Rumus Trapesium: Pengertian, Jenis, Rumus, Dan Contoh Soalnya

Rumus Trapesium: Pengertian, Jenis, Rumus, Dan Contoh Soalnya
pintarnesia.com

Rumus trapesium- Haloo semuanya, kami kembali lagi dengan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh beberapa dari teman-teman sekalian.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita masih akan belajar tentang matematika tepatnya yakni yang berhubungan dengan bangun datar.

Yah sejak kecil kita tentu sudah dikenalkan dengan bentuk-bentuk seperti persegi, persegi panjang, segitiga, dan semacamnya, yang kemudian semakin tahun kita tahu bahwa semua itu disebut dengan bangun datar.

Dan ternyata semakin kita mempelajari bentuk-bentuk tersebut, kita tahu bahwa semua bentuk tersebut bisa kita hitung, panjang, lebar, luas, dan juga kelilingnya.

Nah salah satu bangun datar yang juga bisa kita hitung tersebut adalah trapesium. Banyak yang menganggap trapesium ini tidak sesederhana persegi atau persegi panjang, karenanya trapesium seringkali dipelajari ketika kita sudah memahami tentang bangun persegi.

Tetapi seperti hal itu tidak sepenuhnya benar, tetapi kalaupun ada yang menganggap benar hal itu sah-sah saja. Karena itu pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai rumus trapesium supaya teman-teman bisa menghitung bangun ruang trapesium.

Tanpa berlama lama lagi mari kita simak bersama penjelasan tentang rumus trapesium pada tulisan di bawah ini, semoga bisa mudah dipahami ya hehe:

Apa Itu Trapesium?

Rumus Trapesium: Pengertian, Jenis, Rumus, Dan Contoh Soalnya
rumus.co.id

Belajar tentang trapesium ini berarti kita belajar tentang geometri yang merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang pengukuran bangun.

Sebagaimana ilmu geometri yang memang berguna untuk mengukur sebuah bangun, maka trapesium juga bisa dihitung.

Tetapi sebelum kita belajar cara menghitung luas atau keliling trapesium alangkah lebih baiknya kalau kita memahami terlebih dahulu trapesium itu sendiri.

Supaya teman-teman memiliki gambaran mengenai bentuk trapesium kami akan mencoba mendefinisikan apa yang disbeut dengan trapesium.

Jadi trapesium adalah salah satu jenis bangun datar dua dimensi yang memiliki empat buah rusuk, dimana dua di antaranya sejajar tetapi tidak sama panjang.

Dari definisi ini kita bisa membayangkan bagaimana bentuk trapesium itu. Untuk lebih jelasnya gambar- gambar tentang bentuk trapesium akan dijelaskan pada sub jenis-jenis trapesium.

Sifat-Sifat Trapesium

Berdasarkan pengertian dari trapesium tersebut kita juga bisa merangkum sifat-sifat apa saja yang dimiliki oleh trapesium. Berikut ini kami uraikan sifat-sifat tersebut dalam beberapa poin, di antaranya adalah:

  • Trapesium memiliki sepasang sisi yang sejajar dan tidak sama panjang. Sisi yang terpanjang dinamakan sebagai alas trapesium.
  • Memiliki dua sudut yang berdekatan atau dalam matematika kita menyebutnya sebagai sudut dalam sepihak sebesar 180 derajat
  • Trapesium mempunyai jumlah seluruh sudut (4 sudut) sebesar 360 derajat
  • Dan terakhir memiliki 1 simetri putar

Jenis-Jenis Trapesium

Seperti yang telah kami jelaskan pada dasarnya trapesium memiliki dua sisi yang sejajar meskipun tidak sama panjang.

Dari pengertian ini bentuk yang terproyeksikan tentu tidak hanya satu bentuk. Karena dalam matematika membagi trapesium dalam beberapa jenis dimana masing-masing jenis tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Setiap jenis trapesium ini juga penting untuk dipahami, supaya nantinya tidak ada kejadian yang salah mengira penyebutan bangun datar. Atau menganggap bahwa bentuk A adalah trapesium sedangkan bentuk B, padahal keduanya adalah trapesium dengan jenis yang berbeda.

Berikut ini terdapat jenis-jenis trapesium beserta gambarnya supaya teman-teman bisa memahaminya dengan lebih mudah. yuk langsung saja kita lihat selengkapnya di bawah ini:

Trapesium Sama Kaki

Teman-teman bisa mendefinisikan trapesium sama kaki sebagai trapesium yang memiliki sepasang rusuk yang sama panjang, juga sepasang rusuk yang sejajar. Trapesium jenis ini hanya memiliki satu simetri lipat.

Berikut adalah gambar dari trapesium sama kaki:

Rumus Trapesium: Pengertian, Jenis, Rumus, Dan Contoh Soalnya
kimiamath.com

Trapesium Sembarang

Meskipun namanya sembarang tetapi bentuknya bukan sembarang bangun datar loh ya. Artinya bentuknya tetap mengikuti kaidah dasar trapesium.

