Pengertian Persekusi Menurut Ahli dan Beberapa Contoh Kasusnya

Pengertian Persekusi Menurut Ahli dan Cara Menghindarinya
mediaumat.news

Pengertian Persekusi – Beberapa waktu terakhir ini, di media elektronik maupun cetak dipenuhi dengan maraknya berita tentang kasus persekusi. Sebenarnya ada apa dengan persekusi ini, tahukah kalian tentang persekusi ini?

Jika belum mengetahuinya, kita akan membahasnya pada bab ini, mulai dari pengertiannya, unsur-unsurnya, penyebabnya dan beberapa contoh kasusnya. Langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini.


Memahami Pengertian Persekusi


mediaindonesia.com

Persekusi atau yang disebut persecution dalam bahasa Inggris adalah suatu tindakan atau perlakuan buruk dan sewenang-wenang. Dilakukan secara sistematis baik dilakukan olah individu maupun dilakukan oleh kelompok terhadap individu atau golongan lain dengan berbagai cara.

Seperti memburu, menganiaya karena sesuatu hal, misalnya perbedaan suku, agama, ras dan pandangan politik. Untuk lebih memahami pengertian persekusi, dibawah ini adalah beberapa pengertian persekusi menurut beberapa ahli:

KBBI

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian persekusi adalah pemburuan sewenang-wenang terhadap seseorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah atau ditumpas.

Masyur Effendi dan Taufani Sukmana Evandri

Persekusi adalah perampasan dengan sengaja dan bersifat kejam terhadap hak-hak dasar serta berhubungan dengan meniadakan identitas kelompok yang merupakan pelanggaran hukum internasional.

Danar Juniarto

Menurut Danar persekusi adalah suatu tindakan memburu seseorang atau golongan tertentu yang dilakukan oleh suatu pihak secara sewenang-wenang dan sistematis juga luas. Jadi memang berbeda dengan main hakim sendiri yang kebanyakan tidak terencana secara sistematis.

Selain itu terdapat beberapa hal yang penting terkait persekusi ini, secara umu terdapat empat tahapan yang dilakukan oleh para pelaku sebelum melakukan aksi persekusi ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Melacak identitas dan alamat tempat tinggal target persekusi.
  2. Memberikan suatu instruksi kepada massa untuk melakukan pemburuan pada target persekusi dengan menyebarkan identitas serta alamat target ke berbagai media.
  3. Melakukan aksi persekusi dengan menggeruduk rumah atau kantor target.

Unsur-Unsur Persekusi

kompasiana.com

Menurut Statuta Roma tentang Pengadilan Pidana Internasional, terdapat beberapa hal yang harus ada ketika menyebut suatu aksi tersebut dengan aksi persekusi yaitu:

  1. Pelaku kejahatan secara nyata telah menghilangkan hak-hak dasar orang lain.
  2. Pelaku kejahatan menargetkan individu atau suatu kelompok atas dasar identitas yang berbeda.
  3. Orang atau kelompok yang disasar atas dasar politik, ras, kewarganegaraan, etnik, budaya, agama ataupun gender yang secara universal dilarang dalam hukum internasional.
  4. Perbuatan itu dihubungkan dengan berbagai perbuatan manapun yang diatur dalam Pasal 7 ayat 1 (beberapa diantaranya pembunuhan, pembasmian, perbudakan, deportasi atau pemindahan paksa penduduk, pemenjaraan atau tekanan-tekanan kebebasan fisik yang kejam yang melanggar peraturan dasar hukum internasional, penyiksaan, penculikan/penghilangan paksa, kejahatan apartheid) atau kejahatan lain yang menjadi yurisdiksi ICC.

Penyebab Persekusi

Berikut ini adalah beberapa hal penyebab terjadinya persekusi, yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya ketidakpercayaan dan saling mencurigai antara masyarakat kurang mampu terhadap kaum elit.
  2. Adanya kesenjangan sosial karena belum ada nilai tambah ekonomi kepada masyarakat kurang mampu.
  3. Globalisasi dan kehidupan maya sehingga merasa seolah bebas dan tidak terikat untuk mengeluarkan apapun pendapatnya.
  4. Adanya anggapan masyarakat luas bahwa penegakan hukum di suatu negara tidak adil dan masih memihak.
  5. Adanya anggapan masyarakat bahwa proses hukum dilaksanakan dengan penuh intervensi dari pemerintah sehingga menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap aparatur penegak hukum.

Beberapa contoh kasus persekusi di antaranya:

  1. Pemusnahan etnis Muslim Rohingnya yang ada di Myanmar beberapa waktu lalu.
  2. Kejahatan Aphartheid, dimana orang dengan kulit hitam diperlakukan tidak manusiawi dan semena-seman, disakiti bahkan dibunuh hanya karena memang mereka bukan dari golongan kulit putih.

Nah, itu tadi adalah pembahasan terkait persekusi dari pengertiannya, unsur-unsur pembentuknya dan penyebab persekusi. Semoga ulasan diatas dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kalian tentang persekusi. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Persekusi

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.