Standar Ukuran Lapangan Softball, Gerakan Dasar dan Teknik Memukul

√ Standar Ukuran Lapangan Softball, Gerakan Dasar dan Teknik Memukul
srilankasports.com

Permainan softball adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dan banyak menggunakan teknik memukul dan melempar bola. Ukuran lapangan softball sangat luas layaknya lapangan sepak bola.

Dalam melakukan permainan ini satu tim biasanya terdiri dari 9 orang. Tugas para pemain antara lain adalah menangkap bola atau yang biasa di sebut ‘catcher ‘. Menangkap bola dari pelambung bola yang biasa disebut pitcher.

Dan yang terakhir adalah pemain penjaga yang dimana dibagi lagi menjadi pemain penjaga satu, dua, tiga, antara dua dan tiga serta penjaga lapangan tengah, kiri dan kanan.

Softball seringkali disamakan dengan permainan kasti. Namun faktanya softball dan kasti bukanlah permainan olahraga yang sama.

Olahraga softball sendiri pertama kali dikenalkan di Amerika dan merupakan cabang dari olahraga baseball. Dalam permainan softball memiliki standar ukuran lapangan secara internasional, berikut penjelasannya.


Standar Ukuran Lapangan Softball


monmouthhawks.com

Lapangan softball memiliki bentuk bujur sangkar dengan standar panjang lapangan 16,76 m sampai 18,29 m.

Adapun ketentuan lainnya yaitu jarak dari marka pelari ke posisi pelempar adalah 13,07 m dan tempat pelempar berukuran 60 x 15 cm.

Ukuran tempat berhenti yang banyaknya ada 3 tempat berhenti yaitu 38 x 38 cm dan berbentuk bantal yang memiliki ketebalan 5-12, 5 cm dan juga ukuran home plate 4,57 cm dilengkapi dengan segi puncaknya berukuran 30 cm.

Selain itu juga yang perlu diperhatikan adalah jarak antar marka, jarak lintasan antar marka yang ditentukan yaitu: lintasan Fast Pitch 60 kaki (18,29 m) dan lintasan Slow Pitch 60 kaki atau 65 kaki (19,81 m).

Jarak melempar (pitching) fast pitch yang ditentukan dewasa putri 43 kaki (13,11 m), putra 46 kaki (14,02 m), ada juga di bawah 18 tahun putri 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki, putra 46 kaki (14,02 m), dan di bawah 15 tahun putri 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki.

Jarak melempar (pitching) slow pitch yang ditentukan dewasa putri 50 kaki (15,24 m, putra 50 kaki (15,24 m), di bawah 18 tahun 46 kaki (14,02 m) sedangkan putri 50 kaki (15,24 m).

Perlengkapan

berolahraga.net

Setiap permainan olahraga pasti memiliki peralatan masing-masing begitu juga dalam permainan softball ini, perlengkapannya antara lain:

1. Bola yang berbentuk seperti bola baseball yang berdiameter 28-30 cm.

2. Tongkat pemukul atau bat yang biasanya terbuat dari kayu atau alumunium. Dalam pertandingan resmi biasanya tongkat pemukul yang digunakan sudah berdasarkan karakteristik yang sudah diatur berdasarkan Federasi Softball Internasioanal (FDI).

3. Sarung tangan atau glove yang digunakan untuk menangkap bola, seluruh pemain bertahan perlu dan wajib menggunakan sarung tangan ketika menangkap bola.

4. Mitt yang adalah sarung tangan tanpa jari mitt perlu dikenakan oleh first baseman serta penangkap bola.

5. Helm pemukul bola yang digunakan untuk melindungi kepala dari hantaman bola. Jadi setiap pemain perlu memakai helm ini demi memberikan perlindungan terhadap kepala seorang pemukul bola dari datangnya bola yang secara cepat dan keras.

6. Pakaian pelindung atau protective gear, perlengkapan ini biasanya digunakan oleh seorang penangkap bola.

7. Sepatu pool atau cleats.

8. Seragam tim, setiap pemain wajib mengenakan baju, topi, serta celana dengan warna dasar yang sama. Selain untuk kekompakkan dan penanda anggota tim dan seragam juga menandakan bahwa semakin ketat peraturan seragam, semakin tinggi tingkat pertandingan yang hendak dimainkan.


Gerakan Dasar dan Cara Bermain


Gerak dasar dalam permainan softball adalah lemparan, memukul, dan menangkap.

1. Cara Memukul

gobulldogs.com

Pertama peganglah tongkat pemukul tepat pada bagian pegangan kayu tongkat pemukul, pastikan jari-jari kita rapat melingkar pada kayu pemukul.

Langkah selanjunya adalah sikap badan sedikit membungkuk, diarahkan pada lemparan bola dengan posisi kaki sedikit dibuka. Pada akhir pukulan kita usahakan badan sedikit memutar dan pukulan kita harus disesuaikan dengan arah keinginan.

Setelah mengetahui dasar cara memukul, ada beberapa macam pukulan yang harus kita ketahui, yaitu:

  • Jenis pukulan ke bawah
  • Pukulan menyusur tanah
  • Pukulan melambung jauh ke belakang

2. Cara Melempar dan Menangkap Bola

espn.com

Kita dapat melempar dan menangkap bola pada softball dengan menggunakan alat (glove) dan mitt

  • Melempar bola

Ada beberapa macam lemparan, yaitu:

a. Melempar bola rendah

Cara melempar bola rendah langkahnya adalah berdiri menghadap ke arah sasaran. Tangan memegang bola, pandangan ke arah sasaran gerakkan bersamaan dengan langkah kaki ke depan.

