Strategi Pembelajaran | Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya

rapikan.com

Supaya pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, di mana materi yang disampaikan oleh guru dapat tersampaikan dan dipahami serta dimengerti oleh para murid, maka diperlukanlah strategi pembelajaran yang tepat.

Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai, maka kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, guru dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik, dan siswa dapat mengerti serta memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.

Strategi pembelajaran sendiri tentunya juga dapat berjalan dengan sukses dan lancar jika diiringi dengan metode pembelajaran yang tepat. Hal ini dikarenakan strategi sendiri secara garis besar merupakan suatu pendekatan secara menyeluruh yang berkaitan dengan implementasi dari suatu ide.


Pengertian Strategi Pembelajaran


√ Strategi Pembelajaran | Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya
idntimes.com

Menurut Suparman (1997:157), strategi pembelajaran merupakan suatu gabungan dari susunan atau rencana aktivitas kegiatan mengajar, yakni cara mengatur materi pembelajaran yang akan diajarkan untuk siswa dan juga fasilitas yang digunakan ketika kegiatan belajar mengajar supaya lancar.

Menurut Sanjaya, Wina (2007), strategi pembelajaran merupakan suatu susunan atau format yang digunakan dan diterapkan oleh guru agar bisa meraih kegiatan belajar mengajar yang optimal dan ideal. Format susunan rangkaian aktivitas ini juga dapat berdampak pada suksesnya tujuan belajar.


Macam-Macam Strategi Pembelajaran


√ Strategi Pembelajaran | Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya
usatoday.com

Terdapat tujuh macam strategi pembelajaran, berikut merupakan diantaranya:

1. Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE)

Strategi pembelajaran ekspositori merupakan strategi pembelajaran dengan menekankan proses penyampaian materi pembelajaran secara verbal oleh guru pada siswanya, dan dengan maksud siswa bisa menguasai materi pembelajaran yang diberikan dengan optimal.

2. Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)

Strategi pembelajaran Inkuiri merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar mengajar dengan menekankan pada proses berfikir yang kitis dan juga analitis supaya dapat mencari dan juga menemukan jawaban dari suatu masalah dengan diri sendiri.

3. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)

Strategi pembelajaran berbasih masalah merupakan suatu rangkaian pembelajaran dengan menekankan pada proses penyelesaian masalah dalam belajar mengajar secara ilmiah. Hal ini agar perkembangan siswa tidak hanya pada aspek kognitif saja, tapi juga afektif dan psikomotorik.

4. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)

Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir merupakan suatu strategi pembelajaran dengan penekanan pada kemampuan berpikir siswa, di mana materi tidak diberikan begitu saja, namun juga dibimbing sampai menemukan sendiri konsep yang perlu dikuasai.

5. Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK)

Strategi pembelajaran kooperatif merupakan suatu kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan sistem pembagian kelompok mulai dari empat sampai enam orang dengan kemampuan yang berbeda-beda supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan.

6. Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL)

Strategi pembelajaran kontekstual merupakan suatu kegiatan pembelajaran di mana guru membantu memberikan pemahaman pada siswanya melalui cara mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi di dunia nyata.

7. Strategi Pembelajaran Afektif (SPA)

Strategi pembelajaran afektif merupakan strategi pembelajaran yang berhubungan dengan nilai, yang mana untuk mencapai kesimpulan dari peilaiannya diperlukan ketilitian dan juga observasi secara terus menerus dan tidak mudah dilakukan.


Manfaat Strategi Pembelajaran


√ Strategi Pembelajaran | Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya
laughology.co.uk

Setelah mengetahui pengertian dan macam-macam strategi pembelajaran, berikut merupakan manfaat strategi pembelajaran:

  • Guru/pengajar dapat memiliki gambaran mengenai apa yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika proses belajar mengajar.
  • Guru/pengajar bisa lebih matang dan mempersiapkan diri untuk menghadapi siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda.
  • Strategi pembelajaran dapat melatih daya kreatif guru ketika mengajar karena beragamnya siswa yang ada.
  • Waktu siswa menjadi lebih efektif dan efisien ketika mencapai tujuan belajar.
  • Siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar yang terbaik untuk dijadikan bekal di masa depan atau jenjang pendidikan selanjutnya.
  • Siswa dapat menerapkan cara berpikir yang lebih baik.

Keyword: Strategi Pembelajaran

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.