Pengertian Pendidikan | Macam-macam, Tahap dan Tujuan

√ Pengertian Pendidikan | Macam-macam, Tahap dan Tujuan
pahlevi.net

Pengertian Pendidikan – Tahukah kalian Undang-Undang Dasar Pasal 31 ayat (1) yang berbunyi, “Setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan”? Ya, di pasal tersebut disebutkan bahwa kita sebagai warga Negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dari pemerintah.

Sebenarnya apa sih pendidikan itu? Jika kalian sering menggunakan kata pendidikan ini tetapi belum mengetahui sepenuhnya. Mari kita bahas tentang pendidikan ini, mulai dari pengertiannya, tujuan diadakannya dan jenis-jenis pendidikan yang ada.


Mengupas Lebih Dalam Tentang Pengertian Pendidikan


edukasi.kompas.com

Kata pendidikan dari segi etimologi berasal dari bahasa latin, yaitu “educatum: yang terdiri dari kata dua kata, yaitu “E” dan “duco”. Kata E artinya sebuah perkembangan dari dalam ke luar atau dari sedikit banyak, sedangkan duco berarti perkembangan atau sedang berkembang.

Jadi kesimpulan dari pengertian pendidikan secara etimologi adalah suatu proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu. Sedangkan untuk pengertian KBBI adalah suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran.

Selain itu agar lebih memahami pengertian dari pendidikan, berikut ini adalah beberapa pengertian menurut para ahli, yaitu:

a. Ki Hajar Dewantara

Menurut Bapak Pendidikan Nasional, pendidikan adalah tuntutan dalam hidup tumbuhnya anak-anak, disini artinya adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu. Agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

b. H. Fuad Ihsan

Bahwa pendidikan adalah usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan.

Usaha tersebut dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai dan norma tersebut serta mewariskan kepada generasi berikutnya untuk dikembangkan dalam hidup. Dan kehidupan yang terjadi dalam suatu proses pendidikan sebagai usaha manusia untuk melestarikan hidupnya.

c. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan tentunya Negara.

d. M.J. Langeveld

Pendidikan adalah upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa ke arah kedewasaan. Suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.

e. Kohnstamm dan Gunning

Pendidikan merupakan suatu proses pembentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan ialah suatu proses pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.

Tujuan Pendidikan

Pengertian Pendidikan
rmolbanten.com

Di bawah ini adalah beberapa tujuan pendidikan secara umum, yakni:

a. Memperoleh Pengetahuan dan Wawasan
b. Mendapatkan Ketrampilan terhadap Subjek yang Diajarkan
c. Menciptakan Individu yang berwibawa dan bijaksana
d. Menumbuhkan Harga Diri serta Keyakinan
e. Untuk Mengetahui dan Memahami Tentang Bagaimana Cara Belajar
f. Mengetahui Kebiasaan dan Hal-Hal Terkait Etos Kerja
g. Mempelajari Bagaimana Cara Bertahan Hidup

Jenis-Jenis Pendidikan

Jenis pendidikan terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

a. Pendidikan Formal

Merupakan kegiatan pendidikan yang sistematis, teratur dan mempunyai jenjang/tingkatan yang dilaksanakan di sekolah dengan syarat dan peraturan yang jelas serta ditetapkan oleh pemerintah. Pendidikan formal di mulai dari tingkat PAUD sampai dengan perguruan tinggi.

Beberapa hal yang terkait dengan pendidikan formal adalah seperti memiliki syarat dan ketentuan tertentu, materi yang diberikan bersifat akademis, prosedurnya cukup lama, memiliki kurikulum yang jelas serta peserta didik wajib mengikuti ujian formal untuk menentukan kelulusannya.

b. Pendidikan Non-formal

Adalah pendidikan terstruktur dan berjenjang dan di luar pendidikan formal yang ditempuh. Beberapa contoh pendidikan non formal ini adalah Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, Lembaga Kursus dan Sanggar.

c. Pendidikan Informal

Merupakan jalur pendidikan yang dilakukan seseorang dari lingkungan keluarganya sendiri maupun lingkungan masyarakat. Kegiatan belajar ini biasanya dilakukan secara mandiri dan tidak ada seorangpun yang menjadi fasilitatornya.

Di dalam pendidikan ini termasuk di dalamnya pendidikan terkait etika, moral, sopan santun dan budi pekerti. Beberapa hal yang terkait dengan pendidikan informal ini adalah dilakukan di lingkungan keluarga.

Tidak ada kurikulum, metodologi atau evaluasi, tidak ada jenjang atau tingkatan dan anak didiknya disini tidak perlu mengikuti evaluasi atau ujian untuk menentukan kelulusannya.


Nah, itu tadi sekilas pembahasan tentang pendidikan, jadi sekarang kalian sudah bisa menjawab jika ditanya seseorang terkait pendidikan kalian. Semoga pembahasan tentang pendidikan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kalian. Semoga Bermanfaat!

Keyword: Pengertian Pendidikan

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.