Kertas telah berabad-abad menjadi salah satu jenis benda yang tak terpisahkan dari pencatatan sejarah dunia. Ukuran kertaspun beragam, diantaranya kertas ukuran A4, kertas berukuran A3, ukuran kertas F4 atau kertas folio.

Meskipun teknologi informasi dan media digital di zaman ini telah berkembang pesat, kertas masih belum dapat tergantikan perannya di berbagai bidang. Dibalik manfaatnya yang banyak ini, apakah anda tahu siapa penemu kertas pertama kali?

halloriau.com

Kertas pertama kali ditemukan oleh Ts’ai Lun oleh 105 AD selama dinasti Han dan menyebar hingga sekarang. Kata kertas secara etimologis berasal dari papyrus atau dalam Yunani Kuno untuk papyrus tanaman Cyperus.

Papirus merupakan kertas tebal yang dihasilkan dari empulur tanaman Cyperus yang digunakan pada zaman kuno. Ukuran kertas adalah panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan millimeter (mm) yang dapat dikonversikan menjadi satuan centimeter (cm) maupun inchi (inchi).

Ukuran kertas masing-masing kerta memiliki standar yang telah ditetapkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang dapat menjadi acuan dalam membuat suatu bentuk kertas, sehingga adanya kepastian atau kesamaan serta kemudahan dalam membuat sesuatu dari suatu kertas.

Mengetahui ukuran kertas sangat penting dalam proses pencetakan dokumen dan surat menyurat. Ukuran kertas juga mencangkup ukuran-ukuran amplop. Secara internasional ukuran kertas adalah seri A, B, dan C. Ukuran R dan F muncul sesuai dengan permintaan pasar.


Sekilas Kertas Menurut ISO


mahamerubali.com

Ukuran kertas ISO didasarkan pada rasio aspek tunggal atau kira-kira 1:1.4142. Dasar ukuran kertas ISO adalah A0, yang luasnya setara dengan satu meter persegi.

Setiap angka setelah huruf A menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Jadi A1 adalah setengah dari A0 dan demikian seterusnya.

Hingga saat ini kebutuhan akan bahan penggunaaan kertas dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dipungkiri semakin meningkat. Untuk menunjang stok akan kebutuhan kertas maka diproduksi kertas setiap hari. Kertas memiliki standar ukuran International antara lain A4, B3, dan C4.

Ukuran kertas F4 di Indonesia biasa disebut dengan kertas folio. Standar ukuran kertas ini adalah 210 mm x 330 mm atau dalam cm adalah 21.0 cm x 33.0 cm atau dalam ukuran inchi 8.27 inchi x 12.99 inchi. Di sebagian negara ukuran kertas F4 sedikit berbeda yakni 215 mm x 330 mm.

Ukuran kertas F4 adalah jenis kertas yang sering digunakan, baik untuk kepentingan offline baik urusan perkantoran, menggambar, hingga kepentingan online seperti e-book atau membuat surat.

Di Inonesia yang kebanyakan atau secara umum menjadi standar adalah kertas F4, A4, dan kuarto. Standar kertas lokas di Amerika adalah ukuran letter, legal, ledger, dan lain sebagainya.


Tabel Ukuran Kertas F4 dalam satuan mm, cm dan inchi


ajib.wordpress.com

Berikut ini Ukuran kertas F4 dalam beberapa satuan panjang

Ukuran Kertas

Milimeter (mm)

Centimeter (cm)

Inchi

F4 210 x 330 21.0 x 33.0 8.27 x 12.99

Ukuran kertas F4 memiliki beberapa permasalahan terutama dalam dunia printing dan pengetikan karena dalam software Microsoft Office sendiri menggunakan nama folio dalam pilihannya, sehingga menyulitkan user atau pengguna mencari ukuran F4 dalam mensetting ukuran kertas tersebut.

Permasalahan terjadi karena ukuran kertas F4 muncul karena permintaan pasar yang luas. Ukuran kertas ini identik di Indonesia digunakan untuk menulis surat lamaran kerja secara umum.

Kertas dibuat dari tumbuhan alami. Sehingga jumlah pohon berkurang yang menyebabkan berbagai bencana yang mungkin atau akan terjadi. Sehingga memanfaatkan kertas seperlunya dan seefektif mungkin akan membuat anda berperan melindungi dan melestarikan alam dan kelangsungan hidup makhluk lainnya.

Keywords: Ukuran Kertas F4

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.