Ulasan Mengenasi Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan

apahabar.com

Pengertian wirausaha adalah seseorang yang dengan inisiatifnya memperhatikan resiko kerugian keuangan yang mungkin dideritanya saat mendirikan suatu usaha kelolaannya sendiri. dapat diartikan juga sebagai seorang wiraswasta yang menjalankan usaha.


Pengertian Wirausaha



Wiraswasta sendiri berarti orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, dan mengatur permodalannya. Singkatnya seorang wiraswasta haruslah orang yang mempunyai skill jual beli dan juga kreativitas.

ukmsumut.com

Konsep Wirausaha

Di dalam wirausaha haruslah terdapat tiga kemampuan sekaligus, yakni kemampuan dalam membeli, membuat, dan menjual. Membeli kaitannya dengan proses membeli bahan dari pemasok untuk proses internal. Kemampuan membuat tentu agar ia memiliki nilai tambah dan kemampuan menjual tentu kepada pelanggan.

jurnal.id

Kewirausahaan

Wirausaha atau enterpreneur dapat dikatakan sebagai seorang inovator yang menggabungkan teknologi yang berbeda serta konsep-konsep bisnis untuk menghasilkan barang maupun jasa. Dimana ia mampu menggerakkan setiap kesempatan yang menguntungkan, menyusun konsep strategi perusahaan, dan tentu berhasil menerapkan ide-idenya.

Tak hanya itu, wirausaha juga bagi mereka yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat untuk maju. Termasuk juga mereka yang berani mengambil resiko, mengkoordinasi kegiatan, mengelola modal, atau sarana produksi, mengenalkan fungsi produksi baru, dan mereka yang memiliki respon kreatif serta inovatif terhadap perubahan.

contohusaha.com

Kewirausahaan atau enterpreneurship merujuk kepada kepribadian tertentu, yakni pribadi yang mulia dan mampu berdiri di atas kemampuannya sendiri. Mereka juga mampu mengambil keputusan untuk dirinya sendiri serta mampu menerapkan tujuan yang ingin dicapainya atas pertimbangan sendiri.

Setiap usaha yang dijalankan oleh para enterpreneur bahkan oleh mereka yang sukses dimulai dengan adanya semangat kewirausahaan. Enterpreneur bukanlah sekedar berdagang, namun lebih jauh dan dalam dari itu. Kata itu berkenaan dengan mental manusia, rasa percaya diri, efisiensi waktu, kreativitas, ketabahan, keuletan, kesungguhan, dan moralitas dalam menjalankan usahanya.

Aspek yang Dimiliki Wirausahawan

satujam.com

1. Lebih suka risiko yang moderat

2. Menyenangi pekerjaan yang berkaitan dengan proses mental dan tujuannya adalah mencapai prestasi pribadi.

3. Kemampuan inovasi serta kreativitas.

4. Cenderung berfikir panjang atau visioner dan memiliki potensi melakukan visinya yang jauh kedepan.

5. Mandiri

Falsafah Wirausaha

Keberhasilan seorang wirausaha ditentukan oleh rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukannya. Kekuatan itu bergantung pada kesediaannya pada diri sendiri. Kegagalan dan keberhasilan dalam usaha harus diterima sebagai pengalaman karena keberhasilan merupakan hasil dari segala usaha yang tidak kenal lelah.

binisto.com

Tujuan usaha harus dicapai dengan mempertimbangkan kemampuan diri terlebih dulu. Terimalah diri apa adanya, perhatikan kemampuan yang ada, termasuk juga kelemahan yang ada pada diri kita. Orientasi kepada tujuan akan mendorong kemunculan sifat-sifat yang positif. Hasil yang dapat diterima tentu juga jauh lebih penting daripada hasil yang sempurna.

Kreativitas, Inovasi, dan Komitmen

Setiap aspek bisnis dan industri akan selalu dihadapkan dengan lingkungan dan masalah baru. Salah satu jawaban untuk masalah ini adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mencakup kreativitas, kompetensi, motivasi, dan komitmen individu.

Kreativitas meliputi aspek pembuatan sesuatu yang baru, proses penemuan ide, kombinasi dan asosiasi antara pengalaman dari berbagai disiplin ilmu. Seorang yang kreatif juga harus meninggalkan pola pikir tradisional, berfikir out of the box, memiliki banyak ide baru, dan beberapa hal lainnya.

mello.id

Inovasi berarti pengenalan ke suatu hal yang baru. Orang yang inovatif ditandai dengan kecenderungan memperkenalkan gagasan, metode, peralatan, serta prosedur barang atau jasa baru yang lebih baik dan bermanfaat. Inovasi merupakan suatu fungsi khusus dari kewirausahaan.

Komitmen merupakan pengikat antara individu dengan sebuah istitusi, gagasan, maupun proyek. Kaitannya komitmen dengan wirausaha adalah besarnya usaha atau tenaga, waktu, dan pikiran sejalan dengan tingginya tingkat komitmen orang tersebut terhadap usahanya.

 
 

 

Keyword: Pengertian Wirausaha, Usaha

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.