Teks Trisatya | Memahami Makna yang Terkandung di Dalamnya

√ Teks Trisatya | Memahami Makna yang Terkandung di Dalamnya
fimela.com

Teks trisatya – Teman-teman yang sudah pernah mengikuti kegiatan pramuka barangkali akan sangat akrab dengan istilah trisatya.

Sebab trisatya bagi seorang pramuka merupa ikrar atau janji yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga wajar saja jika pada setiap agenda pramuka, teks trisatya tidak luput untuk dibacakan secara lantang sebagai pengingat bersama.

Pramuka sendiri adalah singkatan dari Praja Muda Karana, merupakan kegiatan yang berhubungan dengan keterampilan untuk bertahan hidup, kerja sama, pengetahuan bahkan juga pendidikan karakter.

Mengingat pramuka memiliki banyak sekali manfaat dalam pembentukan karakter individu terutama bagi pemuda/pemudi yang sedang berkembang, maka kegiatan pramuka tersebut terkadang diwajibkan untuk diikuti oleh para siswa.

Oleh karena itu supaya para siswa yang mengikuti pramuka bisa belajar untuk menghafal dan mengamalkan trisatya, di bawah ini akan kami sajikan teks trisatya beserta penjelasan makna dan contohnya.


Isi Teks Trisatya Pramuka


coretanzone.id

Berikut terdapat teks trisatya yang bisa teman-teman baca, hafalkan, bahkan juga direnungkan poin-poin yang terdapat dalam trisatya.

Trisatya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjalankan Pancasila,

Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,

Menepati Dasa Dharma.


Unsur Kewajiban Trisatya


nihbaca.com

Berdasarkan isi trisatya di atas bisa kita lihat bahwa terdapat unsur kewajiban yang harus kita perhatikan dan laksanakan. Paling tidak terdapat 6 unsur kewajiban yang dimuat dalam trisatya, apa saja itu? Yuk simak poin di bawah ini:

Pertama adalah Tuhan

Makna dari unsur ini bahwa kita diharuskan untuk menjalankan kewajiban kepada Tuhan yakni dengan mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Kedua adalah NKRI (Negara Kesatuan republik Indonesia)

Hal ini berarti setiap kita harus melaksanakan kewajiban dan patuh kepada negara tempat kita tinggal, yakni di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketiga, pancasila

Teks Trisatya | Memahami Makna yang Terkandung di Dalamnya
merdeka.com

Karena pancasila merupakan ideologi atau dasar negara Indonesia maka kita harus merenungkan, dan mengamalkan isi dari pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan juga kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keempat adalah Sesama makhluk hidup

Bagimana kewajiban kepada sesama makhluk hidup itu? Tentu saja tidak ada cara lain selain dengan berbuat baik kepada semuanya. Petuah bijak tentang hidup yang berbunyi berbuatlah baik terus menerus sampai kau tak sempat lagi untuk berbuat jahat, adalah benar adanya.

Kelima masyarakat

Keberpihakan kita kepada masyarakat atau kepentingan orang banyak adalah cara kita untuk melaksanakan kewajiban terhadap masyarakat. Sebab masyarakat atau juga rakyat seringkali dijadikan obyek ketidakadilan para penguasa dalam suatu negara.

Dan terakhir, Dasa Dharma

Selain trisatya, dalam pramuka dasa dharma juga merupakan poin dasar yang menjadi pijakan bagaimana seorang pramuka itu bersikap. Seperti namanya dasa dharma terdiri dari 10 dharma atau bakti yang harus dilaksanakan setiap pramuka, apa saja isinya? Simak berikut ini:


Teks Dasa Dharma


maxmanroe.com

DASA DARMA PRAMUKA

Pramuka itu :

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Artinya setiap kita harus menghayati dan melaksanakan 10 dharma di atas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan dharma-dharma tersebut maka setiap orang akan menjadi pribadi yang sangat hebat.


Contoh Perbuatan Sesuai dengan Teks Trisatya


republika.co.id

Sebenarnya banyak sekali perbuatan baik yang sesuai dengan isi dari trisatya, tetapi tentu tidak bisa kami sebutkan satu persatu di bawah ini.

Meskipun begitu dengan memberikan beberapa contoh berikut, kami yakin teman-teman juga akan bisa mengidentifikasi perbuatan lainnya yang memuat trisatya. Kalau begitu yuk langsung saja kita lihat bagimana perbuatan yang sesuai dengan trisatya

  • Menghargai perbedaan yang ada
  • Melakukan ibadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing
  • Selalu berdoa kepada sang pencipta sebelum melakukan sesuatu
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Turut memperjuangkan hak orang yang dirampas
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Membantu orang tua melakukan pekerjaan rumah
  • Turut serta dalam mengikuti kerja bakti baik di desa maupun sekolah
  • Menghayati peringatan hari kemerdekaan dengan bersyukur dan terus menerus berbenah
  • Dan masih banyak lagi lainnya

Keyword: Teks Trisatya

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.