Standar Ukuran Lapangan Lempar Lembing Menurut Satuan IAAF

√ Standar Ukuran Lapangan Lempar Lembing Menurut Satuan IAAF
berolahraga.net

Lempar lembing termasuk ke dalam jenis olahraga atletik seperti lompat jauh. Ukuran lapangan lempar lembing hampir serupa dengan lapangan olahraga lompat jauh.

Dalam olahraga ini pemain harus bisa melemparkan lembing atau tombak sejauh mungkin atau sejauh jarak maksimum yang ditentukan. Untuk dapat melempar lembing mencapai jarak maksimum dibutuhkan teknik yang bagus, kecepatan dan juga kekuatan.


Ukuran Lapangan Lempar Lembing


mediaindonesia.com

Standar ukuran lapangan ini mengacu pada standar internasional. Ditentukan oleh International Association of Athletics Federations (IAAF). Merupakan lembaga yang khusus didirikan untuk mengelola cabang olahraga atletik internasional.

Adapun standar ketentuan lapangan lempar lembing yang dibuat adalah

1. Ada jalur awalan yang merupakan trak dengan panjang minimal 30 meter dan maksimal 36,5 meter dan jalur ini memiliki lebar 4 meter.

2. Sudut yang terbentuk adalah 30 derajat, sudut ini merupakan petunjuk garis batas luar kanan dan kiri area sektor lemparan.

3. Jarak antara titik awalan atau titik ancang-ancang untuk melempar hanyalah 8 meter dari bibir busur, yakni garis akhir yang tak boleh dilewati oleh atlet ketika melempar

4. Ada bagian berbentuk kerucut dengan sudut sebagaimana telah ditetapkan di area sudut, digunakan untuk area sektor dan panjang lapangan pendaratan ini minimal 100 meter. Karena sejauh ini belum ada atlet yang bisa melempar lembing sejauh 100 meter.

jurnalponsel.com

Setelah kita tahu mengenai ukuran lapangan lempar lembing berstandar internasional dan juga di lengkapi dengan gambar yang ada, diharapkan kita sudah bisa membayangkan atau memiliki gambaran tentang bentuk lapangan lempar lembing.

Lalu yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah standar internasional untuk ukuran tongkat lembing yang digunakan para atlet untuk memainkan olahraga ini.


Ukuran Tongkat Lembing


gudangpelajaran.com

Pertama kita harus tahu bahwa lembing atau tombak terdiri dari 3 bagian yaitu mata lembing, badan lembing, dan tali pegangan lembing.

Nah setelah itu barulah kita ketahui standar ukuran lembing, yang dalam standar ukuran itu juga dibagi menjadi 2. Yaitu untuk putra dan putri, untuk panjang lembing putra adalah 2,6 m-2,7 m sedangkan untuk putri 2,2 m-2,3 m.

Keywords: Lapangan lempar lembing

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.