Ciri dari trapesium sembarang yang mencolok dan dapat dengan mudah kita identifikasi adalah panjang keempat rusuknya yang tidak sama. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:

informazone.com

Trapesium Siku-Siku

Sebagaimana namanya, tentu trapesium ini juga akan memiliki sudut siku-siku. Hanya saja sudut siku-siku tersebut terdapat di dua sudut saja dan bukan empat sudut. Yuk coba deh lihat gambar di bawah ini:

Rumus Trapesium: Pengertian, Jenis, Rumus, Dan Contoh Soalnya
kimiamath.com

Rumus Luas Trapesium

Penjelasan mengenai pengertian, sifat, dan jenis sudah. Sekarang tiba saatnya kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung luas dari trapesium ini.

Pertanyaan tentang luas trapesium ini seringkali muncul loh dalam ujian-ujian saat di bangku sekolah. Karenanya para pelajar wajib banget untuk mempelajari terkait hal ini.

Dan tentu saja dalam ilmu matematika tentu terdapat suatu formula yang memudahkan kita dalam menghitung sesuatu, dan kita menyebutnya sebagai rumus. Begitu juga untuk menghitung luas trapesium ini kamu harus mengetahui rumus luasnya seperti di bawah ini:

luas= 1⁄2 x jumlah rusuk sejajar x tinggi

Rumus luas tersebut cukup sederhana dan mudah bukan. Rumus ini merupakan rumus dasar untuk menghitung trapesium. Tetapi terkadang dalam soal terdapat pertanyaan yang berkembang yang terlihat lebih rumit. Tetapi tentu saja rumus di atas tidak akan pernah berubah.

Rumus Keliling Trapesium

Dalam bangun datar tentu kita tidak perlu atau tidak mungkin untuk menghitung volume seperti bangun ruang. Tetapi yang bisa kita hitung selain luas dari bangun datar tersebut adalah kelilingnya.

Menghitung keliling trapesium berarti kita menghitung jumlah seluruh tepian bangun datar. Jadi ya kita bisa menghitung keliling dari sebuah trapesium dengan formula atau rumus yang lebih sederhana, yaitu dengan menambahkan keempat rusuk dari trapesium.

Secara jelasnya rumus trapesium dapat ditulis seperti di bawah ini:

Keliling Trapesium (K) = AB + BC + CD + DA

Contoh Soal Trapesium

Nah teman-teman baru saja mempelajari rumus trapesium baik rumus luasnya atau kelilingnya. Menurut kami akan lebih efektif penjelasan di atas jikalau disertai dengan contoh soalnya.

Supaya nantinya kalian juga bisa langsung berlatih mempergunakan rumus trapesium yang sudah dipelajari. Hanya saja contoh soal di bawah ini tentu saja hanya contoh kecil dari banyaknya ragam soal tentang trapesium. Tetapi paling tidak dengan soal ini kita bisa berlatih menghitung trapesium yang dasar.

Contoh 1

Jika sebuah trapezium yang mempunyai panjang sisi yang sejajar berturut – turut yaitu 4 cm dan 10 cm serta tinggi 5 cm.cari dan hitunglah luas trapezium tersebut !

Diketahui :

sisi sejajar = a1 = 4 cm,

b1 = 10 cm

t = 5 cm

ditanya : L = …?

Jawab :

L = ½ x (a1 + a2) x t

L = ½ x (4 cm + 10 cm) x 5 cm

L = ½ x 14 x 5

L = 35 cm2

Jadi, luas trapezium tersebut adalah = 35 cm2

Contoh 2

Jika sebuah trapezium yang mempunyai panjang sisi yang sejajar berturut – turut yaitu 12 m dan 32 m serta tinggi 10 m.cari dan hitunglah luas trapezium tersebut !

Diketahui :

sisi sejajar = a1 = 12 m,

a2 = 32 m

t = 10 m

ditanya : L = …?

Jawab :

L = ½ x (a1 + a2) x t

L = ½ x (12 m + 32 m) x 10 m

L = ½ x 44 x 10

L = 220 m2

Jadi, luas trapezium tersebut adalah = 220 m2

Soal 3

diketahui ada sebuah luas trapezium = 104 cm2, dan panjang sisi sejajarnya adalah 15 cm dan 11 cm. cari dan hitunglah tinggi trapezium tersebut !

Penyelesaian :

Diketahui :

a = 15 cm

b = 11 cm

L =104 cm2

ditanya : t =…?

Jawab :

t =2L : (a + b)

t =2. 104 : (15 + 11)

t =208 : 26

t =8 cm2

Jadi, tinggi trapezium tersebut adalah = 8 cm2

Penutup

Apakah rumus trapesium di atas memang rumit? ataukah hanya perlu waktu untuk memahaminya? Mungkin penjelasan kami yang sulit untuk dipahami?

Jika memang penjelasan di atas cukup rumit kami harus meminta maaf yang sebesar-besarnya. Tetapi di sisi lain kami juga berharap bahwa artikel ini sedikit banyak bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa kami sajikan. Terimakasih telah mengunjungi website kami, sampai ketemu lagi pada tulisan selanjutnya yaaa.

Oiya jika ada tambahan informasi mengenai rumus trapesium silahkan tuliskan di kolom komentar, supaya kita bisa belajar bersama. Sekali lagi smeoga bermanfaat, selamat dan semangat belajar, jangan lupa jaga kesehatan jiwa dan raga ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.