Standar Internasional Ukuran Bola dan Gawang Futsal Menurut FIFA

√ Standar Internasional Ukuran Bola dan Gawang Futsal Menurut FIFA
kolakaonline.com

Ukuran bola dan gawang futsal – Jika sebelumnya kami pernah membahas tentang olahraga sepak bola, pada kesempatan yang baik kami akan mengulas tentang permainan sejenis sepak bola tetapi memiliki aturan dan syarat yang sedikit berbeda, yakni futsal.

Olahraga futsal memiliki kemiripan dengan permainan sepak bola, sama-sama dimainkan oleh dua tim dan bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang sebanyak-banyaknya.

Perbedaanya terletak pada jumlah pemain, lapangan, dan beberapa peraturan tertentu. Futsal berasal dari bahasa Spanyol, yakni futbol yang berarti sepak bola, dan sala artinya dalam ruangan.

Berbeda dengan lapangan sepak bola yang luas dan berada di luar ruangan, futsal dimainkan pada lapangan yang memiliki ukuran lebih kecil dan berada di dalam ruangan.

Sehingga permainan tersebut terbatas dan hanya terdiri dari beberapa pemain saja. Setiap tim futsal memiliki lima pemain utama dan beberapa pemain cadangan.

Selain ukuran lapangan yang berbeda, bola dan gawang futsal juga demikian loh. Oleh karena itu kalau teman-teman ingin bermain futsal dan kemudian mengikuti ajang kejuaraannya, yuk simak beberapa informasi mengenai  ukuran bola dan gawang futsal di bawah ini:

Ukuran Bola dan Gawang Futsal

Standar Internasional Ukuran Bola dan Gawang Futsal Menurut FIFA
harga.web.id

Ketentuan tentang futsal ini juga diatur oleh organisasi FIFA dan nasional. Adapun ketentuan bola yang ditentukan untuk bermain futsal adalah bola dengan ukuran no 4, yang memiliki berat 0,4 – 0,44 kg.

Selain itu mempunyai keliling bola 62 cm -64 cm, sedangkan tekanan lambungan bola untuk pantulan pertama adalah 55 – 65 cm.

Material yang digunakan dalam pembuatan bola juga harus ditentukan loh, hal ini guna menciptakan keseimbangan putaran pada permukaan tanah. Dan bahan yang direkomendasikan untuk bola futsal sama dengan bola sepak bola yakni berbahan kulit.

Selain bola, gawang juga menjadi unsur penting dalam permainan futsal. Gawang adalah tempat tujuan utama pemain futsal.

Gawang diletakkan tepat di bagian tengah lapangan, tidak condong ke kiri atau ke kanan. Untuk bentuk penampang tiang gawang boleh berbentuk kotak atau lingkaran. Tetapi karena pertimbangan keamanan dan keakuratan, pada banyak pertandingan lebih menyarankan menggunakan penampang lingkaran.

Ukuran gawang sendiri telah ditentukan oleh organisasi nasional dan Internasional, yakni dengan ketentuan lebar 3 meter, dan tinggi 2 meter, bila diukur dari bagian dalam tiang.

Ukuran Bola dan Gawang Futsal: Ukuran Lapangan Futsal

Standar Internasional Ukuran Bola dan Gawang Futsal Menurut FIFA
kabarsport.com

Pada bagian lapangan, permainan futsal memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan nasional dan internasional.

Paling tidak terdapat tiga jenis lapangan futsal yang bisa digunakan oleh teman-teman yang ingin bermain atau bertanding futsal, di antaranya adalah:

Lapangan Futsal Mini

Lapangan futsal mini pada umumnya digunakan untuk anak-anak yang baru belajar bermain futsal. Seperti halnya namanya, ukuran lapangan ini memang cukup kecil yakni hanya dengan lebar 15 meter dan panjang 25 meter.

Sehingga pemain yang dibolehkan untuk bermain hanya 3 -4 orang saja. Lapangan mini ini tidak bisa digunakan pada pertandingan yang serius.

Lapangan Futsal Standar

Standar Internasional Ukuran Bola dan Gawang Futsal Menurut FIFA
kabarsport.com

Ada pula lapangan standar yang biasa digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Ukuran standar tersebut memiliki lebar 15 – 25 meter dan panjang sekitar 25 sampai 43 meter. Ukuran standart ini hampir sama dengan lapangan futsal internasional.

Sedangkan ukuran diameter lingkaran yang berwarna putih untuk lemparan bola pertama adalah 3 meter. Lalu wilayah penalti, berada di dalam jangkauan busur dengan jarak 6 meter dari posisi tiang gawang masing-masing tim.

Lapangan Futsal Internasional

Seperti yang telah dijelaskan di atas, FIFA tidak hanya mengatur tentang permainan sepak bola tetapi juga permainan olahraga yang menggunakan kaki lainnya yakni futsal.

Menurut FIFA lapangan yang dijadikan acuan atau standar untuk pertandingan di tingkat internasional adalah berukuran panjang 38 meter – 42 meter dan lebar antara 18 meter – 25 meter.

Keyword: Ukuran Bola dan Gawang Futsal

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.