Ukuran Kertas A3 | Paling Banyak Dicari Oleh Anak TK dan Para Arsitek

√ Ukuran Kertas A3 | Paling Banyak Dicari Oleh Anak TK dan Para Arsitek
berakal.com

Kertas telah berabad-abad menjadi salah satu jenis benda yang tak terpisahkan dari pencatatan sejarah dunia. Kertas terdiri dari beberapa ukuran antara lain, ukuran A1, A2, dan ukuran kertas A3.

Meskipun perkembangan teknologi informasi dan media digital di zaman ini telah maju, kertas masih belum dapat tergantikan perannya di berbagai bidang. Dibalik manfaatnya yang banyak ini, apakah anda tahu siapa penemu kertas pertama kali?

Kertas pertama kali ditemukan oleh Ts’ai Lun oleh 105 AD selama dinasti Han dan menyebar hingga sekarang.

Kata kertas secara etimologis berasal dari papyrus atau dalam Yunani Kuno untuk papyrus tanaman Cyperus. Papyrus merupakan kertas tebal yang dihasilkan dari empulur tanaman Cyperus yang digunakan pada zaman kuno.


Kertas Menurut ISO


siteinspire.com

Ukuran kertas adalah panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan millimeter (mm) yang dapat dikonversikan menjadi satuan centimeter (cm) maupun inchi (inchi).

Kertas masing-masing kerta memiliki standar yang telah ditetapkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang dapat menjadi acuan dalam membuat suatu bentuk kertas, sehingga adanya kepastian atau kesamaan serta kemudahan dalam membuat sesuatu dari suatu kertas.

Ukuran kertas sangat penting dalam proses pencetakan dokumen dan surat menyurat. Hal ini juga mencangkup ukuran-ukuran amplop. Ukuran kertas secara internasional adalah seri A, B, dan C. Ukuran R dan F muncul sesuai dengan permintaan pasar.

Menurut ISO ukuran kertas didasarkan pada rasio aspek tunggal atau kira-kira 1:1.4142. Dasar ukuran kertas ISO adalah A0, yang luasnya setara dengan satu meter persegi.

Setiap angka setelah huruf A menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Jadi A1 adalah setengah dari A0 dan demikian seterusnya.

Hingga saat ini kebutuhan akan bahan penggunaaan kertas dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dipungkiri. Untuk menunjang stok akan kebutuhannya maka kertas diproduksi kertas setiap hari. Kertas memiliki standar ukuran international antara lain A4, B3, dan C4.


Ukuran Kertas A3


cl.cam.ac.uk

Standar ukuran kertas A3 berdasarkan ISO dengan ukuran atau satuan millimeter adalah 297 mm x 420 mm, atau dalam satuan centimeter adalah 29.7 cm x 42.0 cm, atau dalam satuan pixel adalah 3510 pixel x 4960 pixel. Ukuran tersebut dapat digambarkan dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Tabel Ukuran kertas A3 dalam beberapa satuan panjang

Ukuran Kertas

Milimeter (mm)

Centimeter (cm)

Satuan Pixel

A3 420 x 297 42.0 x 29.7 3510 x 4960

Ukuran kertas A3 ini identik digunakan dalam bidang seni oleh mahasiswa perguruan tinggi maupun oleh anak-anak terutama dalam bentuk buku gambar.

Biasanya kertas berukuran A3 digunakan untuk menggambar berbagai bentuk, mewarnai, menggambar teknik, arsitek hingga desain rumah membutuhkan kertas dalam jumlah lembar yang lumayan banyak.

Jadi dapat diprediksi bahwa kertas dengan ukuran A3 sangat sering atau menjadi kebutuhan utama khususnya di bidang seni.

fahryadam.com

Dalam Microsoft office default atau template ukuran kertas A3 sudah disediakan sehingga memudahkan pengguna untuk mengerjakan tugas yang diberikan dengan ukuran kertas A3.

Dengan adanya kertas dengan ukuran A3 segala aktifitas yang membutuhkan kertas tersebut dapat diatasi dan diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Produksi kertas A3 yang sangat dicari semua orang membutuhkan jumlah produksi yang terus berkembang. Produksi kertas A3 ini terdapat di beberapa negara dengan standar yang sama berdasarkan ISO.

Kertas dibuat dari tumbuhan alami yakni pohon. Sehingga jumlah pohon semakin berkurang setiap harinya. Hal ini menyebabkan berbagai bencana yang mungkin atau akan terjadi.

Sehingga memanfaatkan kertas seperlunya dan seefektif mungkin akan membuat anda berperan melindungi dan melestarikan alam serta kelangsungan hidup makhluk lainnya.

Keywords: Ukuran Kertas A3

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.