliki sesuatu untuk dipromosikan. Contoh penggunaan spanduk adalah spanduk promosi di toko keramik yang baru saja dibuka.


Ukuran Spanduk


blog.porinto.com

Sebagai salah satu alat promosi, tentulah pencetakan spanduk perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Penyesuaian tersebut dapat dilihat dari sisi desain, bahan, hingga ukuran spanduk. Semua itu dapat dikonsultasikan dengan pihak percetakan.

Ada beberapa ukuran spanduk yang banyak digunakan oleh orang-orang, diantaranya:

  • 2 x 1,5 m
  • 3 x 0,8 m
  • 3 x 1 m
  • 4 x 0,8 m
  • 4,5 x 2 m
  • 5 x 1 m

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ukuran-ukuran spanduk tersebut hanya sebagai referensi bagi anda. Ukuran tersebut adalah ukuran yang banyak digunakan oleh sebagian orang.

Jika Anda memiliki ukuran spanduk yang sudah dirancang, anda dapat memberitahukannya pada pemilik jasa percetakan spanduk yang anda beri kepercayaan. Dengan begitu, ukuran spanduk yang dihasilkan akan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.


Ragam Bahan Spanduk


pemilu.antaranews.com

Berikut disebutkan beberapa bahan spanduk yang cukup sering digunakan, diantaranya:

• Poly A

Bahan spanduk poly a ini memiliki harga yang cukup lebih murah. Jadi, spanduk dengan bahan ini cocok digunakan untuk acara-acara yang berdurasi atau berjangka waktu cukup pendek.

• Poly B

Harganya juga cukup murah. Spanduk berbahan dasar poly b dapat dijadikan umbul-umbul untuk acara yang berdurasi cukup pendek.

• Flexi Korea

Spanduk berbahan flexi korea memiliki tekstur lebih halus sehingga hasil yang didapat akan bagus. Spanduk dengan bahan ini cocok dijadikan alat promosi outdoor.

• Flexi China

Tekstur spanduk berbahan flexi china adalah agak tipis dan kasar, serta memiliki serat. Disarankan bahwa spanduk berbahan flexi china digunakan untuk promosi di dalam ruangan untuk menghindari paparan air hujan dan sinar matahari.

Jika dijadikan alat promosi outdoor, dikhawatirkan tinta spanduk akan memudar dan spanduk akan sobek.

• Flexi Jerman

tokopedia.com

Dengan ketebalan yang baik, spanduk dengan bahan ini dinilai lebih baik dari spanduk dengan bahan flexi korea atau flexi china. Spanduk berbahan flexi jerman dapat digunakan sebagai alat promosi indoor maupun outdoor.

Nah, setelah mengetahui beberapa bahan spanduk dan ukuran yang biasa digunakan dalam pencetakan spanduk, hendaknya anda dapat mempertimbangkan dengan baik semua persiapan sebelum mencetak spanduk.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hasil spanduk yang tidak sesuai keinginan dan kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bahan dan ukuran spanduk dapat dilihat di situs online atau bertanya langsung pada penyedia jasa percetakan spanduk.

Keywords: Ukuran spanduk

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.