Ukuran Lapangan Lompat Jauh dan Teknik dalam Memainkannya

√ Ukuran Lapangan Lompat Jauh dan Teknik dalam Memainkannya
ibnuasmara.com

Lompat jauh adalah sebuah olahraga yang tergolong dalam cabang olahraga atletik. Terdapat standar ukuran lapangan lompat jauh yang dijadikan landasan lompat bagi para pemain.

Standar ini ditentukan dan diatur oleh Induk Organisasi Internasional Lompat Jauh yang dalam Bahasa Inggris disebut International Association of Athletics Federations (IAAF).

Dalam olahraga ini para pemain atau disebut dengan atlet harus pandai menggabungkan kecepatan, kekuatan dan kelincahan untuk bisa membuat dirinya melompat sejauh mungkin dari titik awal.

Lapangan lompat jauh juga dapat kita buat sendiri dengan mengacu pada ukuran standar internasional, berikut penjelasannya.


Standar Ukuran Lapangan Lompat Jauh


perpustakaan.id

Dalam standar ukuran terbagi menjadi beberapa bagian dengan ukurannya masing-masing yaitu:

1. Ukuran Lintasan Lari Awalan

Panjang lintasan standar yang digunakan para pemain untuk melakukan ancang-ancang atau persiapan untuk melompat yaitu berukuran 45 meter dengan lebar 1,22 m sampai dengan 1,25 m. Di sisi kanan-kiri lintasan diberi garis putih selebar 5 cm.

2. Ukuran Papan Tolak

sumbercenel.com

Papan tolakan ditanam 1 meter dari tepi dekat tempat pendaratan dan jarak papan tolak dengan sisi terjauh dari tempat pendaratan minimal 10 m. Adapun ukuran standar bagi papan tolak ini harus memiliki panjang 1,21 m-1,22 m, lebar 1,98 m-2,02 dm, dan tebal 1 dm.

3. Ukuran Tempat Pendaratan

Lebar dari tempat pendararan lompat jauh minimal 2,75 m. Catatan penting tempat pendaratan ini diisi dengan pasir yang lembut, halus, dan sedikit basah. Permukaannya harus rata dengan permukaan garis loncat.

Selain standar ukuran lapangan yang penting kita juga harus tahu teknik dasar yang ada di dalam lompat jauh itu sendiri.


Teknik Dasar Olahraga Lompat Jauh


1. Teknik Awalan

bangkudepan.com

Para pemain akan melakukan ancang-ancang sekitar 20 meter dari garis awal untuk lompat, kemudian mendekati garis tersebut perlahan sambil meningkatkan kecepatan larinya.

Akan tetapi saat lari juga harus bisa mengendalikan kecepatannya terutama pada 3-5 akhir sebelum garis lompat.

Serta mempersiapkan diri untuk melakukan pengalihan dari kecepatan lari awalan menuju tolakan atau bisa disebut loncatan.

2. Teknik Tolakan atau Loncatan (Tumpuan)

bagiinfo.com

Teknik tolakan ini dilakukan pada tahap dimana kaki melakukan lompatan di garis lompat untuk mengangkat tubuh ke atas dan melayang di udara sebelum nanti mendarat.

Caranya adalah ketika melakukan tolakan, kaki sedikit dibengkokan. Kaki ditapakkan dan tungkai diluruskan.

Teknik tolakan ini sangat memerlukan kekuatan, kecepatan, dan konsentrasi agar kaki tidak melewati batas garis loncat.

3. Teknik Melayang

ibnuasmara.com

Teknik ini dilakukan dengan menggunakan gerakan kaki seperti berjalan ketika posisi tubuh melayang. Ttujuannya adalah mempermudah dan memperluas jarak pendaratan pemain.

Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika tubuh berada dalam posisi melayang yaitu pastikan kita menjaga keseimbangan badan.

Kemudian berusahalah melayang di udara selama mungkin dan jangan lupa untuk mempersiapkan kaki kita untuk melakukan pendaratan dengan baik.

4. Teknik Pendaratan

aminama.com

Pendaratan dilakukan dengan cara menundukan kepala, mengayunkan lengan, dan menggerakkan pinggang ke arah depan.

Hal ini dilakukan agar ketika proses pendaratan, anggota badan lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki.

Kunci keberhasilan keempat teknik lompat jauh adalah perlunya memperhatikan:

  1. Penentuan jarak ancang-ancang atau persiapan yang tepat
  2. Penentuan irama lari dari awalan
  3. Terus mengasah beragam teknik yang ada

Penjelasan Teknik dan Gaya


1. Gaya Jongkok / Gaya Mengambang

astroawani.com

Gaya jongkok atau mengambang ini adalah gaya legendaris karena gaya jongkok ini mudah dilakukan dan  pemain hanya harus menekuk kedua kaki mirip seperti posisi jongkok ketika melayang di udara.

2. Gaya Berjalan di Udara

sudutsekolah.com

Gaya berjalan di udara ini sering disebut juga walking in the air diyakini oleh pelompat jauh profesional sebagai gaya yang sangat efektif untuk menghasilkan lompatan terjauh.

Dibandingkan gaya lainnya, teknik lompat jauh berjalan di udara dimulai dari saat kaki tumpu melakukan tolakan atau loncatan dan dilanjutkan dengan berjalan seperti biasa. Namun bedanya ini berjalan di udara.

3. Gaya Menggantung

perpustakaan.id

Gaya menggantung membutuhkan teknik dimana ketika tubuh melayang posisi dada dibusungkan ke depan, kedua tangan diangkat ke atas.

Sedangkan kedua kaki ditekuk ke belakang tujuannya adalah untuk membuat tubuh selama mungkin berada di udara.

Demikianlah informasi yang dapat dibagikan mengenai standar ukuran lapangan internasional olahraga lompat jauh.

Selain itu olahraga lompat jauh juga mempunyai macam-macam teknik dan gaya untuk bisa menyesuaikan dengan bentuk lapangan. Hal ini diatur dengan tujuan demi keselarasan olahraga lompat jauh di seluruh negara.

Keywords: Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.