Kumpulan Rumus Excel Terlengkap Yang Sering Digunakan

Kumpulan Rumus Excel Terlengkap Yang Sering Digunakan
mjurnal.com

Rumus excel?

Semakin hari teknologi semakin berkembang pesat yang mana pada akhirnya berguna untuk memudahkan kita dalam melakukan sesuatu.

Kemudahan ini kita rasakan pada hampir semua aspek kehidupan. Salah satunya yaitu adanya program microsoft office. Microsot office ini sendiri pun memiliki banyak macamnya beserta fungsinya masing masing.

Misal microsoft word memudahkan kita untuk membuat dokumen dokumen, atau juga microsoft power point yang bisa membantu kita dalam menyajikan presentasi.

Ada pula program microsoft excel yang akan memudahkan kita dalam mengolah data, grafik, strategi marketing, dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini kami tidak akan membahas semua proram microsof office yang ada, melainkan kami hanya akan fokus pada program microsoft excel.

Bagi beberapa orang yang sering menggunakan microsoft office, microsoft excel dianggap sebagai proram yang tersulit dibanding lainnya.

Karena untuk mengolah data pada microsoft excel ini biasanya teman teman akan menjumpai rumus rumus. Meskipun pada dasarnya justru rumus ini lah yang bisa memudahkan dan mempercepat kita dalam mengolah data tersebut.

Misalnya ketika kita ingin menjumlahkan angka tertentu di microsoft excel kita tak perlu menghitung satu persatu angka tersebut, kita bisa langsung menjumlahkan semuanya dengan menggunakan sebuah rumus.

Masih banyak juga rumus rumus lainnya yang bisa membantu teman teman loh. Untuk itu pada artikel kali ini kami juga akan memberikan informasi terkait rumus excel yang biasanya digunakan untuk mengolah data.

Tidak hanya itu untuk teman teman yang masih asing dengan microsoft excel kami juga akan membagikan informasi singkat terkait microsoft excel dan apa saja fungsi fungsinya.

Oleh karena jangan lupa simak artikel ini sampai habis ya, karena siapa tahu dengan mengetahui rumus excel di bawah ini teman teman jadi lebih mudah dalam menggunakan microsoft excel.

Apa Itu Microsoft Excel?

Microsoft excel merupakan program lembar kerja yang dibuat oleh microsoft croporation. Salah satu bagian dari microsoft office ini memiliki berbagai macam fitur seperti kalkulasi, tabel, dan pembuatan grafik.

Aplikasi ini bisa hanya bisa digunakan untuk sistem operasi microsoft windows, MAC OS X, dan IOS. Dan beruntungnya sistem operasi tersebut memang merupakan yang paling banyak digunakan saat ini.

Sehingga dengan kata lain microsoft excel ini adalah aplikasi yang sangat mudah untuk ditemui dan sering digunakan sekarang ini.

Apa Saja Manfaat Microsoft Excel?

Kumpulan Rumus Excel Terlengkap Yang Sering Digunakan
informazone.com

Sebelumnya telah sedikit dijelaskan apa itu microsoft excel, nah tibaah saatnya kami memberikan informasi lanjutan yaitu menfaat microsoft excel, meskipun sebelumnya pun telah disinggung. Tetapi untuk lebih detailnya manfaat tersebut bisa dilihat di bawah ini:

Operasi tabel

Jika teman teman ingin membuat tabel dengan jumlah yang sangat banyak microsoft office adalah jawabannya. Pada microsoft word teman teman memang bisa memasukkan atau membuat tabel hanya saja jumlahnya terbatas.

Dan tentunya tidak semudah membuat tabel dalam microsot excel, karena memang fungsi atau manfaat dari excel sendiri salah satunya adalah memudahkan kita dalam membuat dan mengoperasikan tabel.

Terdapat 1.084.576 jumlah baris dan 16.384 jumlah kolom yang bisa kita manfaatkan pada microsoft excel. Sehingga teman teman tidak akan kesulitan lagi dalam memasukkan data yang sangat banyak. kita juga tak perlu menghapus atau menambah kolom dan baris seperti pada microsoft word.

Kalkulasi matematis

Fungsi atau manfaat dari excel yang membuat kami merasa sangat bersyukur dengan adanya excel ini adalah yang berhubungan dengan hitungan matematis.

Excel bisa berfungsi layaknya kalkulator yang bisa menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan lain sebagainya.

Sehingga data data yang telah diinput dalam excel bisa dihitung dengan sangat cepat dan pastinya akurat asalkan teman teman mengetahui formula atau rumus yang tepat.

Karenanya tak heran jika para guru, pebisnis, dan lain sebagainya pasti menggunakan excel dalam mengelola data yang berhubungan dengan kalkulasi matematis. Sangat menarik bukan, masih ada beberapa manfaat lainnya loh jadi simak terus.

