Ukuran Lapangan Takraw dan Spesifikasi Net, Tiang, dan Bolanya

√ Ukuran Lapangan Takraw dan Spesifikasi Net, Tiang, dan Bolanya
ukuran lapangan takraw

Sepak takraw adalah salah satu permainan olahraga yang menarik untuk dilakukan, olahraga ini biasa dimainkan oleh 3 orang pemain dalam satu tim.

Permainan dilakukan di lapangan, ukuran lapangan takraw hampir seukuran dengan lapangan voli.

Bola yang digunakan dalam bermain sepak takraw sangat unik dan menarik, yaitu bola yang di buat dari bahan dasar rotan. Rotan tersebuy kemudian dianyam dan dibuat sedemikian rupa menjadi bola takraw.

Namun sebelum melakukan olahraga sepak takraw, sebaiknya kita mempelajari lebih dalam lagi tentang cabang olahraga yang satu ini.

Karena olahraga ini membutuhkan teknik yang cukup tinggi sehingga jarang sekali orang yang piawai dalam memainkannya.

kabarsport.com

Permainan sepak takraw ini bisa dikatakan gabungan dari permainan bola voli dan permainan sepak bola. Karena peraturan yang ada di dalamnya hampir mirip dengan perarturan permainan bola voli.

Hanya saja di dalam sepak takraw ini pemain tidak boleh menyentuh dengan tangan melainkan dengan kaki seperti sepak bola.

Selain itu lapangannya juga berbeda serta memiliki standar ukuran internasional tersendiri, berikut penjelasannya.


Detail Standar Ukuran Lapangan Takraw


wikihow.com

Lapangan sepak takraw memiliki panjang 13,4 meter dan lebar 6,1 meter. Selain itu juga lapangan sepak takraw memiliki diameter untuk servis 0,3 meter.

Ukuran garis seperempat lingkaran yang digunakan untuk melakukan umpan awal memiliki jari-jari 0,90 meter.

Selain itu yang perlu diperhatikan lagi adalah daerah bebas penonton dari garis paling luar yaitu 2 meter, yang terakhir adalah ukuran tebal garis lapangan adalah 4 cm.

Catatan penting jika olahraga ini dilakukan di dalam ruangan pastikan ketinggian minimum atap ruangan adalah 8 meter.

Tujuannya agar bola yang dipantulkan tidak mengenai atap dan agar tidak mengganggu para pemain serta jalannya permainan olahraga ini.

Selain bentuk lapangan yang distandarkan, ada juga komponen lain yang ada di dalam lapangan itu sendiri yang harus memenuhi standar, berikut penjelasannya

Standar Net Sepak Takraw

yuksinau.id

Standar net bagi sepak takraw adalah net harus memiliki panjang 6,10 m dan lebar 70 cm. Dalam standar tinggi net olahraga sepak takraw dibedakan menjadi 2 yaitu standar untuk putra dan standar untuk putri.

Alasan dibedakannya adalah mengacu pada kekuatan dan kemampuan putra dan putri yang dinilai berbeda.

Standar tinggi net untuk putra adalah bagian samping net 1,55 m dan bagian tengah 1,52 m. Sedangkan standar tinggi net untuk putri adalah bagian samping net 1,45 m dan bagian tengah 1,42m.

Tiang Sepak Takraw

yuksinau.id

Tiang digunakan sebagai pengikat net, tiang akan didirikan di sebelah luar kedua garis samping kiri dan samping kanan dengan jarak 30,5 cm dari garis samping lapangan.

Bola Sepak Takraw

sport.bisnis.com

Di awal sudah dijelaskan bahwa bola yang digunakan dalam permainan olahraga sepak takraw adalah bola yang berbahan dasar rotan kemudian dianyam.

Standar lingkaran bola takraw adalah 41-43 cm dengan jumlah lubang pada bola sepak takraw 11 lubang.

Itulah penjelasan tentang standar ukuran lapangan sepak takraw yang merupakan olahraga yang manarik untuk dimainkan.

Selain ukuran lapangan, penting juga untuk komponen yang di dalamnya yang juga harus mengikuti standar. Supaya terjadi keselarasan di setiap negara dan mempermudah jalannya permainan olahraga sepak takraw.

Keywords: Ukuran Lapangan Takraw

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.