Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Penjelasan Lengkapnya

Pengertian Pembelajaran dan Cara Menerapkan Metode KMB yang Baik
wajibbelajar.com

Pengertian Pembelajaran – Pembelajaran adalah suatu kata yang sering kita dengar dan pakai. Biasanya kita lebih sering menggunakan kata belajar yang merupakan asal kata dari kata pembelajaran. Tapi sebenarnya apa sih pembelajaran itu?

Nah, jika kalian sering menggunakan kata ini tetapi belum mengerti sepenuhnya maka mari kita bahas terkait kata pembelajaran ini, Baik dari segi arti atau definisi, tujuannya serta komponen apa saja yang ada di dalamnya. Langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini.


Mengenai Pengertian Pembelajaran


kompasiana.com

Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara peserta didik atau siswa dengan pendidik atau guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang di dalamnya terdapat guru dan siswa yang melakukan kegiatan bertukar informasi.

Untuk lebih memahami dan mendalami pengertian pembelajaran, di bawah ini terdapat pengertian atau definisi pembelajaran menurut beberapa ahli, yaitu:

a. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Bahwa pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

b. Menurut Ahmad Sugandi dkk

Pembelajaran adalah terjemahan dari kata instruction yang berarti seperangkat peristiwa (events) yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan.

Seperangkat peristiwa itu membangun suatu pembelajaran yang bersifat eksternal jika si belajar melakukan self instruction dan mungkin juga bisa bersifat eksternal dari sumber lain seperti misalnya guru.

c. Menurut Rahil Mahyuddin

Bahwa pembelajaran adalah suatu perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.

d. Menurut Sayiful Sagal

Pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, sedangkan mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, dan belajar oleh peserta didik.

e. Menurut Trianto

Bahwa pembelajaran adalah suatu aspek kegiatan manusia yang begitu kompleks yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan. Pembelajaran secara simpel dapat diartikan sebagai produksi interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup.

Dalam makna kompleks pembelajaran adalah usaha dasar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya atau mengarahkan interaksi siswa dengan sumber lainnya dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan.

Tujuan Pembelajaran

news.detik.com

Tujuan pembelajaran adalah suatu perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tertentu. Hal ini berdasarkan berbagai pendapat tentang makna tujuan belajar.

Selain itu tujuan pembelajaran merupakan arah yang hendak dituju dari serangkaian proses pembelajaran dan dirumuskan dalam bentuk perilaku kompetensi spesifik, aktual dan terukur sesuai yang diharapkan.

Komponen dalam Pembelajaran

Dalam melakukan sebuah kegiatan pembelajaran dapat melibatkan beberapa komponen, yaitu sebagai berikut:

  • Siswa, yaitu seseorang yang bertindak sebagai penerima dan pencari serta memproses pelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan.
  • Guru, yaitu seseorang yang bertindak sebagai katalisator dan pengelola yang memungkinkan berjalannya kegiatan belajar dan mengajar yang efektif.
  • Isi Pelajaran, yaitu segala hal terkait informasi, bisa berupa fakta, prinsip, dan konsep yang diperlukan untuk mencapai sebuah tujuan.
  • Tujuan, yaitu pernyataan tentang perubahan perilaku yang diinginkan terjadi pada siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Metode, yaitu suatu cara yang teratur untuk memberikan sebuah kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
  • Media, yaitu suatu bahan pengajaran dengan atau tanpa peralatan yang digunakan untuk menyajikan informasi kepada siswa.
  • Evaluasi, yaitu cara tertentu yang dapat digunakan untuk menilai apakah suatu proses dan hasilnya berhasil atau maksimal.

Nah, itu tadi adalah pembahasan terkait pembelajaran, mulai dari pengertian beberapa ahli, sampai dengan komponennya. Semoga setelah membaca ulasan ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kalian.

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.