Standar Ukuran Gawang di Cabang Oahraga Futsal, Sepak Bola, dan Lari

√ Standar Ukuran Gawang di Cabang Oahraga Futsal, Sepak Bola, dan Lari
estadocidadao.com.br

Gawang identik dengan permainan sepak bola. Namun sebenarnya gawang tidak hanya digunakan dalam dunia sepak bola saja, melainkan juga ada di dalam olahraga lain.

Dalam olahraga lari gawang digunakan sebagai rintangan. Namun tentu ukuran gawang yang digunakan setiap cabang olahraga berbeda-beda.

Gawang adalah dua tiang yang dibuat berpalang dilengkapi dengan penghalang. Biasa berbentuk jaring yang dijadikan sebagai tempat sasaran memasukkan bola.

Gawang yang digunakan juga berbeda-beda sesuai dengan standar masing-masing yang telah ditentukan oleh lembaga yang menaungi olahraga yang menggunakan gawang.

Dalam kejuaraan standar yang digunakan adalah standar yang ditetapkan secara internasional.


Standar Ukuran Gawang Sepak Bola Internasional


deythere.com

Di dalam sepak bola gawang digunakan sebagai tempat dimana bola dimasukkan untuk mendapatkan goal sehingga mencetak skor demi kemengan tim.

Gawang di dalam sepak bola dijaga oleh seorang kiper, untuk standar ukuran gawang yang dijaga oleh kiper dalam sepak bola berikut penjelasannya.

Standar ukuran gawang ditentukan oleh lembaga yang mengelola olahraga ini yaitu Federation Internationale de Football Association (FIFA), yaitu sebuah gawang harus memiliki panjang 7,32 meter dan lebar 2,44 meter.


Standar Gawang Futsal Internasional


kajianpustaka.com

Futsal adalah jenis olahraga yang mirip seperti sepak bola namun bedanya adalah jumlah tim. Selain itu olahraga ini juga dilakukan di dalam ruangan dan memiliki lapangan yang lebih kecil daripada lapangan sepak bola.

Tentu saja ukuran gawang yang digunakan jauh berbeda dengan ukuran gawang sepak bola. Gawang futsal yaitu memiliki panjang 3 meter, lebar 1 meter dan tinggi 2 meter.


Standar Ukuran Olahraga Lari Gawang


pressreader.com

Tidak banyak orang tahu tentang cabang olahraga yang satu ini, lari gawang adalah salah satu cabang dari olahraga atletik.

Dalam olahraga ini selain pemain dituntut harus lari cepat, pemain juga harus melewati gawang-gawang yang digunakan sebagai rintangan.

Fungsi gawang disini tentu beda dengan fungsi gawang pada umumnya yang digunakan sebagai tempat untuk memasukkan bola.

Karena olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik maka standar gawang untuk olahraga ini ditentukan oleh lembaga International Association of Athletics Federations (IAAF).

Ketentuannya adalah panjang bagian dasar 0,70 meter lebar gawang 1,20 meter, serta lebar palang kayunya 7 cm dengan ketetebalan 1-2 cm.

Sedangkan untuk tinggi dari gawang sendiri dibagi lagi menjadi ketentuan untuk kategori jarak serta putra dan putri yang di bagi sebagai berikut:

  1. 100 meter putri tinggi 0,838 meter
  2. 110 meter putra tingi 1,067 meter
  3. 400 meter putri tinggi 0,762 meter
  4. 400 meter putra tinggi 0,914 meter
pustakamateri.web.id

Demikian informasi mengenai standar ukuran gawang, dengan adanya gambaran di atas kita akan lebih memahami dan lebih memiliki gambaran tentang gawang sehingga dapat membantu kita jika ingin membuatnya sendiri.

Namun, selain itu juga perlu diketahui tentang bahan gawang untuk ketahanan gawang lebih baik. Tiang dan mistar gawang menggunakan bahan yang terbuat dari besi. Selain itu bahan untuk membuat jaring juga perlu diperhatikan.

Keyword: ukuran gawang

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.