Standar Ukuran Lapangan Atletik dalam Skala Internasional

√ Standar Ukuran Lapangan Atletik dalam Skala Internasional
ukuran lapangan atletik

Berbicara tentang olahraga atletik, jarang sekali orang yang memahaminya. Kebanyakan orang lebih familiar dan hanya terfokus pada salah satu cabang dari olahraga atletik, padahal ia merupakan cabang olahraga tersendiri dengan ukuran lapangan atletik yang beragam.

Perlu kita ketahui bahwa olahraga atletik ini berada pada naungan suatu lembaga khusus yaitu International Association of Athletics Federations atau yang disingkat IAAF.

tirto.id

Tugas lembaga ini adalah memantau dan mengelola segala hal yang berkaitan dengan olahraga atletik. Termasuk juga menerapkan standar ketentuan bagi olahraga atletik beserta cabang-cabangnya.

Standar yang diatur selain peraturan juga standar ukuran lapangan atletik serta cabang-cabangnya.

Olahraga atletik sendiri memiliki berbagai cabang yang terdiri dari lari, lompat, dan lempar lembing. Masing-masing memiliki cabang olahraga lagi dan yang pastinya memiliki standar internasional masing-masing.


Cabang Olahraga Atletik


1. Lari

a. Lari jarak pendek

infoana.com

Dalam olahraga ini terdapat cabang lagi yaitu lari jarak 60 meter, 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

b. Lari jarak menengah

ujiansma.com

Dalam olahraga ini terdapat cabang lagi yaitu lari jarak 800 meter, 1500 meter, dan 3000 meter.

c. Lari berintang

olahragapedia.com

Olahraga lari ini memiliki jarak 300 meter, namun terdapat rintangan yang dibuat sedemikian rupa untuk dilewati para pelari.

d. Lari jarak jauh

angalul.com

Sesuai dengan namanya olahraga ini memiliki jarak yang cukup jauh yaitu 5000 meter dan juga 10000 meter.

e. Lari halang rintang

searti.com

Untuk olahraga lari yang satu ini jaraknya dibedakan menjadi dua yaitu untuk pria dan wanita. Halang rintang pria adalah 400 meter sedangakan wanita 100 meter.

f. Lari estafet

kampiun.id

Tentunya kita tidak asing lagi dengan olahraga lari yang satu ini yang bisa dimainkan oleh lebih dari satu pemain yang saling bekerja sama. Dalam olahraga ini jaraknya terbagi menjadi 4 kategori, yaitu 4 x 100 meter, 4 x 200 meter, 4 x 400 meter dan 4 x 800 meter.

g. Jalan cepat

koran.tempo.co

Walaupun namanya jalan, namun olahraga ini termasuk ke dalam olahraga lari. Dalam jalan cepat jaraknya masih dibagi lagi menjadi 3, yaitu jalan cepat jarak 10 kilometer, 20 kilometer dan 50 kilometer.

2. Lempar

a. Lempar lembing

berolahraga.net

Lembing yang digunakan berukuran panjang 2,6-2,7 m untuk putra dan 2,2 -2,3 m untuk putri. Berat lembing yang digunakan 800 gram untuk putra dan 600 gram untuk putri. Selain itu, lembing dilengkapi dengan pegangan sepanjang 20 cm dan ujung tajam dari metal.

b. Lempar cakram

bahassemua.com

Dalam olahraga ini pemain harus melempar cakram, dan cakram yang digunakan memiliki ukuran diameter sebesar 220 mm serta memiliki berat sebesar 2 kg untuk lempar cakram pria dan 1 kg untuk wanita.

c. Tolak peluru

gudangpelajaran.com

Tolak peluru dimainkan dengan cara melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin atau batas maksimum yang ada. Perlu diketahui berat peluru bagi olahraga ini menyesuaikan kelas para pemain.

Pemain senior putra berat peluru adalah 7.257 kg, sedangkan senior putri berat peluru adalah 4 kg. Untuk kelas di bawahnya adalah junior, junior putra peluru yang dilempar seberat 5 kg sedangkan junior putri peluru yang dilempar seberat 3 kg.