Badan membungkuk tangan ke bawah belakang lurus, lemparan bola ke depan menyusur tanah.

b. Melempar bola lurus

Cara melempar bola lurus langkahnya adalah persiapan berdiri menghadap ke arah sasaran lempar sambil kedua kaki dibuka selebar bahu dan posisi badan sedikit tegak.

Pandangan diarahkan pada sasaran, lengan kanan memegang bola dan kaki kiri mendukungnya bersamaan dengan langkah kaki kiri.

Lengan lempar ditarik ke belakang samping kepala dan badan sedikit condong ke belakang kemudian lempar ke depan lurus kurang lebih meluncur setinggi dada.

Bahu penerima bola yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan lempar, lemparan diakhiri gerakan lanjut dari tangan lempar yang diikuti anggota tubuh lainnya.

c. Melempar bola tinggi

Cara melempar bola tinggi langkahnya adalah berdiri menghadap ke arah sasaran sambil kedua kaki dibuka selebar bahu dan posisi badan agak tegak.

Pandangan ditunjukkan pada sasaran lempar sambil tangan kanan memegang bola dan tangan kiri mendukungnya.

Gerakkan bersamaan dengan langkah kaki kiri ke depan, lentingkan badan ke belakang tangan, lempar diluruskan ke belakang bawah lurus bola diarahkan ke sasaran.

Kemudian lemparkan bola ke atas dengan mengayunkan tangan lempar dari belakang bawah menuju ke atas.

Yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan lempar, lalu sikap akhir dengan gerak lanjutan dari tangan lempar lurus ke depan, dibantu dengan gerak anggota tubuh lainnya.

3. Cara Menangkap bola

auburntigers.com

Ada beberapa macam menangkap bola, yakni:

a. Menangkap bola rendah

Cara menangkap bola rendah langkahnya adalah kita menghadap ke arah datangnya bola dengan kedua kaki sedikit dirapatkan. Badan dibungkukkan ke depan kedua telapak tangan menghadap ke bola membentuk mangkuk.

b. Menangkap bola lurus

Cara menangkap bola lurus langkahnya adalah kita menghadap ke arah bola datang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut agak ditekuk.

Posisi badan agak condong ke depan kedua tangan juga ikut dicondongkan lurus ke depan serta kedua telapak tangan menghadap ke arah bola membentuk mangkuk.

Gerakan ini diarahkan pada bola yang datang. Yang paling penting usahakan masuk di antara dua tapak tangan tutup dengan jari-jari, tarik ke arah dada untuk meredam kecepatan bola.

c. Menangkap bola tinggi

Cara menangkap bola tinggi langkahnya adalah kita menempatkan diri terlebih dahulu di bawah lambungan bola.

Kemudian arahkan pandangan pada bola, kedua tangan lurus ke atas dengan posisi siku agak bengkok dan kedua telapak tangan menghadap bola dengan membentuk mangkuk.

Lalu tangkap bola dengan kedua tangan, kemudian tarik ke dada untuk meredam kecepatan bola.


Cara Bermain SoftBall


etsubucs.com

Langkah awal yang harus dilakukan dalam bermain softball adalah kita harus mencari regu pertama untuk memukul.

Setelah itu ketahui dan pahami bahwa setiap pemain mendapatkan kesempatan tiga kali memukul. Jika pukulan ke-1 dan ke-2 baik maka pemain harus lari.

Urutan memukul sesuai nomor urut para pemain yang telah ditentukan terlebih dahulu sebelum permainan dimulai.

Seseorang yang menjadi pemukul pertama tidak boleh dilalui oleh pemukul kedua, dan pemukul kedua pun sama tidak boleh dilalui pemukul ketiga, dan seterusnya.

Setiap base atau tempat berhenti hanya boleh berisi satu orang pemain. Jadi jika ada 2 maka yang satunya harus lari dan begitu seterusnya hingga kembali ke kandang.

Ketika bola dalam permainan, pemain bebas melakukan gerakan, kecuali pitcher yang bertugas melempar bola pada pemukul. Pada waktu lari, pelari tidak boleh menghindar dari 1 meter garis batas.

Cara pitcher melempar bola haruslah dengan cara bola dilempar oleh pitcher dari belakang, Kemudian diayunkan ke depan, salah satu kakinya harus berada di tempat pelempar sebelum bola itu lepas dari tangan dan bola yang dilemparkan dengan baik.

Bola yang berada di atas home base di antara lutut dengan bahu si pemukul dan jika bola dilemparkan dengan baik maupun tidak, umpire mengatakan strike.

Namun apabila bola dilemparkan salah, yaitu tidak berada di atas home base antara lutut dan bahu si pemukul, dinamakan ball, bisa juga disebut strike.

Peraturan

chron.com

Dalam permainan softball, strike dihitung apabila bola dipukul baik kena maupun tidak kena, lemparan baik, walaupun bola tidak dipukul.

Bola yang dipukul meleset ke luar dan jika pukulan meleset terus hingga batas yang ditentukan maka pemukul itu langsung mati atau out.

Lama permainan softball ini sama dengan rounders, yaitu ditentukan oleh inning, yaitu 7 inning.

Demikianlah informasi yang dapat dibagikan mengenai standar ukuran lapangan internasional softball.

Selain itu juga softball mempunyai perlengkapan, cara bermain dan peraturan menjadikan softball makin digemari untuk dipelajari dan dimainkan.

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.