8 Tujuan Negara Yang Penting Untuk Diketahui

Tujuan Negara Secara Umum dan Menurut Para Ahli | Tujuan Negara Indonesia
uniqpost.com

Tujuan negara – Pada kesempatan yang berbahagia kali ini penulis akan mengulas mengenai tujuan negara. Lebih tepatnya tujuan negara yang penting untuk diketahui bersama.

Sebagaimana kita tahu, negara adalah alat kekuasaan yang harus ada untuk mengatur setiap penduduknya untuk bisa hidup berdampingan.

Negara menyelenggarakan mekanisme yang tepat untuk menjamin setiap warganya bisa hidup dengan layak dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Negara menjadi pembahasan yang penting sekaligus menarik. Beberapa tokoh menjelaskan pendapatnya tentang arti dari sebuah negara.

Menurut Max Weber misalnya, pengertian negara yaitu suatu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekuatan fisik yang sah pada suatu wilayah tertentu.

Sementara itu,  Menurut John Locke, pengertian negara yaitu suatu badan atau organisasi yang dihasilkan dari perjanjian masyarakat. lalu ada juga menurut Roger F. Soleau, pengertian negara yaitu suatu sarana atau wewenang yang mengatur dan mengendalikan berbagai masalah yang sifatnya umum dalam kehidupan masyarakat.

Dan terakhir, Menurut Miriam Budiardjo, pengertian negara yaitu suatu wilayah yang penduduknya dipimpin oleh pejabat-pejabat dan melalui kekuasaan yang sah telah berhasil mengatur rakyatnya untuk patuh terhadap peraturan undang-undang.

Pengertian Negara ini berhubungan erat dengan tujuan didirikannya kekuasaan tersebut. Penulis menandai setidaknya ada 8 tujuan penting sebuah negara bisa berdiri dan melakukan kewajibannya. Penjelasannya adalah sebagai berikut.


Tujuan Negara


Image Source: ciputrauceo.net

Diambil dari berbagai sumber dan kesimpulan, negara dengan segala kemampuan dan penguasaannya haruslah bisa menjalankan tujuan berikut ini. tanpa tujuan berikut, negara seperti belum bisa menjalankan tujuan terbaiknya.

Sebagai Pengatur Sistem Pemerintahan

Negara adalah kekuasaan yang memastikan pemerintahan bisa berjalan tepat. Rakyat yan dipimpin oleh penguasa negara haruslah bisa mengikuti dan bisa mendapatkan hak serta melakukan kewajibannya dari pemerintahan yang dijalankan.

Menyelengarakan Keadilan Sosial

Negara adalah kekuasaan yang menjunjung tinggi keadilan tanpa memandang latar belakang tertentu. Keadilan sosial harus menjadi skala prioritas tujuan utama negara berdiri, tanpa itu, negara hanya menjamin golongan tertentu saja untuk mendapatkan keadilannya.

Mengatur Hukum

polkam.go.id

Negara mengatur kekuasaan hukum. Hukum yang berkeadilan tentu saja. Bukan sekadar hukum yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Hukum yan dijalankan negara harus tegas dalam menindak setiap pelanggaran yang terjadi serta memastikan keadilan hukum mampu dialami oleh semuanya.

Mempertahankan Kekayaan Sumber Daya Alam

Negara mengontrol penuh kekayaan sumber daya alam yang terkandung di wilayahnya. Negara harus memastikan kekayaan alam tersebut mampu terkelola dengan baik sehinga memberikan kemakmuran untuk rakyatnya. Jangan sampai negara menjual kekayaan tersebut pada negara lain yang akhirnya menyengsarakan penduduknya.

Melawan Penjajahan

Negara harus menyiapkan sistem pertahanannya. Negara mengarahkan seluruh tenaganya untuk melindungi bangsanya dari serangan penjajahan negeri lain. segala bentuk penjajahan harus dihapuskan. Entah penjajahan tersebut nampak atau berupa penjajahan yang bisa menyusup dalam bentuk-bentuk yang lain.

Mengatur Sistem ekonomi, Politik, dan Kebudayaan yang Tepat

sleekr.co

Negara menyelenggarakan sistem ekonomi yang berpihak kepada rakyat, politik yang memberikan keadilan untuk rakyat, serta kebudayaan yang mencerdaskan rakyat. Jika negara tidak menjalankan tiga kewajiban ini, negara sudah seperti mengkhianati rakyatnya sendiri.

Menegakkan Prinsip Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Prinsip kemanusiaan harus dijunjung tinggi oleh negara. Kemanusiaan artinya tidak membiarkan ketidakadilan dan penindasan terjadi.

Menyejahterakan Rakyat

Tanpa menyejahterakan rakyat, negara seperti itu memang sudah sepatutnya untuk diganti.

Keyword: Tujuan Negara

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.