Pengertian Norma, Karakteristik, Fungsi, Serta Macam-Macamnya

Pengertian Norma, Fungsi, Ciri-Ciri, serta Jenisnya
kabarsumbawa.com

Pengertian Norma – Selain sebagai makhluk individu, kita juga dikenal sebagai makhluk sosial yang dalam kehidupan berkelompoknya membutuhkan bantuan dan interaksi dengan manusia lainnya.

Dalam menjalankan interaksi ini dibutuhkan suatu aturan, yang disebut norma untuk menyelaraskan hubungan ini agar bersinergi dengan baik. Sebenarnya apa itu norma da nada berapa jenisnya?

Jika diantara kalian banyak yang belum tahu, pada bab ini kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan norma. Langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini.


Pengertian Norma, Karakteristik, Fungsi, dan Macamnya


Pengertian Norma
pelajaran.co.id

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) norma adalah aturan atau suatu ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat. Dipakai sebagai panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan diterima setiap warga masyarakat. Selain itu norma juga dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai atau membandingkan sesuatu.

KARAKTERISTIK NORMA

Berikut ini adalah karakteristik norma secara umum, yakni :

  1. Biasanya norma tidak tertulis, kecuali norma hukum.
  2. Norma sendiri bersifat mengikat dan memiliki sanksi bagi anggota masyarakat yang melanggarnya.
  3. Norma merupakan suatu kesepakatan yang disetujui bersama oleh anggota masyarakat.
  4. Setiap anggota masyarakat wajib menaati norma yang berlaku tanpa terkecuali.
  5. Setiap anggota masyarakat yang melanggar norma akan dikenai sanksi.
  6. Norma bersifat dinamis, artinya dapat mengalami suatu perubahan sesuai perkembangan dan kesepakatan yang ada di dalam masyarakat.

FUNGSI NORMA

Fungsi norma yang ada di masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Norma berfungsi sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.
2. Normal berfungsi untuk menciptakan sinergi dan stabilitas dalam kehidupan bermasyarakat.
3. Norma berfungsi sebagai dasar ketika terjadi suatu peristiwa dimana diperlukan pemberian sanksi kepada masyarakat yang melanggarnya.
4. Norma berfungsi menciptakan keadilan dan ketenteraman di dalam masyarakat.
5. Norma berfungsi dalam membantu semua lapisan di masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.

Macam-Macam Norma

jagad.id

1. Norma Agama

Norma agama ini menjadi pedoman hidup manusia. Bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa yang berisi berupa perintah, ajaran, dan larangan.

Perintah disini adalah sesuatu yang harus dikerjakan dan dapat dikenai sanksi bagi yang melanggarnya. Sementara itu larangan adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan dan bagi pelanggarnya juga bisa dikenai sanksi.

Pada norma ini di seluruh agama manapun, umumnya mempercayai bahwa ketika mematuhi perintah Tuhan maka akan mendapat pahala, sebaliknya jika melanggar norma agama ini maka akan mendapatkan sanksi berupa dosa.

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan bersumber dari hati nurani manusia. Dapat mendorong manusia untuk selalu berbuat baik dan mencegah manusia untuk melakukan suatu perbuatan yang buruk atau tidak pantas. Sanksi bagi masyarakat yang melanggarnya bermacam-macam, bisa berupa penyesalan dalam dirinya, dicemooh bahkan dikucilkan dalam pergaulan di masyarakat.

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan bersumber pada kebiasaan, adat istiadat dan budaya serta nilai-nilai yang berlaku pada masyarakat. Hal ini berhubungan dengan pergaulan sehari-hari di dalam masyarakat.

Peraturan sosial yang ada di dalam masyarakat ditetapkan untuk mengatur tata cara seseorang untuk bertingkah laku yang sewajarnya di dalam kehidupan bermasyarakat. Sementara itu di dalam norma ini mengedepankan asas kepatuhan, kepantasan dan kebiasaan yang telah berlaku dalam waktu yang lama di dalam masyarakat.

4. Norma Hukum

Norma ini merupakan satu-satunya norma yang tertulis dan bersumber dari perundang-undangan dan yurisprudensi. Dibuat oleh lembaga-lembaga tertentu yang memang memiliki wewenang untuk mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Norma hukum ini bersifat mengatur dan memaksa dengan tujuan agar tercipta keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

5. Norma Kebiasaan

Norma ini merupakan aturan sosial yang terbentuk secara sadar dan tidak sadar yang mana terdapat petunjuk perilaku secara terus-menerus yang akhirnya menjadi kebiasaan.


Demikianlah penjelasan terkait norma, baik dari pengertian norma, bagaimana karakteristiknya serta jenisnya. Semoga penjelasan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.