3. Lompat

a. Lompat tinggi

olahraga.biz.id

Olahraga ini mengharuskan pemain melompat setinggi-tingginya melewati batas mistar yang telah disediakan tanpa bantuan alat apapun.

b. Lompat galah

netralnews.com

Olahraga ini juga hampir sama dengan olahraga lompat jauh namun bedanya ini menggunakan bantuan alat berupa galah.

c. Lompat jauh

medcom.id

Olahraga ini mengharuskan pemain melompat sejauh mungkin dari titik awalan sampai batas maksimum yang telah ditentukan.

d. Lompat ganda

gudangpelajaran.com

Dalam olahraga ini para pemain harus melakukan beberapa gerakan yaitu berjingkat, melangkah dan tentunya melompat untuk mencapai jarak sejauh mungkin.


Standar Ukuran Lapangan Atletik


1. Lari

foskussatu.com

Ukuran lapangan untuk lari ini adalah untuk panjang lintasan sendiri dibagi menjadi dua yaitu lintasan outdoor dan indoor.

Panjang lintasan outdoor 400 m dengan jumlah jalur 6-10 buah sedangkan panjang lintasan indoor 200 m berbentuk bulat telur dengan jumlah jalur 4-8 buah dengan lebar lintasan 1,22 meter dan diberi garis 5 cm.

Untuk masing-masing cabang olahraga lari memiliki start yang bebeda dan rintangan yang berbeda sesuai dengan peraturan dan jarak yang ditentukan.

2. Lempar

a. Tolak peluru

gudangpelajaran.com

Standard ukuran lapangan tolak peluru permukaan dalam lingkaran tolak harus datar antara 20 mm sampai 6 mm, lebih rendah dari bibir atas lingkaran besi. Kemudian garis lebar 5 cm harus dibuat di atas lingkaran besi menjulur sepanjang 0.75 m.

Pada kanan kiri lingkaran garis ini dibuat dari cat atau kayu dan diameter bagian dalam lingkaran tolak adalah 2,135 m. Tebal besi lingkaran tolak minimum 6 mm dan harus di cat putih.

b. Lempar lembing

penemuanterbaru.com

Trak atau awalan memiliki panjang minimal 30 meter dan maksimal 36,5 meter dan jalur ini memiliki lebar 4 meter. Sektor sudut yang terbentuk adalah 30 derajat, jarak titik ancang-ancang untuk melempar hanyalah 8 meter dari bibir busur.

Area sektor dan panjang lapangan pendaratan ini minimal 100 meter, karena sejauh ini belum ada atlet yang bisa melempar lembing sejauh 100 meter.

c. Lempar cakram

extra.cw

Ukuran standar untuk lapangan ini adalah garis tengah lapangan harus 2,50 m. Lingkaran untuk melempar dalam perlombaan yang resmi terbuat dari metal atau baja. Perpanjangan garis tengah 0,75 m, sudut lempar 40 derajat , dan garis batas lempar 5 cm.

3. Lompat

a. Lompat jauh

perpustakaan.id

Karena menggunakan media bak dalam lapangan lompat jauh, maka bak harus mempunyai lebar 2,75 meter. Panjang lintasan untuk ancang-ancamg sebelum melompat adalah 13-45 meter dengan lebar lintasan untuk awal lari adalah 1,22 meter serta panjang papan tumpu 1,22 meter.

b. Lompat Galah

aturanpermainan.blogspot.com

Lapangan lompat galah terdiri dari beberapa bagian yaitu lintasan lari, kotak tancap galah, tiang penyangga palang, dan bantalan untuk mendarat.

Lintasan lari area ini harus memiliki panjang sejauh 45 meter atau 147 ft 7 in dari titik awal hingga kotak tancap galah. Untuk kotak tancap galah harus memiliki panjang 1 m-1,084 m, lebar 60 cm, dan panjang daerah miring harus 80 cm.

Kedalaman bagian tancap adalah 20cm / 8 in, tiang penyangga palang panjang palang 4,5m, bantalan untuk mendarat terbuat dari busa yang berukuran 5m x 5m.

c. Lompat Ganda

aturanpermainan.blogspot.com

Bentuk lapangan lompat ganda ini sama dengan lapangan lompat jauh, menggunakan bak yang diisi pasir dengan ukuran 10 x 2.75 m. Ditambah dengan lintasan lari sepanjang 40-45 m dan papan lompat ukuran 1.22 x 0,2 x 0,0 5 m.

Demikianlah informasi seputar standar ukuran lapangan olahraga atletik internasional. Setelah membaca dan melihat pastinya sudah ada bayangan atau gambaran sendiri bagaimana bentuk dan ukuran dari lapangan olahraga atletik. Tujuannya distandarkan yang pasti untuk keselarasan olahraga atletik ini di setiap negara.

Keywords: Ukuran lapangan atletik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.