√ Standar Internasional Ukuran Bola Sepak Menurut FIFA

Standar Internasional Ukuran Bola Sepak Menurut FIFA

Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga paling popular di dunia, olahraga ini lekat dengan kaum pria sebagai penggemar berat. Kebanyakan pria bahakan paham dengan detail ukuran bola sepak.

Bbanyak sekali liga dunia untuk pertandingan sepak bola. Sepak bola sendiri adalah sebuah permainan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim berisi sebelas orang dimana satu berperan sebagai penjaga gawang.

Cara bermainnya adalah dengan menggiring dan menendang bola menggunakan kaki dan mencetak gol sebanyak-banyaknya untuk menjadi pemenang.


Standar Ukuran Bola menurut FIFA


Untuk kamu para penggemar sepak bola tentunya bukan hanya gemar saja, namun kamu harus tahu tentang berapa ukuran bola sepak yang digunakan dalam pertandingan-pertandingan kelas dunia.

Atau bagi kamu yang berniat memiliki atau membeli bola untuk koleksi pribadi harus tahu berapa ukuran yang benar menurut standar nasional yang ditetapkan oleh induk organisasi internasional sepak bola yaitu Federation of International Football Association (FIFA).

1. Segi Bentuk

amazon.in

Diawali dengan aturan bentuk bola, seperti yang sudah kita ketahui bola berbentuk bulat. Namun bulatnya bola menurut FIFA harus sesempurna mungkin.

Tujuannya bentuk bulat sempurna akan menjadikan bola stabil saat menggelinding maupun saat berputar ke udara dan menjadi nyaman saat digunakan untuk pertandingan

2. Segi Bahan

amazon.in

Dari segi bahan FIFA juga menetapkan standar yang tidak semua material bisa dijadikan bahan untuk membuat bola.

Untuk olahraga sepak bola ini meski tidak ditentukan secara rinci, namun FIFA menentukan bahan yang boleh digunakan.

Dalam membuat bola sepak harus berasal dari kulit, karena diyakini bahan ini sangat cocok untuk sepak bola.

3. Ukuran Bola

rice.co.nz

Yang menjadi perhatian dari FIFA adalah diameter dan keliling bola. Ukuran bola sepak untuk pertandingan sepak bola standar internasional harus memiliki keliling lingkaran minimal 68 cm dan maksimal 71 cm. Atau dengan ukuran diameter lingkaran bolanya 21 cm-22,5 cm.

4. Berat Bola

blog.playo.co

FIFA menentukan berat bola antara 410 gram dan maksimal 450 gram. Ukuran berat bola sepak memang sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan bola futsal.

5. Tekanan Bola

saga.co.uk

Tekanan isi udara dalam bola sepak yaitu diatur pada tekanan antara 8-12 psi, yang artinya jika bola dijatuhkan ke tanah, kelembaman atau pemantulan bola sekitar 60%.

Atau saat bola dijatuhkan dari ketinggian 1 m, maka bola harus memantul balik setinggi 60 cm.

6. Warna Bola

bbc.co.uk

FIFA juga memiliki tanggung jawab untuk menentukan standar warna bola. Warna bola yang digunakan pada pertandingan sepak bola harus mencolok, tujuannya agar bola dapat terlihat dengan jelas oleh pemain. Demikian informasi tentang standar ukuran internasional bola.

Semoga dengan melihat gambar dan ukuran bola sepak di atas, sudah cukup bagi kita mendapatkan pemahaman.

Tentang bagaimana ukuran bola yang digunakan dalam permainan sepak bola standar internasional yang selama ini kita lihat.

Keyword: Standar Internasional Ukuran Bola Sepak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.