Rumus Mean Data Tunggal, Data Kelompok, Dan Contoh Soal Lengkap

Rumus Mean Data Tunggal, Data Kelompok, Dan Contoh Soal Lengkap
utakatikotak.com

Rumus Mean – Tentu bukan hal yang asing lagi ditelinga kita ketika mendengar rumus mean. Ya, materi terkait mean sudah pasti disinggung dalam bahasan banyak hal.

Seperti dalam matematika, statiska bahkan teknologi sekalipun dalam Microsoft excel. Mean pada bahasan materi statistika termasuk dalam analisis ukuran pemusatan data.

Data yang didapatkan dari suatu penelitian pasti jumlahnya sangat banyak, oleh sebab itu data yang disajikan menggunakan data kelompok. Sehingga data yang disajikan terlihat tidak rumit dan lebih sederhana, tentunya mudah untuk dibaca, dipahami atau dianalisis.

Tak hanya data kelompok saja, ada juga data tunggal. Tentunya data tunggal lebih sederhana daripada data kelompok karena hanya terdiri dari satu data sehingga untuk menganalisis atau mencari nilai mean cukup mudah dan tidak merepotkan.

Meskipun memiliki perbedaan dalam mencarai nilai mean tetapi pengertian nilai mean dalam data kelompok maupun data tunggal tetap sama.

Mean adalah nilai rata-rata dari sebuah data yang disajikan. Bahasan materi tentang mean tak lepas dari dua bahasan materi lainnya yakni materi modus dan median.

Tapi, disini hanya akan fokus membahas materi mean saja, baik itu dalam data tunggal maupun dalam data kelompok.

Nah, untuk memahami lebih dalam terkait mean, anda perlu mengetahui dan memahami rumus mean atau cara mencari nilai mean dalam kedua jenis data tersebut, namun, sebelum membahas rumus mean akan lebih baik jika mengulas atau menjelaskan lebih dulu tentang bentuk penyajian data kelompok.

Data kelompok ini dapat disajikan dalam berbagai bentuk, seperti bentuk tabel distribusi frekuensi, diagram batang, dan lainyang lainnya. Anda dapat menyimak bagaimana penyajian data kelompok dalam bentuk table dan diagram batang di bawah ini.

Penyajian Data Kelompok

Penyajian data kelompok dalam bentuk tabel distribusi frekuensi:

Rumus Mean Data Tunggal, Data Kelompok, Dan Contoh Soal Lengkap
kumpulanilmu.com

Penyajian data dalam bentuk diagram batang

Rumus Mean Data Tunggal, Data Kelompok, Dan Contoh Soal Lengkap
kumpulanilmu.com

Keterangan :

Banyak data kelas pertama = 6

Tb = batas bawah kelas = 39,5

P = panjang kelas = 10 (10 data)

Setelah mengetahui bagaimana penyajian data kelompok di atas, perlu juga untuk mengetahui rumus mean dalam data kelompok. Namun, di bawah ini akan dibahas terlebih dahulu rumus mean pada data tunggal.

Rumus Mean data Tunggal

Rumus Mean Data Tunggal, Data Kelompok, Dan Contoh Soal Lengkap
kumpulanilmu.com

Setelah mengetahui rumus mean (rata-rata) pada data tunggal, alangkah baiknya jika membahas juga terkait contoh soal serta pembahasannya. Supaya anda bisa lebih memahami dan lebih jelas bagaimana cara menghitung nilai mean.

Contoh Soal 

Hasil ulangan siswa kls 1 SMA mata pelajaran Matematika yang didapat dari salah seorang murid, selama satu semester, adalah:

7.5 , 8 , 7, 6.5 , 7 , 7 , 6.5 , 8 , 7.5 , 8 , 7 , 7

Maka tentukanlah nilai rata-rata (Mean) dari data tunggal dari nilai ulangan siswa tersebut?

Jawab :

Mean (Nilai rata-rata) dari soal diatas adalah:

Rumus Mean Data Tunggal, Data Kelompok, Dan Contoh Soal Lengkap
kumpulanilmu.com

Jadi nilai rata-rata (Mean) pada mata pelajaran Matematika yang didapat murid tersebut adalah: 7,25.

Rumus Mean data kelompok

Sebelum menentukan mean atau rata rata dari data kelompok maka kita perlu melakukan penjumlahan semua data lalu membaginya dengan banyaknya data tersebut.

Karena penyajian data kelompok diberikan dalam bentuk yang  berbeda, maka rumus untuk mencari nilai mean (rata rata) pada data kelompok sedikit  berbeda dan lebih rumit dibandingkan dengan rumus cara mencari nilai mean (rata rata) pada data tunggal. Rumus mean pada data kelompok dituliskan dengan persamaan di bawah ini.

Rumus Mean Data Tunggal, Data Kelompok, Dan Contoh Soal Lengkap
kumpulanilmu.com

Agar lebih mudah untuk memahami rumus mean data kelompok, silahkan anda menyimak contoh soal dan pembahasannya berikut ini.

Contoh Soal

Perhatikan data pada tabel di bawah ini

Nilai Frekuensi
31 – 40 3
41 – 50 5
51 – 60 10
61 – 70 11
71 –  80 8
81 –  90 3

Nilai mean (rata-rata) dari data pada tabel tersebut adalah……

  1. 60,75
  2. 61,75
  3. 62,75
  4. 63,75
  5. 64,75

Pembahasan:

Untuk menentukan rata-rata dari suatu kelompok, kita membutuhkan nilai tengah dari masing-masing kelas. Nilai tengah dari masing-masing kelas dapat diperoleh menggunakan rumus berikut.

Xi = Ta + Tb

2

Keterangan:

Ta = batas kelas atas

Tb = batas kelas bawah

Sehingga nilai tengah masing-masing kelas adalah sebagai berikut:

kumpulanilmu.com

Kemudian hasil perkalian nilai tengah masing-masing kelas dan frekuensinya dapat dilihat pada tabel distribusi frekuensi di bawah.

Nilai Frekuensi (fi) Xi fx Xi
31 – 40 3 35,5 106,5
41 – 50 5 45,5 227,5
51 – 60 10 55,5 555
61 – 70 11 65,5 720,5
71 –  80 8 75,5 604
81 –  90 3 85,5 256,5
Jumlah 40 Jumlah 2470

Sehingga nilai mean (rata-rata) data kelompok tersebut adalah:

2470/20 = 61,75

Jawaban : B (61,75)

Penutup

Bagaimana? Apakah anda sudah paham terkait pembahasan rumus mean di atas? Cukup mudah bukan untuk menghitung nilai mean (rata-rata) pada data tunggal maupun data kelompok?.

Anda juga bisa mencoba untuk mengerjakan dan belajar soal-soal serta pembahasan materi rumus mean (rata-rata) sendiri ataupun bisa bersama teman belajar ya.

Dengan mencoba mengerjakan banyak soal anda akan lebih menguasai bagaimana cara menghutung nilai mean (rata-rata) dengan baik dan tanpa melihat rumus lagi. Sekian dulu ya pembahasan mengenai rumus mean (rata-rata), sampai jumpa pada bahasan selanjutnya!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.