Standar Ukuran Kolam Renang dalam Kejuaraan Nasional-Internasional

√ Standar Ukuran Kolam Renang dalam Kejuaraan Nasional-Internasional
doktersehat.com

Berbicara tentang kolam renang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Ukuran kolam renang yang beragam dapat kita temukan dimanapun terutama di tempat seperti hotel atau tempat-tempat wisata.

Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang kolam renang yang demikian, melainkan mengenai kolam renang yang digunakan untuk sarana olahraga yaitu cabang olahraga renang. Dimana cabang olahraga ini sering dipertandingkan baik di kancah nasional maupun internasional.

Sebelum membahas lebih dalam tentang kolam renang terlebih lagi ukuran dan bentuknya yang sudah berstandar internasional, akan lebih baik jika kita mengenal dulu apa itu olahraga renang, berikut penjelasannya.


Olahraga Renang


alodokter.com

Renang adalah olahraga yang menyehatkan bagi kita, karena ketika kita berenang semua anggota tubuh kita ikut bergerak dari kepala hingga kaki. Selain itu olahraga ini diyakini sebagai olahraga yang mampu mempercepat tinggi badan.

Olahraga renang berada pada naungan induk organisasi renang dunia yaitu Federation Internationale de Nation (FINA), yang juga mengawasi olahraga sejenis renang yaitu polo air dan renang indah.

Di Indonesia sendiri juga ada organisasi khusus renang yaitu Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), untuk peraturan perlombaan renang ini diatur oleh FINA.

Perlu diketahui juga dalam olahraga renang ini tidak hanya memerlukan keahlian berenang namun juga kecepatan dan juga penguasaan gaya renang.

Gaya Renang

Dalam olahraga renang terdapat beberapa gaya untuk berenang, yang masing-masing gaya memiliki fungsi yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Gaya Bebas

anadhif.com

Mendengar kata bebas tentunya bayangan kita adalah bebas melakukan gerakan apapun saat berenang, namun anggapan itu salah.

Yang benar adalah walaupun gaya itu disebut gaya bebas, tapi juga mempunyai aturan yang pada saat melakukan gaya ini posisi badan akan berada di atas permukaan. Tangan mengayuh ke depan sedangkan kaki menendang maupun juga melakukan gerakan seperti menggunting.

2. Gaya Dada

perpustakaan.id

Gaya dada ini sering juga disebut dengan gaya katak, karena ketika kita melakukan gerakan gaya ini gerakan tubuh kita hampir menyerupai katak berenang. Namun untuk kecepatan gaya dada masih lebih rendah dibandingkan gaya bebas.

Gaya ini jarang digunakan oleh para perenang saat lomba kejuaraan. Namun bagi kita yang ingin berenang santai di rumah gaya ini sangatlah cocok. Manfaat lain dari gaya ini dipercaya dapat menghilangkan stres.

3. Gaya Kupu-Kupu

inforenang.com

Dalam melakukan gaya ini bayangkan saja kita sedang menjadi kupu-kupu di air. Karena gaya kupu kupu mempunyai pusat kekuatan pada lengan seperti terbang.

Namun untuk gerakannya sendiri dikembangkan dari gaya dada. Jadi saat kita melakukan gerakan ini seperti lumba-lumba yang masuk ke dalam air. Lalu kemudian keluar saat tangan didorong kebawah sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan tertentu

Namun untuk kita yang baru belajar mungkin gaya ini tidak terlalu cocok, karena harus memerlukan tenaga yang ekstra.

4. Gaya Punggung

antarafoto.com

Gaya ini cocok untuk kita yang tidak kuat mengatur nafas di dalam air. Karena posisi dalam gerakan ini adalah seperti tidur di atas air yaitu terlentang dan punggung berada di permukaan air. Sehingga kepala kita mengahap ke atas dan mengambil nafas bisa dilakukan kapapun.

5. Gaya Samping

portalrenang.com

Gaya renang samping merupakan suatu gaya renang yang dimana menggunakan sisi samping bagian tubuh. Jadi kita berenang sambil miring, gaya ini memang tidak banyak diketahui orang karena tidak dipakai di dalam kejuaraan.


Ukuran dan Jumlah Lintasan Kolam Renang


perpustakaan.id

Menurut standar internasional yang tetapkan oleh FINA ukuran kolam renang harus memiliki panjang 50 meter dan lebar 25 meter. Sedangkan untuk ketentuan lintasan standar ukuran internasionalnya adalah harus memiliki lebar 2,5 meter dengan jumlah lintasan renang 8 lintasan.

Untuk ukuran kedalaman juga memiliki standar sendiri yaitu kedalaman kolam minimum adalah 1,35 meter. Dimulai dari 1 meter pada lintasan pertama hingga paling sedikit 6 meter. Kedalaman ini harus dihitung dari dinding kolam renang yang dilengkapi dengan balok start.

swim.ae

Yang terakhir adalah ukuran kedalaman minimum pada bagian lainnya yaitu 1 meter. Dalam kejuaraan internasional hal lain yang perlu diperhatikan yaitu ukuran temperatur air. Suhu air memiliki standar tersendiri yaitu 25° C sampai 28° C. Standar ini diterapkan pada kejuaraan internasional maupun kejuaraan nasional.

Demikianlah informasi seputar ukuran kolam renang berstandar internasional yang juga dipakai di dalam standar nasional. Tujuan adanya standar ini adalah supaya terjadi keselarasan bagi olahraga renang di seluruh dunia.

Dengan gambaran yang ada kita lebih memiliki bayangan tentang bentuk dan ukuran kolam renang berstandar internasional. Sehingga nantinya kita tidak begitu kesulitan jika membuat lintasan kolam renang sendiri untuk keperluan kejuaraan yang ada.

Keywords: Ukuran Kolam Renang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.