Tujuan Wawasan Nusantara | Pengertian, Fungsi, dan Latar Belakangnya

√ Tujuan Wawasan Nusantara | Pengertian dan Asas nya
sahabatnesia.com

Tujuan wawasan nusantara – Nusantara adalah sebutan bagi negeri dengan banyak pulau dan wilayah. Ia adalah satu kesatuan utuh yang harus dijaga.

Karenanya pengetahuan atau wawasan tentang nusantara ini perlu untuk diketahui masyarakat indonesia. Konsep wawasan nusantara diusung demi menjaga persatuan negara Indonesia yang seperti kita tahu masyarakatnya heterogen.

Setiap wilayah memiliki latar belakang, dan ciri khas yang berbeda-beda. Sehingga jika tidak dipahami dengan benar perbedaan tersebut bisa menjadi boomerang bagi Indonesia.

Secara sederhana wawasan nusantara dapat diartikan sebagai cara pandang bangsa Indonesia terhadap Indonesia itu sendiri yang di dalamnya termasuk rakyat, sumber daya alam, dll sebagai kesatuan dan kekuatan politik, ekonomi, dan budaya.

Artinya sekali lagi wawasan ini sangat penting untuk dipahami sebagai upaya untuk menjaga keutuhan NKRI. Tersebab itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tujuan dari wawasan nusantara, supaya teman-teman menjadi semakin yakin untuk mempelajarinya. Yuk langsung simak selengkapnya di bawah ini:


Pengertian Wawasan Nusantara


satujam.com

Sebelum membahas lebih dalam mengenai tujuan wawasan nusantara, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu kita mengerti konsep atau pengertian dari wawasan nusnatara itu sendiri.

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang dirinya serta tanah airnya sebagai negara kepulauan yang mempunyai aspek kehidupan beraneka ragam.


Tujuan Wawasan Nusantara


Lalu apa sih tujuan dari adanya wawasan tersebut? Secara umum tujuan wawasan nusantara yakni untuk membentuk rakyat Indonesia agar memiliki nasionalisme yang tinggi pada segala aspek kehidupan, terutama yang berkaitan dengan kepentingan nasional dan bukan golongan tertentu.

Lebih lanjut tujuan wawasan tersebut secara nasional tercantum dalam pembukaan UUD 1945, bahwa tujuan kemerdekaan adalah untuk melindungi bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia, juga mewujudkan kesejahtaeraan umum, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan adanya wawasan nusantara ini dapat menjaga persatuan dalam segala aspek kehidupan dan menghargai perbedaan.


Tujuan: Fungsi Wawasan Nusantara


maxmanroe.com

Hal yang tak kalah penting untuk diketahui adalah terkait fungsi dari adanya wawasan nusantara. Secara keseluruhan wawasan ini dapat berfungsi sebagai dorongan, pedoman, juga pijakan dalam menentukan tindakan, kebijaksanaan bagi penyelenggara negara dalam mengatur kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Adapun fungsi lainnya yang telah dijabarkan oleh para ahli adalah sebagai berikut:

  • Sebagai rumusan ketahanan dan keamanan nasional, serta sebagai konsepsi pembangunan
  • Sebagai pembangunan nasional dalam berbagai bidang yang meliputi kesatuan sosial dan ekonomi, sosial dan politik, dan sebagainya
  • Sebagai wawasan kewilayahan atau geografis, misalnya dengan mengetahui pembatasan negara maka akan mengantisipasi adanya sengketa antar negara

Latar Belakang Wawasan Nusantara


Tujuan Wawasan Nusantara | Pengertian, Fungsi, dan Latar Belakangnya
sastrawan.web.id

Munculnya konsep ini karena terdapat sesuatu yang melatar belakanginya, apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini:

Falsafah Pancasila, pancasila adalah dasar dari negara ini, artinya wajar saja jika wawasan nusantara ini dilatarbelakngi oleh nilai-nilai pancasila

Aspek kewilayahan nusantara, seperti yang kita tahu Indonesia mencakup banyak wilayah yang di dalamnya terdiri dari berbagai suku

Aspek sosial budaya, dan dari tiap suku bangsa memiliki beragam adat istiadat, bahasa, serta kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga dalam hubungan interaksinya sangat mungkin memunculkan sebuah konflik

Aspek sejarah, seperti yang kita tahu sebelum Indonesia merdeka bangsa penjajah memanfaatkan keberagaman tersebut untuk mengadu domba antar suku, ras dan agama, sehingga menjadi terpecah belah.

Dan kemerdekaan akhirnya bisa diraih karena adanya rasa persatuan dan rasa memiliki akan Indonesia tanpa memandang kesukuan, dan keagamaan.

Keyword: Tujuan Wawasan Nusantara

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.