Standar Internasional Ukuran Bola dan Net Voli Beserta Ukuran Lapangannya

√ Standar Internasional Ukuran Bola dan Net Cabang Olahraga Voli
thaihiensport.com

Ukuran bola dan net voli – Salah satu cabang olahraga yang sering diperlombakan pada ajang-ajang kejuaran olahraga di tingkat desa, daerah, nasional, atau bahkan internasional adalah olahraga bola voli.

Bola voli merupakan permainan yang terdiri dari dua tim dimana masing-masing tim memiliki enam orang pemain.

Setiap pemain memiliki posisi dan fungsi yang berbeda-beda, misalnya tosser bertugas sebagai pengumpan bola, spiker atau smash sebagai pemukul bola, lalu libero sebagai pemain bertahan yang tidak bisa melakukan smash.

Dan terakhir ada defender yang tugasnya sebagai pemain bertahan untuk kemudian bisa menerima serangan lawan.

Berbeda dengan sepak bola dan futsal yang dilarang menggunakan tangan dalam permainannya, bola voli justru lebih mengandalkan keahlian tangan untuk bisa menang dari lawan.

Olahraga ini dikelola atau dinaungi oleh organisasi dunia seperti Federation Internationale de Volleyball (FIVB), sedangkan pada tingkat nasional bola voli Indonesia dinaungi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI.

Organisasi tersebutlah yang mempunyai hak-hak tertentu untuk mengatur bagaimana permainan bola voli dijalankan. Termasuk juga ketentuan mengenai ukuran bola dan net voli nya.

Dan pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas tentang ukuran bola dan net voli, supaya bisa menjadi pengetahuan dasar bagi teman-teman yang ingin bergelut di cabang olahraga bola voli.


Ukuran Bola Voli dan Net Voli


Standar Internasional Ukuran Bola dan Net Voli Beserta Ukuran Lapangannya
informazone.com

Seperti yang kita tahu setiap olahraga yang menggunakan bola, tentu memiliki ketentuan ukuran bola yang berbeda-beda, karena memang tidak semua bola cocok dengan semua jenis olahraga tersebut.

Oleh karenanya setiap jenis permainan bola memiliki ketentuan atau standar sendiri yang biasanya ditentukan oleh organisasi yang menaungi permainan tersebut.

Nah ukuran bola voli yang akan kami sebutkan merupakan standar ukuran yang sudah ditentukan untuk pertandingan di tingkat nasional maupun internasional. Adapun keterangan mengenai ukuran bola tersebut dapat dilihat di bawah ini:

Ukuran Bola

Bola voli memiliki ukuran keliling mencapai 65 – 67 cm. Sedangkan untuk beratnya adalah 260 gram sampai dengan 280 gram. Bola yang memiliki diamter selebar 18 cm – 20 cm ini, harus memiliki tekanan bola sebanyak 0, 30 – 0,325 kg/cm2.

Ukuran Net

Standar Internasional Ukuran Bola dan Net Voli Beserta Ukuran Lapangannya
calonatlet.com

Selain bola, net juga unsur penting dalam permainan bola voli, sebagaimana pentingnya ring dalam bola basket, atau gawang dalam sepak bola.

Net bisa mempengaruhi keefektifian atau keakuratan permainan voli. Karenanya ukuran menyesuaikan dengan kelompok pemain yang bermain, yakni kelompok laki-laki atau perempuan.

Permainan voli merupakan salah satu permainan yang tidak mengenal gender, artinya baik pria atau wanita banyak yang menggeluti olahraga ini.

Tersebab itu pada setiap pertandingan, permainan bola voli akan dibagi menjadi dua kelompok besar yakni pemain putra dan putri, seperti halnya pada permainan bulutangkis atau tenis.

Dan untuk ukuran net pada voli putri memiliki tinggi 2,24 meter sedangkan untuk voli putra adalah 2,43 meter.

Ukuran net antara voli putra dan putri hanya terletak pada tingginya saja, selebihnya memiliki ukuran yang sama. Misalnya:

  • Panjang net mencapai 9 meter
  • Sedangkan lebarnya adalah 1 meter
  • Net voli juga memiliki tinggi antena 80 cm, dan tinggi tiang mencapai 2,55 meter.
  • Selain itu, jarak anatara tiang net dengan garis tepi sekitar 0,5 sampai 1 meter
  • Net voli mempunyai pita tepian atas mencapai 5 cm, sedang pita tepian samping adalah 5 cm
  • Untuk ukuran mata jala pada net adalah berbentuk persegi dengan panjang 10 cm.

Ukuran Bola dan Net Voli: Lapangan


Standar Internasional Ukuran Bola dan Net Voli Beserta Ukuran Lapangannya
nesabamedia.com

Lalu informasi terakhir yang akan kami sajikan adalah mengenai ukuran lapangan bola voli. Rincian ukuran tersebut dapat dilihat di bawah ini:

  • Panjang lapangan bola voli: 18 meter
  • Lebar lapangan bola voli: 9 meter
  • Panjang garis serang lapangan bola voli: 3 meter
  • Luas lapangan bola voli: 162 meter² (18m x 9m)
  • Lebar garis lapangan bola voli: 5 centimeter
  • Area servis lapangan bola voli: 3 meter

Demikianlah artikel yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Selamat dan semangat beraktivitas.

Keyword: Ukuran Bola dan Net Cabang Olahraga Voli

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.