Standar Internasional Ukuran Bola Sepak Bola Menurut FIFA

√ Standar Internasional Ukuran Bola Sepak Menurut FIFA
unsplash.com

Ukuran bola sepak bola – Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang populer baik di Indonesia maupun dunia internasional. Banyak sekali liga atau ajang pertandingan sepak bola mulai dari di tingkat klub, tingkat nasional, dan juga dunia.

Permainan olahraga sepak bola terbagi menjadi dua tim, yang setiap timnya terdiri dari 11 pemain. Setiap tim bertanding untuk memasukkan bola ke gawang sebanyak-banyaknya, atau dalam bahasa sepak bola adalah mencetak gol.

Setiap 11 pemain itu juga memiliki posisi dan tugas yang berbeda-beda. Ada yang bertindak sebagai penjaga gawang, ada pula sebagai penyerang, dan juga pemain bertahan. Meskipun begitu mereka adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan.

Artinya sepak bola adalah olahraga yang sangat bergantung pada kekuatan tim dan tidak hanya kemampuan personal semata.

Jenis olahraga yang banyak mengandalkan kaki ini dimainkan oleh 250 juta orang yang tersebar pada 200 negara. Maka tak berlebihan jika sepak bola dianggap sebagai olahraga paling populer di dunia.

Karena olahraga ini dimainkan dan dikompetisikan di dunia internasional, maka sudah selayaknya jika terdapat aturan tertentu selain tentang peraturan permainannya, yakni terkait hal-hal dasar atau unsur dalam permainan tersebut seperti ukuran bola sepak bola dan ukuran lapangannya.

Sehingga aturan tersebut bisa menjadi pedoman atau panduan bersama yang bisa digunakan. Adapun penjelasan terkait ukuran bola tersebut akan kami bahas pada tulisan di bawah ini:


Standar Ukuran Bola menurut FIFA


Standar Internasional Ukuran Bola Sepak Bola Menurut FIFA
perpustakaan.id

FIFA adalah organisasi Internasional yang mengatur tentang sepak bola di dunia, didirikan di Paris pada 2004, dan saat ini memiliki 211 anggota asosiasi.

Tersebab itu organisasi tersebut berhak membuat kesepakatan bersama tentang aturan-aturan atau standar tertentu yang dijadikan pedoman dalam permainan sepak bola.

Salah satu unsur penting dalam permainan sepak bola yang diberikan standar tertentu oleh FIFA adalah menyoal ukuran bola, bahan yang dipakai, tekanan udara ketika bola dipantulkan, dan lain sebagainya.

Dengan memenuhi syarat tersebut artinya permainan sepak bola yang diselenggarakan menjadi berkualitas. Adapun penjelasan terkait syarat bola adalah sebagai berikut.

Diameter dan Keliling Bola

Standar internasional yang diajukan oleh FIFA terkait keliling lingkaran bola adalah minimal 68 cm dan paling besar adalah 71 cm dengan diameternya berukuran 21 cm – 22,5 cm.

Jadi mulai dari sekarang kalau teman-teman ingin bermain pada tingkat internasional silahkan berlatih dengan bola yang sesuai dengan standar tersebut ya.

Ukuran Berat Bola Sepak Bola

Standar Internasional Ukuran Bola Sepak Bola Menurut FIFA
klikdunia.blogspot.com

Sedangkan aturan mengenai berat bola dalam olahraga sepak bola menurut versi FIFA adalah mencapai minimal 410 gram sampai yang paling berat adalah 450 gram. Jika dibandingkan dengan bola futsal bola sepak bola masih terasa lebih berat.

Bahan Bola

Kita tahu terdapat beberapa macam material atau bahan yang bisa dijadikan sebagai bola sepak bola. Hanya saja jika teman-teman ingin bermain secara profesional, terdapat ketentuan bahan bola yang harus dipenuhi.

Tentu syarat atau ketentuan ini dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal. Dan menurut organisasi FIFA bahan kulit adalah yang paling cocok digunakan dalam olahraga sepak bola. Tersebab itu FIFA memberikan standar bola yang berbahan kulit atau semacamnya.

Bentuk Bola

Standar Internasional Ukuran Bola Sepak Bola Menurut FIFA
bola.okezone.com

Terkait bentuk bola, kami pikir semuanya setuju dan tidak perlu diperdebatkan lagi. Bahwa bentuk bola yang sesuai dengan permainan sepak bola adalah berbentuk bulat dan tidak lonjong.

Sebab bentuk tersebut akan menghasilkan putaran yang stabil ketika ditendang ke udara dan ketika menggelinding di permukaan tanah.

Ukuran Tekanan Bola Sepak Bola

Panduan atau syarat yang harus dipenuhi pada tekanan bola adalah antara 0,6 sampai 1,1 atmosfir.

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.