Pengertian Variabel Secara Ringkas dalam Berbagai Bidang

Pengertian Variabel Secara Ringkas serta Bahasan Tentang Jenis Variabel
Contohcontoh.club

Pengertian variabel menurut KBBI adalah dapat berubah ubah, berbeda-beda, atau bermacam-macam. Bisa juga dikatakan sebagai sesuatu yang dapat berubah atau sebagai faktor maupun unsur yang ikut menentukan perubahan.


Pengertian Variabel



Kaitannya dengan ilmu bahasa, variabel dapat diartikan sebagai satuan bahasa yang paling terpengaruh oleh variasi sosial dan stilistis dalam jangka panjang mudah berubah. Arti lainnya adalah kelas kata yang dapat menyatakan hubungan gramatikal dengan perubahan bentuk, dalam hal ini kelas nomina, verba, dan adjektiva.

Variabel dalam Keuangan

Pada istilah keuangan atau ekonomi, yang dimaksud dengan variabel adalah lambang himpunan bilangan tertentu yang sedang dipersoalkan. Dalam himpunan bilangan y = 2+5x, x merupakan lambang bagi satu gugus bilangan yang sedang dipersoalkan (variabel). Sementara biaya variabel merupakan biaya perusahaan yang besarnya sesuai dengan volume kegiatan usaha.

dictio.id

Variabel dalam Matematika

Di dalam Matematika, yang dikatakan sevagai variabel adalah nilai yang dapat berubah dalam suatu cakupan soal atau himpunan operasi yang diberikan. Kebalikan dari variabel adalah konstanta, yakni nilai yang tidak berubah meskipun sering kali tidak diketahui atau tidak ditentukan.

Konsep konstanta dan variabel merupakan hal yang fundamental bagi banyak cabang matematika dan ilmu terapannya. Suatu konstanta dalam konteks ini tidak boleh dikaburkan dengan konstanta matematika. Dimana konstanta matematika merupakan suatu bilangan tertentu yang tidak bergantung kepada cakupan soal yang diberikan.

Terdapat variabel bebas dan variabel terikat dalam ilmu matematika. Variabel bebas dipandang sebagai input atau masukan bagi suatu sistem serta dapat diambil dari sembarang nilai secara bebas. Sementara variabel terikat merupakan nilai yang beruba-ubah sebagai dampak dari perubahan nilai-nilai lain dalam sistem tersebut.

Ketika sebuah nilai sepenuhnya ditentukan oleh nilai lain, maka nilai yang ditentukan itu disebut fungsi dari nilai lain. Di kasus ini, nilai fungsi adalah variabel terikat dan nilai lain adalah variabel bebas. Notasi f(x) digunakan untuk nilai fungsi f dengan x menyatakan variabel bebas. Sama halnya dengan notasi, seperti f(x,y,z) dapat digunakan ketika beberapa variabel bebas tidak sama satu dengan yang lain.

Variabel dalam Ilmu Komputer

satujam.com

Pada lingkup pemograman komputer, variabel merupakan lokasi penyimpanan dan terkait dengan nama simbolis yang berisi beberapa kuantitas yang diketahui atau diketahui mungkin juga informasi nilai. Nama variabel adalah cara biasa untuk referensi sebuah nilai yang disimpan.

Pemisahan nama dan konten ini memungkinkan nama yang akan digunakan secara terpisah dari informasi tepat yang diwakilinya. Nama variabel dalam kode sumber komputer adalah pengenal yang dapat terikat ke nilai selama waktu berjalan dan nilai yang dapat berubah selama program eksekusi.

Pengertian Variabel dalam Penelitian

romadecade.org

Variabel penelitian adalah segala sessuatu yang ditetapkan oleh peneliti dengan tujuan untuk dipelajari sehingga peneliti mendapatkan informasi mengenai hal itu dan bisa ditarik sebuah kesimpulan. Kedudukan variabel dalam sebuah penelitian sangatlah penting karena tidak memungkinkan bagi seorang peneliti melakukan penelitian tanpa variabel.

Para ahli mendefinisikan variabel penelitian sebagai kondisi-kondisi yang telah dimanipulasi, dikontrol, atau diobservasi oleh seorang peneliti dalam sebuah penelitiannya. Sebagian ahli juga berpendapat bahwa yang dikatakan variabel adalah segala sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan dalam sebuah penelitian.

Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat diartikan bahwa variabel penelitian meliputi faktor-faktor yang berperan ketika proses penelitian itu terjadi. Dimana variabel penelitian ini sangat ditentukan oleh landasan teoritis dan kejelasannya yang ditegaskan oleh hipotesis penelitian. Oleh karena itu, apabila landasan teori dalam suatu penelitian berbeda, maka akan berbeda pula hasil variabelnya.

Setelah itu variabel-variabel yang akan digunakan perlu penetapan, klasifikasi, dan identifikasi. Luas dan sempitnya variabel penelitian juga dapat menentukan jumlah variabel yang digunakan. Perlu digaris bawahi, terdapat perbedaan variabel antara penelitian ilmu eksak dengan ilmu sosial.

Keyword: pengertian variabel

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.