Ukuran Amplop | Informasi Penting Bagi Kamu yang Hobi Surat Menyurat

√ Ukuran Amplop | Informasi Penting Bagi Kamu yang Hobi Surat Menyurat
suzuya.id

Ukuran amplop – Siapa sih yang gak tahu amplop itu apa, hampir semua orang mengetahui apa itu amplop dan apa saja kegunaannya.

Karena memang benda ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Benda tersebut sudah dipergunakan untuk kepentingan manusia sejak lama.

Sebelum teknologi komunikasi berkembang sangat pesat, surat adalah salah satu alat komunikasi yang paling memungkinkan.

Surat adalah benda berharga yang digunakan untuk menyampaikan suatu kabar. Karena dianggap berharga, maka surat akan dibungkus atau dilindungi dengan benda yang terbuat dari kertas, yakni amplop.

Seiring perkembangan zaman amplop tidak hanya digunakan untuk mewadahi surat-surat semata, tetapi juga kepentingan lainnya.

Oleh karenanya, amplop juga memiliki ukuran yang beragam sesuai dengan penggunaan yang dibutuhkan.

Nah kalau kamu ingin tahu berapa saja ukuran amplop yang sering digunakan khusunya di negara Indonesia, yuk simak artikel ini sampai habis.


Jenis-Jenis Amplop yang Biasa Dipakai


Ukuran Amplop | Informasi Penting Bagi Kamu yang Hobi Surat Menyurat
uprint.id

Seperti yang telah dijelaskan di atas penggunaan amplop saat ini masih sangat dibutuhkan, meskipun komunikasi surat sudah jarang digunakan.

Amplop bisa digunakan untuk pelindung lainnya, misalnya seperti dokumen, foto, dan lain sebagainya. Amplop ini pun tidak hanya digunakan di Indonesia loh tetapi juga negara-negara lainnya, walaupun memang jenis-jenis amplop yang digunakan berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri kita bisa menjumpai amplop dengan berbagai warna dan ukuran. Terdapat amplop berwarna putih bersih dan warna coklat polos.

Amplop Coklat

Biasanya amplop yang berwarna coklat tidak memiliki perekat, melainkan hanya dengan tali. Karena terdapat ukuran yang sangat besar maka amplop ini sering digunakan untuk melindungi dokumen-dokumen berupa kertas yang berukuran A4 dan semacamnya.

Amplop Putih

Sedangkan untuk amplop warna putih biasanya memiliki perekat dan berbentuk panjang. Amplop ini juga sama dengan amplop coklat memiliki ukuran yang beragam, hanya saja umumnya amplop putih tidak memiliki ukuran sebesar dokumen.

Oleh karena itu amplop putih sering digunakan untuk membungkus uang baik uang gaji maupun uang lainnya.

Di era teknologi yang semakin canggih ini kamu juga bisa mendesain amplopmu sendiri loh, misalnya dengan ditambahkan kop surat atau label melalui microsoft word.

Menariknya pada microsoft word sendiri terdapat pengaturan ukuran amplop standar yang digunakan, sehingga kita tidak perlu repot-repot mengatur ukuran secara manual.


Ukuran Amplop di Microsoft Word


Ukuran Amplop | Informasi Penting Bagi Kamu yang Hobi Surat Menyurat
ukurandansatuan.com

Ukuran-ukuran amplop yang standar digunakan di Indonesia memang sangat beragam dan memiliki ketentuan tersendiri, tetapi banyak pula standar tersebut disesuaikan dengan standar yang ada di microsoft word.

Oleh karena itu kami akan menyajikan berbagai macam ukuran amplop baik yang sesuai standar microsoft word maupun standar amplop-amplop yang telah beredar di Indonesia.

Dengan mengetahui ukuran-ukuran ini kamu bisa lebih mudah untuk menentukan amplop yang sesuai dengan kebutuhanmu, baik dengan membuatnya sendiri melalui word maupun dengan membelinya di pasaran.

 

Amplop C4

Ukuran 229 × 324 mm (9 x 12.8 inci). Amplop C4 sesuai untuk kertas A4.

Amplop C3

Ukuran 324 × 458 mm (12.8 x 18 inci). Amplop C3 sesuai untuk kertas A3.

Amplop B6

Ukuran 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inci). Amplop B6 sesuai untuk kertas C6.

Amplop B4

Ukuran 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inci). Amplop B4 sesuai untuk kertas C4.

Amplop E4

infoukuran.com

Ukuran 280 × 400 mm (11 x 15.75 inci). Amplop E4 sesuai untuk kertas B4.

Amplop C7

Ukuran 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inci). Amplop C7 sesuai untuk kertas A7 (atau kertas A6 yang dilipat dua sebanyak satu kali).

Amplop C7/C6

Ukuran 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inci). Amplop ini sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A5.

Amplop C6

Ukuran 114 × 162 mm (4.5 x 6.4 inci). Amplop C6 sesuai untuk kertas A6 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak dua kali).

Amplop C6/C5

Ukuran 114 × 229 mm (4.5 x 9 inci). Amplop ini sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A4.

Amplop C5

Ukuran 162 × 229 mm (6.4 x 9 inci). Amplop C5 sesuai untuk kertas A5 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak satu kali).

Amplop B5

Memiliki ukuran 176 × 250 mm (6.9 x 9.8 inci). Amplop B5 sesuai untuk kertas C5.


Mencetak Amplop di Microsoft Word


Ukuran Amplop | Informasi Penting Bagi Kamu yang Hobi Surat Menyurat
solusiprinting.com

Nah untuk teman-teman yang ingin membuat sendiri amplopnya di microsoft word, tetapi masih bingung bagaimana persiapan untuk mencetaknya di printer, coba deh simak uraian di bawah ini:

  • Pertama yang dilakukan kalau ingin mencetak amplop, ukurlah terlebih dahulu amplop menggunakan penggaris
  • Setelah itu, klik menu mailing dan pilih envelopes
  • Kemudian akan muncul kotak dialog envelopes & label, pilihlah options untuk menentukan ukuran amplop
  • Nanti akan muncul lagi kotak dialog, dan silahkan tentukan ukuran yang diinginkan pada menu envelope size, jika yang diinginkan tidak ada dalam pilihan maka klik tombol custom size lalu tentukan sendiri ukurannya.
  • Setelah semua siap sudah deh tinggal klik menu print.

Mudah bukan. Semoga saja demikian. Cukup sekian artikel yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat selamat beraktivitas semuanya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.