Bidang akuntansi

Untuk teman teman yang bekerja di bidang akuntansi microsoft excel adalah program yang sangat sering digunakan. Dalam bidang ini excel bisa membantu kita untuk menghitung jumlah rugi dan laba dari suatu perusahaan.

Selain itu excel juga bisa memudahkan kita untuk menemukan besar keuntungan selama satu periode, atau juga bisa membantu menghitung gaji karyawan dengan mudah dan cepat, serta manfaat lainnya yang mempermudah pekerjaan kita.

Pengelolaan data

Manfaat selanjutnya yang bisa kita dapatkan dari excel adalah terkait denan pengelolaan data. Teman teman yang sering melakukan penelitian pun dapat mengelola data melalui microsoft exce loh.

Di dalam pengelolaan data ini kita bisa mencari nilai maksimum dan minimun dari suatu data. Selain itu kita juga bisa menghitung data dan mencari nilai tengah, atau rata rata.

Pada intinya microsoft excel ini bisa membantu teman teman dalam mengelola data base statistik. Jadi untuk yang ingin bekerja atau belajar sesuatu yang berhubungan dengan statistik, biasakan diri untuk menggunakan microsoft excel.

Pembuatan grafik

Grafik adalah sesuatu yang sering kita temui untuk menggambarkan suatu kondisi tertentu tinggi atau rendah, meningkat atau berkurang, dan lain sebagainya.

Hampir pada semua hal grafik menjadi hal yang sangat lumrah ditemui. Nah untuk kalian yang ingin membuat grafik, microsoft excel adalah aplikasi yang memiliki fitur tersebut.

Kalian bisa membuat grafik apa saja seperti grafik kunjungan siswa ke ruang BK dalam satu tahun, kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, jumlah penduduk, jumlah siswa, dan lain sebagainya.

Jadi sangat jelas bahwa excel memiliki fitur yang memiliki banyak manfaat untuk kita dalam banyak hal pula. Dan mau tidak mau suka tidak suka microsoft excel ini sangat dibutuhkan hampir dalam semua pekerjaan.

Jadi untuk teman teman yang belum terbiasa menggunakan excel yuk mari belajar bersama sama paling tidak kita menguasai benar dasar dasar dari penggunaan microsoft excel ini.

Rumus Excel Terlengkap

Salah satu hal yang dianggap sulit dalam mempelajari microsoft excel adalah dengan adanya rumus rumus yang ada. Rumus rumus ini biasanya digunakan dalam mengelola data statistik, atau juga yang berhubungan dengan matematis.

Di bawah ini akan kami uraikan rumus-rumus excel yang biasa diunakan dengan sepadat dan sejelas mungkin supaya mudah dipahami dan tidak membuat yang bingung malah semakin bingung.

Kami sarankan supaya teman teman bisa mudah memahami, buka lembar kerja pada excel supaya kalian bisa mengaplikasikan langsung rumus rumus tersebut ke dalam microsoft excel.

Rumus Excel: AVERAGE

Secara singkat rumus ini berfungsi untuk mencari nilai rata rata dari suatu variabel. Adapun penggunaan rumus AVERAGE dapat dilihat pada penjelasan berikut

Misalnya ketika kalian ingin mengetahui rata rata nilai ujian kalian. Buat tabel dan masukkan nilai ujian setiap mata pelajaran. Setelah itu ketikkan rumus =AVERAGE dan diikuti dengan mengklik tabel berisi nilai ujian yang ingin dicari nilai rata ratanya. Contoh: =AVERAGE(B2:E4). Jangan lupa tambahkan tanda kurung. Kalau formula sudah pas silahkan tekan enter dan hasilnya akan langsul muncul.

Kumpulan Rumus Excel Terlengkap Yang Sering Digunakan
jurnal.com

SUM

Fungsi dari rumus ini adalah untuk menjulahkan sesuatu. Dengan adanya rumus ini kita bisa mengetahui jumlah sesuatu dengan cepat.

Cara mengunakan rumus SUM adalah mengetikkan =SUM terlebih dahulu lalu masukkan data yang ingin dijumlahkan, tambahkan tanda kurung dalam data tersebut, lalu tekan enter. Contoh akhir dari penulisan formula tersbeut adalah =SUM(D5:F6)

Kumpulan Rumus Excel Terlengkap Yang Sering Digunakan
jurnal.com

AND

Rumus selanjutnya adalah AND, fungsinya adalah untuk menguji apakah argumen yang ada adalah benar atau salah. Jika argumen tersebut benar maka akan muncul tulisan TRUE, sedangkan jika salah yang muncul adalah tulisan FALSE.

Ringkasnya rumus ini digunakan untuk mencari nilai dengan perbandingan DAN. Adapun Penggunaan rumusnya sama seperti formula pada rumus sebelumnya =AND (masukkan cell argumen yang ingin diuji).

