Persamaan Nilai Mutlak Beserta Contoh Soal Yang Mudah Dipahami

Persamaan Nilai Mutlak Beserta Contoh Soal Yang Mudah Dipahami
saintif.com

Persamaan nilai mutlak – Halo halo kembali lagi kami hadir untuk memberikan informasi untuk para pembaca sekalian. Dan pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan mencoba mengulas tentang persamaan nilai mutlak.

Sebenarnya materi ini bisa kita jumpai pada mata pelajaran matematika di bangku sekolah ya. Tetapi memang terkadang materi di sekolah barangkali belum cukup untuk membuat kita benar-benar paham, sehingga kita butuh tambahan informasi di internet yang bisa menambah pemahaman.

Bagi teman-teman yang sudah lama melalui bangku sekolah dan ingin mengingat dan mencari tahu lagi mengenai persamaan nilai mutlak, juga bisa ikuti tulisan pada artikel ini sampai habis.

Karena memang belajar tidak pernah kenal usia, kita bisa belajar apa saja pada usia kapan saja. Jadi tak perlu malu untuk belajar materi yang mungkin anak sekolahan juga bisa.

Untuk teman-teman yang sudah lupa atau malah baru pertama kali mendengar apa itu nilai mutlak juga jangan khawatir ya.

Sebab pada tulisan ini kami akan menyajikan beberapa informasi dasar tentang nilai mutlak, seperti pengertiannya, sifat-sifatnya, dan tentu saja contoh soalnya.

Tanpa berlama-lama lagi yuk langsung saja kita simak materi matematika tentang persamaan nilai mutlak di bawah ini.

Apa Itu Nilai Mutlak?

Persamaan Nilai Mutlak Beserta Contoh Soal Yang Mudah Dipahami
sumberpengertian.id

Baiklah mari kita mulai materi ini dengan hal yang sederhana dan dasar terlebih dahulu ya. Jadi nilai mutlak secara sederhananya bisa didefinisikan sebagai nilai suatu bilangan riil, dimana cirinya tidak ada tanda plus atau minus.

Contohnya nih jika kita ditanya berapa nilai absolut atau mutlak dari 3? Maka jawabannya adalah 3. Lalu berapakah nilai absolut dari -3? Maka jawabannya tetap sama yaitu 3.

Sampai sini sudah paham dong ya tentunya, mari kita lanjut dengan apa itu persamaan nilai mutlak. Jadi kalau persamaan nilai mutlak adalah nilai mutlak dari sebuah bilangan yang bisa disebut sebagai jarak bilangan yang menuju titik 0 pada garis bilangan.

Sifat Persamaan Nilai mutlak

Sebelum mengetahui sifat persamaan nilai mutlak, teman-teman harus tahu bahwa seperti yang dijelaskan di atas nilai mutlak dari suatu bilangan x adalah jarak bilangan tersebut terhadap titik 0 pada garis bilangan tanpa peduli arahnya.

Jadi kalau mislkan nilai x = 5 maka terdapat dua penyelesaian, yaitu x = -5 dan x = 5. Karena tanpa memperhatikan arahnya keduanya berjarak 5 unit pada garis bilangan.

Lalu sekarang bagaimana persamaan nilai mutlak tersebut? jadi jika x adalah bentuk aljabar dan k merupakan bilangan riil positif, maka nilai x = k. Dan penyelesaiannya pun ada dua x = k dan x = -k.

Persamaan Nilai Mutlak Beserta Contoh Soal Yang Mudah Dipahami
saintif.com

Sifat Perkalian Nilai Mutlak

Selain sifat yang sudah disebutkan di atas, ada juga sifat perkalian nilai mutlak loh. Bagaimana sih sifat perkalian tersebut Jadi jika A dan B merupakan bentuk aljabar, maka [AB] = [A] [B]. Sehingga jika A = -1 maka berdasarkan sifat perkalian tersebut [-B] = [-1] [B].

Contoh Soal

Nah kalau teman-teman masih bingung tentang penjelasan mengenai persamaan nilai mutlak di atas yuk langsung saja perhatikan contoh soal di bawah ini:

Selesaikan persamaan berikut ini: -6 [x-3] + 4 = -15

Penyelesaian:

-4 [x – 8] + 4        = -12

-4 [x – 8]              = -12 – 4

-4 [x – 8]              = – 16

[x -8]                     = -16/ -4

[x – 8]                   = 4

Setelah mengetahui nilai [x – 3], lalu perhatikan bahwa “x” merupakan sifat pada persamaan nilai mutlak tersebut, sehingga penyelesainnya ada dua:

X – 8      = – 4                      atau                       x – 8       = 4

X             = –4 + 8                                               x – 8       = 4 + 8

X             = 4                                                          x              = 12

Jadi, dengan demikian himpunan penyelesaian dari soal di atas adalah {4, 12}

Penutup

Setelah membaca penjelasan di atas, bagaimana? Apakah teman-teman sudah mulai tercerahkan? Atau malah bingung nih?

Semoga teman-teman bisa terbantu untuk memahami nilai mutlak, dengan adanya artikel ini. Tetapi meskipun masih bingung, itu wajar saja karena memang tidak semua pembelajaran bisa langsung dipahami.

Karenanya kami juga meminta maaf kalau penjelasan kami yang sulit menjadi faktor kebingungan teman-teman dalam mempelajari materi ini.

Kami tetap berharap sedikit banyak artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.  Jadi demikianlah artikel yang bisa kami sajikan. Sekali lagi semoga bermanfaat, selamat dan semangat belajar terus yaa hehe.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.