Perkembangan Pengertian Teknologi Seiring dengan Budaya Masyarakat

Perkembangan Pengertian Teknologi Seiring dengan Budaya Masyarakat
jagad.id

Pengertian Teknologi – Perkembangan gaya hidup tak lepas dari semakin pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Jika zaman dahulu kala untuk berpindah dari Jakarta ke Sumatera memerlukan waktu berhari-hari, kini dapat ditempuh hanya dalam satu jam menggunakan pesawat terbang.

Gaya hidup modern, begitulah kini sebutan pola hidup manusia. Dimana banyak inovasi di bidang teknologi yang membuat ruang gerak kita menjadi lebih dinamis.

Teknologi mencakup ranah digital, transportasi, media sosial, hiburan, dan elektronik dan lain sebagainya. Induk utama dari munculnya inovasi baru di setiap ranah adalah perkembangan dunia digital melalui internet.

Internet semakin mempermudah segala transaksi dalam bidang apapun. Seperti halnya pembayaran tagihan listrik, pemesanan tiket kereta, hingga untuk sarana berkomunikasi.


Penjelasan Pengertian Teknologi


talenta.co

Secara umum teknologi diartikan sebagai hasil karya manusia dalam mengolah dan memanfaatkan alam sekitar secara lebih maksimal. Teknologi adalah inovasi yang pada akhirnya bertujuan untuk mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan.

Secara etimologi kata teknologi berasal dari bahasa Yunani “techne” artinya keahlian dan “logia” artinya pengetahuan. Jika diuraikan maka secara bahasa pengertian teknologi adalah pengetahuan yang memerlukan keahlian dimana mengacu pada objek benda.

Cakupan teknologi sangat luas mulai dari sistem, organisasi, hingga teknik perkembangannya. Oleh karena itu teknologi dapat juga dikatakan sebagai sebuah konsep dalam merancang sesuatu. Secara umum teknologi berkaitan dengan penggunaan suatu alat dalam menunjang kebutuhan manusia.

Dalam bahasa Latin kata teknologi berasal dari kata “texere” yang artinya menyusun atau membangun. Hal ini semakin memperluas pengertian teknologi dimana orang awam kebanyakan mendefinisikannya sebagai perihal yang berkaitan dengan penggunaan mesin.

Lebih luas lagi kini kita mengenal istilah teknologi informasi, sebuah konsep yang berkaitan dengan data dalam menghasilkan informasi berkualitas. Informasi sendiri didefinisikan sebagai rekaman fenomena yang diamati berupa putusan, kabar, atau berita yang dibuat.

Istilah lainnya terkait teknologi adalah teknologi medis, teknologi konstruksi, teknologi pangan, teknologi mesin, dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi sangatlah luas, bahkan dalam hal perkembangan ekonomi sekalipun.

Pada intinya teknologi mampu merubah dunia, mulai dari konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana, penemuan teknologi pengobatan, hingga penemuan internet yang kini mempermudah semua aktivitas manusia.

Perkembangan Definisi Teknologi

jurnalponsel.com

Sebagai Barang Buatan Manusia

Definisi ini terjadi di awal mula manusia mulai mengenal alat seperti kapak, palu, pengungkit, maupun perahu. Dalam catatan sejarah alat-alat pertama yang dibuat manusia tersebut dikenal dengan teknologi tertua.

Setiap barang yang dibuat tersebut didasarkan pada kebutuhan manusia yang terus berkembang. Tercatat manusia mulai mengenal teknologi (membuat barang) pada masa revolusi neolitik. Dimana manusia pada kala itu hidup nomaden, mengembara, berburu, dan mengembangkan hasil pertanian.

Sebagai Kegiatan Manusia

Seiring berkembangnya zaman pengertian teknologi sebagai barang buatan manusia dianggap terlalu sempit. Karena barang buatan hanyalah bentuk hasil akhir dari sebuah rangkaian kegiatan. Sementara itu penjelasan mengenai apa dan bagaimana proses barang tersebut dibuat juga harus dijelaskan.

Sehingga muncul pendapat bahwa teknologi adalah bagian dari kegiatan manusia, baik itu dalam hal membuat sebuah barang ataupun menggunakan.

Sebagai Kumpulan Pengetahuan

Perkembangan selanjutnya teknologi adalah bagian dari kumpulan pengetahuan. Menurut Tom Burns teknologi sebagai kumpulan pengetahuan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Pengetahuan yang masih terdapat pada bangsa yang terbelakang atau kurun masa sebelum industrialisasi zaman modern.
  • Pengetahuan yang telah bersangkut paut dengan masyarakat-masyarakat industri.

Pengertian teknologi sebagai kumpulan pengetahuan banyak diterima oleh para ahli teknologi dengan merumuskan definisi teknologi sesuai pengertian ini.

Sebagai Kebulatan Sistem

Peter Drucker menambahkan bahwa definisi teknologi dianggap sebagai kebulatan suatu sistem. Hingga kini pengertian teknologi disimpulkan sebagai rangkuman suatu rangkaian sarana, proses, dan ide disamping kaitannya dengan alat-alat ataupun mesin.


Itulah ulasan mengenai pengertian teknologi dan penjelasan singkatnya. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Teknologi

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.