Contohnya: =AND(B5-D3)

Rumus Excel: OR

Rumus ini masih berhubungan dengan pengujian argumen. Hanya saja fungsinya sedikit berbeda. OR digunakan untuk mencari nilai dengan perbandingan ATAU.

Pada rumus OR, jika beberapa argumen benar maka akan menghasilkan TRUE, sedangkan jika semua argumen salah akan menghasilkan FALSE.

Contoh: =FALSE (E4:D5)

Rumus Excel: NOT

Selanjutnya adalah rumus NOT. Rumus ini juga untuk memberikan keterangan dari argumen yang ada. Hanya saja fungsinya berkebalikan dengan rumus AND. Digunakan untuk mencari nilai dengan perbandingan PENGECUALIAN.

Pada rumus NOT akan menghasilkan TRUE kalau argumen yang diuji tersebut adalah salah, dan sebaliknya jika argumne tersebut adalah benar maka hasil yang muncul adalah FALSE. Jadi jangan sampai tertukar loh ya.

Contoh: =NOT(F5:H6)

Rumus Excel: AREAS

Nah jika kalian ingin mencari dan menunjukkan jumlah area dalam suatu refrensi (range dan cell), rumus yang harus digunakan adalah rumus AREAS.

Rumus Excel: CHOOSE

Sedangkan rumus CHOOSE digunakan untuk menunjukkan hasil pilihan yang berdasarkan urutan, nomor indeks, data teks, numeric, formula, atau nama range.

Rumus Excel: HLOOKUP

Fungsi HlOOKUP adalah untuk mencari atau menmapilkan data suatu tabel yang disusun dengan format mendatar. Penyusunan tabel tersebut harus diurutkan berdasarkan urutan terkecil ke terbesar.

Kalau sebelumnya data tersebut adalah acak silahkan urutkan dengan menu Ascending. Contoh formula HLOOKUP: =HLOOKUP(D6;F5;G14;8)

VLOOKUP

Jika sebeumnya dapat menampilkan data secara horizontal, fungsi VLOOKUP ini akan menampilkan data dari suatu tabel secara vertikal atau tegak.

Penyusunan tabel ini sama seperti sebelumnya harus diurutkan dari yang kecil ke yang besar. Atau untuk memudahkannya langsung pilih menu ascending.

SINGLE IF

Rumus ini berfungsi untuk mengembalikan nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH. Selain itu juga dapat mengembalikan nilai jika kondisi tersebut SALAH/FALSE.

MULTI IF

Seperti halnya SINGLE IF, MULTI IF juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengembaikan nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH. Hanya saja MULTI IF digunakan jika terdapat dua kondisi atau lebih.

Contoh formula: =IF(D5>34; “STOK AMAN” ;IF(D4>35; “STOK AMAN” ;IF(D6<35; “REQ STOK”)))

MATCH

Rumus ini digunakan ketika teman teman ingin menampilkan posisi alamat sel yang sudah ditetapkan sebelumnya dalam sebuah kelompok data.

COUNT IF

Kalau kamu ingin mengetahui berapa jumlah data berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan kamu bisa menggunakan rumus COUNT IF.

Fungsi dari rumus ini adalah menghitung jumlah sel pada suatu range dengan kriteria tertentu. untuk penggunaan rumus ini adalah dengan mengetikkan =COUNTIF(range;kriteria) lalu klik enter. Setelah itu akan terlihat hasilnya.

Rumus Excel: COUNTA

Berbeda dengan rumus COUNT IF, COUNTA digunakan ketika kamu ingin mengetahui jumlah sel yang sudah terisi.

Kumpulan Rumus Excel Terlengkap Yang Sering Digunakan
umardanny.com

UPPER

Rumus sederhana yang juga sering digunakan dalam dunia kerja adalah rumus UPPER. UPPER digunakan untuk mengubah semua text dengan huruf kecil menjadi huruf besar atau kapital semuanya.

LOWER

Sedangkan lower kebalikan dari UPPER. LOWER akan mengubah semua text yang menggunakan huruf kapital menjadi huruf kecil semua.

PROPER

Nah kalau teman teman hanya ingin mengubah huruf pertama menjadi huruf besar dan setelahnya adalah huruf kecil maka rumus yang bisa digunakan adalah PROPER.

Contoh penggunaan: =PROPER (E5)

Kumpulan Rumus Excel Terlengkap Yang Sering Digunakan
rumusexceltalenta.com

Penutup

Bagaimana artikel tentang rumus excel ini? apakah informasi di atas mudah dipahami dan cukup membantumu dalam menggunakan microsoft excel?

Kami berharap demikian. Semoga paling tidak setelah ini teman teman tidak merasa kesulitan dalam mengaplikasikan rumus excel tersebut.

Jika masih ada kekurangan kami memohon maaf, dan kalau teman teman memiliki informasi tambahan atau ingin mengoreksi informasi di atas bisa langsung tulis di kolom komentar ya.

Jadi cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat. Dan selamat beraktifitas. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.