Tak Hanya Ukuran Seprai Beberapa Hal ini Juga Perlu Diperhatikan!

√ Tak Hanya Ukuran Seprai Beberapa Hal ini Juga Perlu Diperhatikan!
dekoruma.com

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ‘Seprai’ memiliki arti kain alas tempat tidur, ditempatkan di atas kasur (tempat tidur atau dipan). Sudah paham dengan ukuran seprai kamu?

Tentu anda merasa bahwa kasur kurang lengkap tanpa seprai. Kasur akan terlihat lebih cantik dan lengkap jika dipasangi seprai. Namun sebelum membeli seprai, hendaknya anda memerhatikan beberapa hal yang dapat memengaruhi penampilan kasur anda setelah dipasangi seprai.


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Seprai


Jangan sampai setelah dipasangi seprai, kasur anda malah terlihat lebih tidak menarik. Sebelum memilih seprai untuk kasurmu, perhatikanlah beberapa hal berikut:

Bahan Seprai

dekoruma.com

Bahan seprai ada banyak macamnya. Dalam memilih bahan seprai, anda harus benar-benar memerhatikan bahan mana yang cocok dan membuat anda nyaman.

Jangan karena harganya yang murah atau karena sedang trend saja anda memilih suatu bahan yang tidak membuat nyaman. Ini adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh terlewat karena dapat memengaruhi kualitas tidur anda.

Berikut beberapa bahan seprai yang cukup sering digunakan di pasaran:

elmueble.com

1. Katun Panca

Bahan katun panca terdiri dari campuran kurang lebih 75% katun dan 25% polyster. Seprai dengan bahan ini cenderung memberikan sensasi cukup dingin yang nyaman. Selain itu karena mengandung katun, seprai dengan bahan katun panca cukup baik menyerap keringat.

2. Katun Catra

Bisa dibilang bahwa bahan katun catra cukup lebih baik dari bahan katun panca. Kandungan katunnya lebih banyak, yakni sekitar 80% dengan 20% berupa polyster. Umumnya seprai dengan bahan katun catra terasa lebih nyaman dan dingin serta tidak mudah luntur saat dicuci.

3. Katun Jepang

Katun Jepang merupakan salah satu bahan seprai impor yang sangat baik kualitasnya. Sekitar 95% komponennya adalah katun. Seprai dengan bahan katun jepang cenderung lembut, dingin, dan nyaman dipakai. Seperti dua bahan sebelumnya, katun jepang memiliki daya serap yang baik.

Ukuran Seprai

merdeka.com

Tidak hanya jenis bahan, ukuran seprai juga harus diperhatikan sebelum membeli. Akan sangat disayangkan bila seprai cantik yang dibeli ternyata memiliki ukuran lebih kecil dari kasur yang akan dipasangi seprai tersebut.

Begitu pula jika suatu seprai keren yang dibeli ternyata terlampau lebih besar dari kasur yang akan ditutupi seprai tersebut. Jadi untuk mendapatkan seprai yang tepat, ukuran seprai sangat perlu diperhatikan.

• 100 x 200 cm

Ukuran 100 x 200 cm ini biasa digunakan untuk melapisi kasur single atau sering disebut ukuran nomor 4. Kasur single biasanya muat untuk tidur satu orang saja.

• 120 x 200 cm

Ukuran tersebut biasanya cukup untuk menutupi kasur dengan ukuran nomor 3 atau biasa disebut juga super single. Kasur super single adalah kasur yang lapang untuk tidur satu orang tetapi memungkinkan untuk tidur dua orang.

• 160 x 200 cm

Ukuran 160 x 200 cm biasa digunakan untuk kasur nomor 2 atau biasa disebut queen size. Kasur dengan ukuran tersebut biasa ditempati tidur untuk dua orang.

• 180 x 200 cm

Ukuran tersebut merupakan ukuran nomor satu atau biasa disebut king size. Umunya kasur ukuran 180 x 200 cm ini digunakan untuk tidur dua orang.

• 200 x 200 cm

Ukuran ini biasa disebut super king size atau extra king size. Umumnya kasur ini digunakan untuk tidur dua hingga tiga orang karena ukurannya yang sangat luas.

Motif seprai

tokopedia.com

Sebenarnya ini bukan suatu keharusan. Namun kamar akan terlihat lebih cantik jika motif dan warna seprai yang menutupi kasur disesuaikan dengan corak atau warna cat kamar.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal penting dalam memilih seprai tersebut, jangan sampai salah memilih nantinya. Anda juga dapat mengkonsultasikan seprai mana yang cocok untuk kasur anda baik dari segi motif, bahan, hingga ukuran dengan penjual seprai.

Keywords: Ukuran seprai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.