Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Menurut Beberapa Ahli

√ Pengertian Pancasila Menurut Beberapa Ahli
sarjanaekonomi.co.id

Pengertian Pancasila – Pancasila adalah dasar negara serta landasan ideologi bagi kita, bangsa Indonesia. Tetapi tahukah kalian sebenarnya apa itu Pancasila, makna apa yang ada di dalamnya serta fungsi dan pentingnya bagi negara kita?

Jika belum mengetahuinya, mari kita bahas dalam bab ini terkait Pancasila, mulai dari pengertiannya, makna lambang dan fungsinya bagi negara kita. Langsung saja kita simak pembahasan di bawah ini.


Tentang Pengertian Pancasila


minews.id

Secara etimologi, kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta India (Kasta Brahmana) yakni, Panca yang berarti lima dan Sila yang artinya dasar, sehingga arti Pancasila adalah Lima Dasar. Untuk lebih jelasnya terkait pengertian Pancasila, di bawah ini terdapat beberapa pengertian menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

a. Ir. Soekarno

Bahwa Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun berabad-abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya falsafah negara, tetapi lebih luas lagi, yaitu falsafah bagi bangsa Indonesia.

b. Muhammad Yamin

Pancasila adalah dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

c. Notonegoro,

Pancasila adalah dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Makna Lambang Pancasila

pepnews.com

Pancasila dilambangkan dengan Burung Garuda dengan makna dan arti tersendiri di dalamnya. Sebagai bangsa Indonesia, sudah seharusnya kita mengetahui dan memahami makna dan arti lambang dasar negara kita sebagai penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan.

  • Burung Garuda Pancasila, dalam cerita kuno merupakan kendaraan Dewa Wisnu yang besar dan kuat.
  • Warna Burung Garuda adalah kuning emas yang menggambarkan sifat agung dan jaya.
  • Garuda adalah seekor burung yang gagah dengan paruh, sayap, ekor dan cakar yang menggambarkan kekuatan dan tenaga pembangunan.
  • Jumlah bulu Burung Garuda menggambarkan hari kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945.

Hal tersebut meliputi Bulu sayap masing-masing 17 helai, bulu ekor berjumlah 8 helai dan bulu leher berjumlah 45 helai.

Sedangkan untuk bagian dada Burung Garuda terdapat perisai yang dalam kebudayaan serta peradaban bangsa Indonesia merupakan senjata untuk berjuang mendapatkan kemerdekaan. Di dalamnya terdapat 5 simbol, yaitu:

a. Sila ke-1, yaitu Bintang, melambangkan Ketuhanan yang Maha Esa.

b. Sila ke-2, yaitu Rantai Baja, melambangkan Kemanusiaan yang adil dan beradab.

c. Sila ke-3 Pohon beringin, melambangkan Persatuan Indonesia.

d. Sila ke-4, Kepala Banteng, melambangkan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

e. Sila ke-5, Padi dan Kapas, melambangkan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Fungsi Pancasila

Dalam kedudukannya sebagai dasar negara, Pancasila memiliki beberapa fungsi. Mengacu pada pengertian Pancasila, berikut ini adalah fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara kita, yakni sebagai berikut:

a. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Bahwa Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia sehingga masyarakat Indonesia menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupannya.

b. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Kekhasan dan keunikan bangsa Indonesia diwujudkan dengna sikap serta perilaku yang berlandaskan pada Pancasila.

c. Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Bahwa semua hukum yang berlaku di Indonesia bersumber dari Pancasila sehingga tidak ada yang bertentangan sedikitpun.

d. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Bahwa Pancasila berfungsi sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara serta sebagai petunjuk berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

e. Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Bahwa cita-cita bangsa Indonesia adalah menciptakan masyarakat yang adil dan makmur di seluruh Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945 yang menjelaskan tentang Pancasila.

f. Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Bangsa

Dalam Pancasila terkandung nilai-nilai kepribadian yang dipercaya paling benar, adil, dan bijaksana serta mempersatukan rakyat.

g. Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar dalam penyelenggaraan negara dan kehidupan bernegara.

h. Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Bahwa Pancasila merupakan hasil perjuangan dan perjanjian rakyat Indonesia sehingga seluruh masyarakat harus membela, menjaga, dan memperjuangkan nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila.


Nah, itu tadi adalah sekilas tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan Pancasila. Semoga setelah membaca dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan Pancasila kalian lebih dapat mengaplikasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.