√ Sejarah Permainan dan Standar Ukuran Lapangan Bola Voli

√ Ukuran Lapangan Bola Voli dan Penjelasan Tentang Teknik Permainannya
thewolf.ca

Ukuran Lapangan Bola Voli – Permainan bola voli termasuk ke dalam salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Dimainkan secara berkelompok oleh dua tim dengan masing-masing tim berjumlah 6 orang.

Cara memainkan permainan ini adalah dengan memukul bola menggunakan teknik-teknik tertentu. Bola dipukul hingga melewati net dan jatuh ke lantai arena lawan. Apabila bola berhasil dikembalikan dan terjatuh di arena tim, maka tim lawan dinyatakan memperoleh poin.

Permainan voli terdiri dari 2-3 babak dengan poin setiap babak berjumlah 25. Apabila salah satu tim berhasil memenangkan 25 poin dalam dua kali babak berturut-turut maka tim tersebut dinyatakan menang. Sehingga tidak perlu dilanjutkan hingga babak ke-3.


Sejarah Singkat Olahraga Voli


satujam.com

Sebagai pecinta permainan voli tentu kamu sudah tidak asing dengan nama William G. Morgan. Dia adalah seorang pekerja di bidang pendidikan jasmani, orang yang pertama kali menciptakan permainan ini pada abad ke-19.

William sendiri terinspirasi dari permainan bola basket yang kala itu sangat terkenal di kalangan anak muda. Awal mulanya permainan yang diberi nama “mintonette” ini diperuntukkan bagi orang-orang tua yang ingin berolahraga namun tidak terlalu menuntut kekuatan fisik seperti permainan basket.

Hingga akhirnya William menciptakan olahraga voli yang merupakan gabungan dari unsur permainan basket, bulu tangkis, dan baseball. Seiring dengan banyak peminat permainan ini makin berkembang tak hanya di kalangan orang tua, hingga pada tahun 1896 berganti nama menjadi volleyball (bola voli).

Itulah sekilas sejarah terciptanya olahraga bola voli yang sangat kamu gandrungi saat ini. Mungkin di antara kamu ada yang baru saja mengetahui sejarah tersebut setelah membaca ulasan tersebut.

Lalu bagaimana dengan hal-hal terkait komponen-komponen permainan voli sendiri, misalnya tentang ukuran lapangan dan ketentuan bola. Apakah kamu sudah memahaminya dengan baik? Jika belum mari kita ulas berikut ini.

Standar Ukuran Lapangan Bola Voli

salamadian.com

Berdasarkan standar baku dalam permainan nasional ataupun internasional lapangan bola voli memiliki ukuran 18 x 9 m (panjang x lebar). Namun tak hanya itu saja yang diatur dalam ketentuan standar baku, ketentuan mengenai ukuran garis serang, garis servis, dan lain sebagainya juga telah ditetapkan.

Panjang garis serang adalah 3 meter diukur dari garis net, lebar garis lapangan 5 cm, dan ukuran area servis pemain adalah 3 meter. Lalu bagaimana dengan ukuran lapangan bola voli mini?

Untuk bola voli mini terdapat perbedaan dimana tidak memiliki garis serang di dalamnya. Lapangan bola voli mini memiliki panjang 12 meter, lebar 6 meter, tinggi net putra 2,1 meter, dan tinggi net putri 2 meter. Sedangkan untuk voli biasa tinggi net putra 2,43 meter dan tinggi net putri adalah 2,44 meter.

Ketentuan lain yang wajib diperhatikan adalah ukuran bola voli yang sesuai dengan standar. Menurut standar internasional ukuran diameter bola voli adalah 18-20 cm, keliling bola 65-67 cm, tekanan bola 0,30-0,325 kg/cm2 atau 294,3-318,82 mbar, dan berat bola 260-280 gram.

Semua standar dan ketentuan di atas telah disepakati di seluruh dunia. Sehingga jika ada lapangan yang tidak sesuai dengan ukuran standar maka permainan voli dinyatakan tidak sah. Begitu juga ketentuan terkait hal lainnya seperti ukuran net, syarat bola, hingga jumlah pemain.

Sebagai informasi tambahan dalam permainan bola voli mini jumlah pemain dikurangi menjadi 4 orang pemain inti dan 2 orang pemain cadangan. Hal ini mengingat ukuran lapangan yang relatif lebih kecil sehingga jumlah pemain juga harus dikurangi dari yang awalnya berjumlah 6 orang.

Demikian ulasan singkat mengenai ketentuan ukuran lapangan bola voli dan komponen lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua.

Keywords: Ukuran Lapangan Bola Voli

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.