Teks Pancasila | Teks, Lambang Fungsi dan Kedudukan Pancasila

Teks Pancasila | Sejarah, Isi dan Lambangnya (Penjelasan Lengkap)
uniqpost.com

Pancasila merupakan rumusan sekaligus pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi semua rakyat Indonesia. Pancasila juga merupakan pilar ideologi negara Indonesia. Berdasarkan etimologinya, Pancasila berasal dari dua kata bahasa sanskerta, panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas.

Pancasila teridiri dari lima ideologi dasar penyusun yang juga tercantum pada alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. TIdak hanya itu, ada juga 45 butir Pancasila yang juga adalah pedoman penghayatan dan juga pengamalan Pancasila, yang mana semua berasal dari lima sila Pancasila.

Meskipun hanya terdiri dari lima dasar negara, namun terdapat sebagian orang yang tidak hafal Pancasila, atau hafal namun sebagian saja. Sebagai bangsa yang besar dan sebagai rakyat Indonesia, hendaknya dapat menghafal, sekaligus menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Teks Pancasila


√ Teks Pancasila | Teks, Lambang Fungsi dan Kedudukan Pancasila
kompas.com
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pancasila dan Lambangnya


√ Teks Pancasila | Teks, Lambang Fungsi dan Kedudukan Pancasila
sahabatnesia.com

1. Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa

Dilambangkan dengan cahaya dengan bentuk bintang yang ada pada bagian tengah perisai dengan latar hitam. Bintang diartikan sebagai cahaya yang merepresentasikan Tuhan yang menjadi cahaya rohani setiap manusia.

2. Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab

Dilambangkan dengan bentuk rantai yang disusun dengan 17 gelang yang saling menyatu (memiliki makna sesama manusia saling tolong menolong), mata rantai persegi (melambangkan laki-laki) dan mata rantai lingkaran (melambangkan perempuan).

3. Sila ketiga, Persatuan Indonesia

Dilambangkan dengan bentuk pohon beringin serta akar yang menjulur ke bawah menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia.

Akar yang menggantung menggambarkan Indonesia memiliki berbagai macam budaya dan latar beragam yang beragam namun tetap dalam persatuan.

4. Sila keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan

Dilambangkan dengan kepala banteng. Banteng sendiri adalah hewan yang gemar berkumpul, hal ini menggambarkan manusia dalam setiap pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama haruslah dilakukan secara musyawaran.

5. Sila kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dilambangkan dengan padi dan kapas yang merupakan representasi dari sandang dan pangan (kebutuhan pokok) masyarakat Indonesia tanpa melihat perbedaan status ataupun kedudukannya dan tidak ada kesenjangan satu dengan yang lainnya.


Fungsi dan Kedudukan Pancasila


√ Teks Pancasila | Teks, Lambang Fungsi dan Kedudukan Pancasila
ibtimes.id

Berikut merupakan beberapak fungsi dan juga kedudukan Pancasila:

1. Pancasila sebagai Jiwa Bangsa

Pancasila berperan sebagai nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia dengan penjabaran instrumental sebagai acuan hidup yang juga adalah cita-cita yang ingin dicapai bangsa, dan sesuai dengan nafas jiwa bangsa Indonesia.

2. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasilan merupakan bentuk dari suatu peran ketika menunjukan adanya kepribadian bangsa Indonesia yang bisa dibedakan dengan bangsa lainnya seperti mental, sikap, tingkah laku, dan amal perbuatan.

3. Pancasila sebagai Pandangan Hidup banga Indonesia

Pancasila merupakan suatu kristalisasi dari pengalam hidup dalam sejarah banga Indonesia yang sudah membentuk watak, perilaku, sikap, etika, dan nilai norma bangsa Indonesia.

4. Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia

Pancasila sebagai dasar negara untuk mengatur tatanan kehidupan Indonesia, termasuk mengatur semua pelaksanaan dari sistem ketatanegaraan Indonesia sesuai dengan Pancasila.

5. Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum bagi Negara Republik Indonesia

Pancasila sebagai segala sumber hukum yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan segala kehidupan di Indonesia didasarkan pada Pancasila dan juga harus berlandaskan hukum. Hal ini juga berarti semua tindakan kekuasaan dalam masyarakat haruslah dengan landasan hukum.

6. Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia pada Waktu Mendirikan Negara

Hal ini dikarenakan pada saat mendirikan negara, Pancasila dapat dikatakan sebagai sebuah perjanjian luhur yang disepakati oleh para tokoh-tokoh pendiri negara untuk, dilaksanakan, dijaga dan juga dilestarikan.

7. Pancasila sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, hal ini dikarenakan di dalam Pancasila terkandung cita-cita dan juga tujuan negara Indonesia. Hal in jugalah yang menjadikan Pancasila sebagai landasan dan dasar negara.

Keyword: Teks Pancasila

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.