Ukuran ID Card | Spesifikasi Berdasarkan Berbagai Standar

√ Ukuran ID Card | Spesifikasi Berdasarkan Berbagai Standar Internasional
uprint.id

Ukuran ID Card – Kapan pertama kali kamu memiliki sebuah id card? Sejak sekolah atau ketika sudah berstatus karyawan? Sebenarnya apa sih id card itu?

ID Card sendiri merupakan singkatan dari Identity Card yang artinya kartu tanda pengenal. Berfungsi sebagai alat bantu untuk mempermudah interaksi saat bertemu orang-orang baru.

Tentu kita sudah mengenal dengan baik bentuk dan beragam jenis ID card dong. Sejak di bangku sekolah Menengah Pertama biasanya para siswa sudah diberikan identitas pengenal berupa kartu siswa. Begitu pula di tingkat kuliah kamu pasti akan mendapatkan kartu mahasiswa dari kampus.

Di dunia perkantoran ID Card juga berfungsi untuk mengetahui tugas dan jabatan dari seseorang. Tak hanya menunjukkan identitas bagi individu ID Card juga dapat digunakan oleh oleh sebuah instansi ataupun organisasi.


Jenis dan Ukuran ID Card


maxipro.co.id

Berbeda halnya dengan ukuran gawang, tidak ada lembaga tertentu yang menetapkan perihal standar ukuran ID card. Secara umum ukuran ID card sendiri sangat beragam berdasarkan masing-masing jenis dan kegunaannya.

Jenis ID card tertentu membatasi bentuk, ukuran panjang maupun lebar ID card sesuai dengan fungsinya. ID card yang pasti dimiliki oleh semua orang salah satunya yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk), sebuah kartu yang berfungsi untuk menunjukkan status kewarganegaraan seseorang.

Saat ini di Indonesia KTP yang tadinya berbentuk kertas tipis dilaminating telah bertransformasi menjadi KTP elektronik alias e-KTP.

Dimana dalam proses pembuatannya ukuran e-KTP mengikuti standar yang ditetapkan di dalam ISO 7810, yaitu panjang 85,60 mm dan lebar 53,98 mm. Berbeda dengan ukuran KTP versi sebelumnya dimana ukurannya ditetapkan dalam standar pixels yaitu 1011 dan 638 pixels.

Selain itu juga terdapat jenis ID card organisasi, misal sebuah tanda pengenal bagi panitia dalam suatu acara. Nama lain dari ID card ini adalah name tag yang biasanya berukuran panjang 97,00 mm dan lebar sebesar 137,000 mm.

Beberapa ID card juga ada yang berukuran panjang 95,00 mm dan lebar 12,00 mm atau 58,00 mm x 86 mm. Variasi ukuran id card sangatlah beragam, beberapa instansi, perusahaan, ataupun organisasi menggunakan penomoran berikut:

  • B1 dengan ukuran 102 mm x 65 mm
  • B2 dengan ukuran 126 mm x 79 mm
  • B3 dengan ukuran 126 mm x 95 mm
  • B4 dengan ukuran 155 mm x 106 mm
  • A1 dengan ukuran 100 mm x 68 mm
  • A2 dengan ukuran 106 mm x 82 mm

Beberapa ukuran di atas dibedakan berdasarkan bentuk layoutnya, variasi B1-B4 merupakan bentuk ID card potrait sedangkan A1 dan A2 adalah ID card dengan bentuk landscape.

Ukuran Kartu Nama

passportica.com

Kartu nama juga tergolong ke dalam bentuk tanda pengenal (ID card). Berisikan identitas seperti nama, pekerjaan, jabatan, kontak email maupun nomor telepon.

Awal mulanya kartu nama tercipta untuk memudahkan seseorang menjalin relasi dalam hubungan bisnis. Kebanyakan yang mempunyai kartu nama adalah orang-orang dengan jabatan penting pada sebuah perusahaan seperti CEO, manajer, direktur ataupun presdir.

Hingga kini penggunaan kartu nama berkembang untuk mempromosikan sebuah usaha, baik itu usaha kecil menengah maupun yang sudah besar sekalipun. Misalnya usaha jasa wedding (wedding organizer), dimana kartu nama tersebut akan dibagikan secara random kepada siapapun yang mungkin membutuhkan.

Ukuran kartu nama biasanya tidak terlalu besar, umumnya berukuran 90 mm x 55 mm atau 80 mm x 53 mm. Dalam bentuk pixels ukuran kartu nama biasanya dicetak seukuran 1063 x 650 pixels atau menyesuaikan dengan desain yang diinginkan.


Nah, itulah tadi bahasan mengenai ukuran ID card dan sedikit ulasan mengenai jenisnya. Jika kamu memiliki kartu ATM maka tidak akan sulit membayangkan bentuk sebuah kartu nama atau ID card yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

Keywords: Ukuran ID Card

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.