Ukuran Banner | Sebelum Dicetak Pelajari Dulu Jenis Banner dengan Baik

√ Ukuran Banner | Sebelum Dicetak Pelajari Dulu Jenis Banner dengan Baik
tjakep.com

Pernah jalan-jalan melintasi beberapa toko? Pernah melihat benda-benda berbentuk persegi panjang yang terpajang dan menampilkan suatu iklan atau semacamnya? Apa kira-kira namanya? Yups, benda tersebut dinamakan banner, ukuran banner bermacam-macam.

Berdasarkan sebuah sumber di internet, banner merupakan salah satu media promosi yang dicetak dengan metode print digital. Banner biasanya berbentuk vertikal atau portrait. Bisa dibilang bahwa banner merupakan bentuk sederhana dari baliho.

Umumnya banner diletakkan di depan suatu toko atau suatu acara yang butuh diketahui oleh banyak orang. Secara tidak langsung dapat disimpulkan bahwa banner menempati fungsi sebagai alat promosi.


Fungsi-Fungsi Banner


schoolsigns-uk.co.uk

Selain sebagai alat promosi, banner juga memiliki beberapa fungsi yang saling berkaitan yaitu:

• Sebagai alat promosi produk/ acara atau apapun yang sedang dipromosikan

Tentu saja banner dibuat sebagai alat promosi. Dengan adanya banner sesuatu yang dipromosikan dapat dilihat lebih jelas dengan harapan dapat menarik minat orang-orang yang melihatnya.

• Menambah daya tarik produk/ acara atau apapun yang sedang dipromosikan

Dengan banner yang menarik, orang-orang yang melihatnya akan merasa isi banner tersebut juga menarik.

• Menjadi identitas produk/ acara atau apapun yang sedang dipromosikan

graphicriver.net

Pada banner biasanya dicantumkan informasi singkat sesuatu yang sedang dipromosikan. Informasi yang singkat tersebut merupakan sekilas identitas. Tentu saja walaupun singkat, informasi harus jelas dan dapat dimengerti.

Ada banyak perusahaan percetakan yang menyediakan jasa penyetakan banner. Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Perbedaan harga biasanya bergantung pada bahan, lama pengerjaan, kualitas, tingkat kesulitan desain (jika sekaligus menggunakan jasa desain), hingga ukuran banner yang ingin dibuat.


Ukuran Banner


Dalam mencetak suatu banner, tentu perlu adanya ukuran yang jelas, ukuran tersebut biasanya disesuaikan dengan keperluan. Berikut beberapa ukuran banner yang sering digunakan berdasarkan jenisnya:

1. Roll-up Banner

fiverr.com

Seperti namanya ‘Roll-up banner’ yang berarti banner gulung. Banner jenis ini cenderung lebih praktis karena mudah dalam penggunaannya.

Jika sedang tidak dipakai, banner dapat digulung langsung. Jika sedang ingin dipakai, banner bisa ditarik dari gulungan. Praktis bukan? Ukuran yang umumnya digunakan pada banner jenis ini adalah:

  • 60 x 160 cm
  • 85 x 200 cm
  • 120 x 200 cm

Meski begitu, anda dapat berkonsultasi dengan penyedia jasa percetakan banner jika ingin membuat banner dengan ukuran lain.

2. X Banner

rjsign.com

Banner jenis ini memiliki tiang penyangga langsung yang berbentuk seperti huruf X. Untuk menyimpan banner jenis ini cenderung lebih memakan tempat daripada banner jenis roll-up banner.

Namun fungsi dan daya tariknya tidak kalah dengan roll – up banner. Ukuran yang umumnya digunakan pada X banner adalah:

  • 60 x 160 cm
  • 80 x 180 cm
  • 25 x 45 cm

Seperti jenis banner sebelumnya, X banner dengan ukuran lainnya dapat dikonsultasikan dengan pihak penyedia jasa percetakan banner.

Nah, bagi anda yang berniat menggunakan banner sebagai alat promosi hendaknya memikirkan terlebih dahulu ukuran dan jenis banner mana yang cocok untuk promosi tersebut.

Jangan lupa untuk menyiapkan desain yang menarik agar promosi yang dilakukan berhasil. Alhasil, biaya penyetakan banner yang dikeluarkan tidak akan sia-sia.

Tentu anda juga perlu menyiapkan dana yang cukup untuk mencetak banner yang anda inginkan. Meskipun bukan barang mewah, usahakan untuk tidak mengesampingkan jumlah dana yang dibutuhkan sehingga menimbulkan hutang.

Keywords: Ukuran banner

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.