Pengertian Tanggung Jawab Beserta Jenis jenisnya

Pengertian Tanggung Jawab Beserta Jenis jenisnya
shiftyourfamilybusiness.com

Pengertian Tanggung Jawab – Saat ditanya tentang kriteria pasangan seperti apa yang kamu inginkan. Pasti kebanyakan orang akan menjawab salah satunya yaitu bertanggung jawab.

Tanggung jawab merupakan salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Setidaknya rasa tanggung jawab harus ditanamkan sejak usia dini, minimal pembelajaran mengenai tanggung jawab terhadap diri masing-masing.

Ciri-ciri orang yang bertanggung jawab salah satunya yaitu menyadari setiap baik dan buruk dari segala tindakannya. Biasanya perasaan bertanggung jawab dibarengi oleh sifat rela berkorban yang juga melekat pada diri seseorang.


Pengertian Tanggung Jawab


chronicle.com

Diawali oleh rasa peduli kepada sesama dari situlah perasaan tanggung jawab dalam diri seseorang. Dalam KBBI tanggung jawab didefinisikan sebagai keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, memikul hingga memberikan jawaban dan menanggung akibatnya.

Menurut Abu dan Munawar (2007) pengertian tanggung jawab adalah bisa membedakan antaran benar dan yang salah, yang boleh dan yang dilarang, yang dianjurkan dan yang dicegah, hingga yang baik dan yang buruk.

Rasa tanggung jawab dapat meningkatkan kesadaran seseorang untuk selalu menjauhkan diri dari sifat-sifat negatif dan selalu memikirkan hal-hal yang bersifat positif. Lingkungan dan pergaulan juga berpengaruh besar dalam menanamkan tanggung jawab pada diri seseorang.

Wiyoto menjelaskan bahwa tanggung jawab merupakan kemampuan untuk membuat keputusan yang pantas dan efektif. Dari pengertian ini dapat dipahami bahwa tanggung jawab juga berbarengan dengan sifat kedewasaan dalam menentukan sebuah pilihan.

Dalam hubungan sosial tanggung jawab berarti mampu menetapkan pilihan yang terbaik dalam batas-batas yang sesuai dengan norma. Seseorang yang memiliki tanggung jawab akan mampu membangun hubungan yang positif antar sesama serta terhindar dari berbagai masalah.

Schiller dan Bryan (2002) menambahkan bahwa pengertian tanggung jawab adalah perilaku yang menentukan bagaimana bereaksi terhadap situasi di keseharian. Merupakan sikap dalam menentukan sebuah keputusan yang berkaitan dengan moral seseorang.

Begitu pula Burhanudin (2000) sepakat mendefinisikan tanggung jawab sebagai kesanggupan untuk menetapkan sikap terhadap suatu perbuatan yang diemban serta mau menanggung resiko dari tindakan yang telah diperbuat.

Berani menerima resiko berarti mampu menjelaskan sebuah kejadian tak hanya dalam bentuk penjelasan tapi juga tindakan.

Jenis-Jenis Tanggung Jawab

coactive.com

Tanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Sebagai manusia tentunya kita memiliki hasrat, keinginan, cita-cita, dan sejenisnya. Dimana untuk mencapainya perlu perencanaan yang matang tentang tindakan apa saja yang akan dilakukan. Manusia adalah makhluk yang memiliki perasaan sebagai penentu tingkah laku.

Bertanggung jawab kepada diri sendiri berarti mampu menanggung segala langkah dan keputusan yang diambil untuk diri sendiri.Tak hanya sekedar terbuat untuk mengikuti kata hati semata melainkan paham akan segala resiko atas setiap keputusan yang dibuat.

Tanggung Jawab Kepada Masyarakat

Tak ada manusia di muka bumi ini mampu menjalani hidup sendiri sampai akhir hayat. Selain sebagai makhluk individu manusia tercipta sebagai makhluk sosial yang memiliki pergaulan di tengah-tengah masyarakat.

Sebuah hubungan sosial dapat terjalin dengan baik apabila kita mampu menjadi manusia yang bertanggung jawab terhadap sesama. Sebelum bertindak pikirkan terlebih dahulu terhadap semua ucapan dan tindak-tanduk perbuatan terhadap orang lain.

Ada salah perkataan atau perbuatan yang tidak disengaja itu manusiawi. Namun manusia yang bertanggung jawab tentu berjiwa ksatria dan berani mengakui salah dengan cara meminta maaf kepada yang sudah tersakiti misalnya.

Tanggung Jawab Kepada Tuhan

Hubungan makhluk dengan Tuhannya adalah sebuah garis linier yang tidak bisa dicampuri oleh sesama. Setiap orang memiliki tingkat ketaatan masing-masing kepada Tuhan, dan hanya masing-masing diri kita yang memahaminya.

Sebagai makhluk yang beragama sudah sepatutnya kita menaati segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Begitulah tanggung jawab kepada Tuhan didefinisikan, contoh sebagai umat Islam jangan pernah meninggalkan sholat lima waktu selama mampu mendirikannya.

Baca Juga : Pengertian Syair


Nah, itulah kira-kira penjelasan singkat mengenai tanggung jawab dan jenis-jenisnya. Semoga setelah membaca tulisan ini dapat mendewasakan kita dan meningkatkan rasa tanggung jawab di dalam diri.

Keyword: Pengertian Tanggung Jawab

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.