Ukuran ID Card | Spesifikasi Berdasarkan Berbagai Standar Internasional

√ Ukuran ID Card | Spesifikasi Berdasarkan Berbagai Standar Internasional
uprint.id

ID card atau identity card dalam bahasa Indonesia mempunyai arti sebagai kartu tanda pengenal. Sesuai namanya, ID card ini sebagai alat untuk memperkenalkan diri. Berdasarkan standar internasional, ukuran ID card terbagi ke dalam spesifikasi yang berbeda-beda.

ID card tidak sekedar sebagai tanda pengenal namun sebagai pendukung formalitas dan nilai atau image perusahaan terhadap orang lain dalam mengenal karyawan atau nama pegawai perusahaan tersebut.


Jenis dan Spesifikasi Kartu Pengenal


dbsme.com

ID card memiliki berbagai macam bentuk dan spesifikasi. Kegunaan ID card adalah sebagai berikut:

1. Kartu Biasa

Kartu jenis ini biasa digunakan untuk tanda pengenal pribadi atau jabatan dalam sebuah perusahaan. Contoh kartu pengenal jenis ini adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Kartu Magnetic

Kartu jenis ini mempunyai bentuk atau tanda panel hitam di belakang kartu yang berguna untuk memyimpan data sebagai rahasia pemegang kartu.

Cara menggunakan sangat simple dengan menggesekkan atau memasukkan kartu pada alat reader magnetic guna melancarkan proses transaksi atau sebagainya.

3. Kartu proximity

Secara fisik kartu ini hampir sama dengan kartu biasa namun jika diteliti lebih jauh ada perbedaaan yang mana di dalam kartu ini terdapat chip atau sebuah program dalam kartu tersebut. Kartu jenis ini digunakan untuk menghindari kecurangan pada pemalsuan.

Manfaat kartu ID Card antara lain:

thegorbalsla.com

1. Memberi kesan formal dan rapi

2. Memberi kesan positif pada suasana kerja

3. Memudahkan orang untuk mengenal kita baik nama maupun divisi

4. Membedakan karyawan sesuai dengan tingkatanya

5. Sebagai absensi

6. Mempermudah atasan mengenal secara tepat bawahannya

7. Sebagai akses kontrol pada ruangan tertentu

Sebelum membuat ID Card kita harus mempelajari dulu berbagai jenis-jenis ukuran standar ID Card yang sesuai standar internasional. Berikut ini penjelasan mengenai standar ukuran dalam pembuatan ID Card sebagai berikut:


Ukuran Standar ID Card


lapakonlineindonesia.id

ISO/IEC 7810 adalah standar internasional yang mendefinisikan karakteristik fisik untuk ID CARD. Dengan ciri-ciri fisik yang meliputi:

Dimensi fisik; kelenturan, resistensi terhadap api, bahan kimia, suhu dan kelembaban; dan toxisitas. Dalam standar internasional ukuran ID Card dibagi menjadi empat macam yaitu:

1. ID -1

ID -1 memiliki ukuran kartu 85.60 x 53.98 milimeter (mm). Kartu ini biasa digunakan untuk hal perbankan seperti kartu ATM, kartu kredit, kartu debit dan ID Card pada umumnya.

Di negara lain kartu ini digunkan untuk KTP atau personal ID, tiket trasnportasi, kartu member berlangganan dan kartu bisnis.

2. ID -2

√ Ukuran ID Card | Spesifikasi Berdasarkan Berbagai Standar Internasional
thelocal.de

ID-2 memiliki ukuran kartu 105 mm x 74 mm atau 4,134 inchi x 2.913 inchi. Kartu dengan ukuran ini digunakan pada KTP negara Jerman sebelum November 2010. Sejak tahun 2010, Jerman mengganti ukuran KTP menjadi ukuran ID-1 atau CR 80.

3. ID -3

ID-3 memiliki ukuran kartu 125 mm x 88 mm atau dalam inchi 4.921 inchi x 3.465 inchi yang biasanya digunakan dalam pembuatan kartu paspor dan kartu visa.

4. ID-000

ID-000 memiliki ukuran kartu 25 x 15 mm dengan salah satu sudut terpotong miring sebesar 3 milimeter (mm) yang biasanya digunakan sebagai SIM cards atau kartu seluler. Kita sering menjumpai kartu ini jika kita datang ke counter pulsa membeli kartu perdana seluler.

Ukuran besar kartu tersebut ID-1 dan potongan kecil pada bagian kartu berukuran ID-000. Ukuran ketebalan kartu sesuai standar internasional yakni sebesar 0.76 mili meter (mm).

Keywords: Ukuran ID Card

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.