Kriteria Ukuran Lapangan Futsal, Titik Gawang, Titik Pinalti, dan Titik Sudut

√ Kriteria Ukuran Lapangan Futsal, Titik Gawang, Titik Pinalti, Titik Sudut
berolahraga.net

Futsal merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari. Umumnya futsal dimainkan di ruangan tertutup, dimana ukuran lapangan futsal lebih kecil dibandingkan lapangan sepak bola.

Olahraga futsal merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regunya terdiri atas lima orang. Tujuan permainan futsal adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya untuk menang.


Kriteria Ukuran Lapangan Futsal


barriefutsal.com

Lapangan futsal memiliki beberapa kriteria yang telah ditetapkan sebagai standar, beberapa kriteria tersebut diantaranya:

Lapangan futsal berbentuk segi empat yang diberi tanda dengan garis untuk pembatas. Tentunya agar dapat dibedakan, warna garis harus berbeda dengan warna lapangan.

Berdasarkan standar nasional, ukuran lapangan futsal memiliki panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter. Berdasarkan standar internasional, ukuran lapangan futsal yang disyaratkan adalah panjangnya 38-42 meter dan lebarnya 18-25 meter.

Perlu diperhatikan bahwa permukaan lapangan futsal harus halus, rata, dan tidak abrasive demi lancarnya permainan. Hendaknya lantai lapangan terbuat dari kayu atau lantai parkit atau semisalnya. Sebaiknya hindari penggunaan bahan beton atau korn balok.

Lapangan futsal dibagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh garis bernama garis tengah lapangan. Titik pusat ditandai dengan titik yang berada di tengah-tengah garis tengah lapangan. Yang dikelilingi lingkaran tengah dengan panjang jari-jari 3 meter.

Garis batas lapangan lebarnya 8 cm. Garis tersebut meliputi garis samping, garis gawang, dan garis melintang tengah lapangan.

Ketentuan Terkait Gawang, Titik Pinalti, dan Tendangan Sudut

indosport.com

Berikut disebutkan beberapa ketentuan mengenai gawang, titik pinalti, dan tendangan sudut:

Separuh atau setengah lingkaran dengan jari-jari 6 meter ditarik sebagai pusat dari masing-masing tiang gawang. Enam meter dari titik tengah gawang adalah jarak titik pinalti utama. Sepuluh meter dari titik tengah garis gawang adalah jarak titik pinalti kedua.

Gawang harus berada di tengah garis gawang. Ukuran gawang futsal memiliki lebar 3 m dan tinggi 2 m. Tiang gawang terbuat dari kayu, logam atau bahan lainnya yang telah menjadi kesepakatan. Usahakan bahan tersebut cukup kokoh.

Warna tiang gawang dan mistar gawang harus berbeda dengan warna lapangan permainan. Kedua tiang gawang dan mistar memiliki lebar dan dalam 8 cm.

Jaring gawang terbuat dari tali rami atau nilon dan dikaitkan pada tiang dan mistar gawang. Serta busur tendangan sudut dengan radius 25 cm di setiap sudut lapangan.

Ketentuan Terkait Bola Futsal

studybreaks.com

Beberapa ketentuan mengenai bola futsal adalah sebagai berikut:

  • Bola memiliki bentuk bulat
  • Keliling minimum bola adalah 62 cm dan maksimum kelilingnya adalah 64 cm
  • Terbuat dari kulit atau bahan lain yang cocok yang tentunya tidak membahayakan bagi para pemain
  • Lambungan bola 55-65 cm pada pantulan yang pertama
  • Berat minimumnya sekitar 400 gram dan berat maksimumnya sekitar 440 gram
  • Tekanannya sama dengan 0,4-0,6 atmosfir (400-600 g/cm3)
  • Bola dari kulit laken atau bulu (felt ball) tidak diperbolehkan penggunaannya dalam permainan futsal.

Ketentuan Terkait Pemain

bolalob.com

Beberapa ketentuan yang harus diperhatikan terkait pemain adalah: Jumlah pemain inti adalah 5 orang di setiap regu. Tentu salah satu pemain bertugas sebagai penjaga gawang.

Maksimum jumlah pemain cadangan bagi masing-masing regu adalah 7 orang pemain. Jumlah pergantian pemain tidak dibatasi. Serta pemain yang sebelumnya digantikan boleh bermain kembali.

Pergantian pemain dapat dilakukan selama pertandingan masih berlangsung, saat bola keluar lapangan. Hal ini dikatakan sah apabila prosesnya dilakukan pada daerah pergantiannya sendiri tetapi dilakukan setelah pemain yang digantikan keluar lapangan.

Pergantian pemain sangat bergantung pada wasit (dipanggil atau tidak). Proses pergantian pemain dianggap batal apabila pemain yang akan digantikan mendapat kartu merah sebeum keluar lapangan.

Metode pergantian melayang adalah semua pemain kecuali penjaga gawang memasuki dan meninggalkan lapangan permainan. Penjaga gawang boleh bertukar posisi dengan pemain lainnya.

Keywords: Ukuran lapangan futsal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.