√ Ukuran Lapangan Sepak Bola | Seberapa Besar Kecintaanmu?

√ Seberapa Besar Sih Ukuran Lapangan Sepak Bola?
merdeka.com

Ukuran Lapangan Sepak Bola – Permainan yang menjadi primadona di dunia hingga tak ada dari satupun kita yang tidak mengenal sepak bola. Saking populernya, liga sepak bola dunia alias World Cup selalu dinanti-nantikan banyak orang di berbagai negara.

Di antara negara-negara yang menjadi unggulan melenggang ke babak akhir yaitu Jerman, Spanyol, Inggris, Italia, Argentina. Beberapa negara di Asia salah satunya Korea Selatan pun pernah menyabet gelar juara meski tak bertahan lama.

World Cup adalah ajang pertandingan sepak bola bergengsi dimana masing-masing pemain bertarung demi mengharumkan nama negara asal masing-masing. Apakah kamu termasuk salah satu pengikut setia pertandingan Piala Dunia? Siapa pemain andalanmu?


Ukuran Lapangan Sepak Bola


klikdokter.com

Sebagai pecinta sepak bola pernahkah kamu memperhatikan ukuran lapangan dan segala elemen terkait lainnya? Hampir di setiap kota dibangun khusus stadion untuk pertandingan sepak bola. Tentu kamu pernah dong menyaksikan pertandingan di kota asalmu.

Tahukah kamu sejak awal diciptakan permainan sepak bola terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Mulai dari aturan permainan, teknologi, ketentuan bola, wasit, stadion hingga standar ukuran lapangan.

Saat ini segala ketentuan standar terkait permainan sepak bola dan elemennya diatur oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan secara nasional diatur oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Secara resmi ukuran lapangan sepak bola berdasarkan standar nasional dan internasional memiliki perbedaan. Hal ini didasarkan pada ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara turnamen dengan mengadaptasi ketetapan dari FIFA.

Adapun ukuran lapangan sepak bola berdasarkan standar nasional adalah sebagai berikut:

  • Kisaran panjang lapangan adalah 90 – 120 meter.
  • Lebar lapangan 45 – 90 meter.
  • Ukuran radius lingkaran tengah 9,15 meter dengan diameter 18,30 meter.
  • Kotak kiper memiliki ukuran panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter.
  • Sementara kotak pinalti memiliki ukuran panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter.
  • Standar ukuran gawang adalah panjang 7,32 meter, tinggi 2,44 meter, serta jarak titik pinalti dari garis gawang adalah 11 meter.

Sedangkan menurut ketentuan internasional standar ukuran lapangan sebak bola beserta elemennya adalah sebagai berikut:

  • Kisaran panjang lapangan 100 – 110 meter
  • Lebar lapangan 64 – 75 meter
  • Ukuran radius lingkaran tengah adalah 9,15 meter dengan diameter 18,30 meter
  • Kotak kiper memiliki ukuran panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter
  • Kotak pinalti memiliki ukuran panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter
  • Sementara ukuran gawang yaitu panjang 7,32 meter, tinggi 2,44 meter, dan jarak titik pinalti dari garis gawang adalah 11 meter.

Aturan Terkait Permainan Sepak Bola

dw.com

Prinsip permainan sepak bola adalah menggiring bola ke gawang lawan dan mencetak gol sebanyak mungkin. Tim dengan gol terbanyak dinyatakan sebagai pemenang dan bisa melanjutkan pertandingan ke babak selanjutnya.

Setiap tim memiliki 11 orang pemain yang terdiri dari 1 orang kiper, pemain bertahan (back), pemain tengah (midfielder), dan penyerang (striker). Selama pertandingan pemain diwajibkan mengenakan kostum jersey, celana pendek, kaos kaki, pelindung tuang kering, serta menggunakan sepatu.

Pertandingan sepak bola dimainkan dua babak dengan masing-masing babak berdurasi 45 menit. Dalam hal ini terdapat waktu tambahan yang akan diberikan oleh wasit di akhir pertandingan. Istirahat biasanya diberikan selama 15 menit saat pergantian babak.

Terdapat istilah “Laws of The Game” yang diterapkan oleh FIFA, yaitu segala hukum dalam pertandingan sepak bola yang wajib dipatuhi. Jika ada aturan yang dilanggar baik oleh pemain maupun penyelenggara maka wasit bisa memberikan hukuman sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Itulah sekilas uraian mengenai ukuran lapangan sepak bola dan standarnya menurut aturan internasional. Semoga semakin menambah kecintaanmu pada dunia sepak bola ya.

Keywords: Ukuran Lapangan Sepak Bola

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.