Pengertian Nilai dan Kaitannya dengan Makna Kehidupan Sehari-Hari

pendidik.co.id

Pengertian Nilai – Nilai atau value dalam bahasa Inggris pasti sudah sering kalian dengar. Tahukah apa itu nilai dan jenis-jenisnya seperti nilai sosial, nilai moral dan nilai lainnya?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya. Langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.


Ulasan Mengenai Pengertian Nilai, Jenis, dan Lainnya


Pengertian Nilai
mrandyyp.com

1. Pengertian Nilai

Secara umum nilai adalah suatu konsep yang menunjuk pada sesuatu hal yang dianggap berharga dalam kehidupan manusia. Yaitu tentang apa yang dianggap baik, pantas, layak, penting dan dikehendaki oleh masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat.

Di bawah ini adalah pengertian nilai dari beberapa ahli atau tokoh, yakni sebagai berikut :

a. Raden Mas Tumenggung Sukamto Notonegoro

Nilai adalah sekumpulan tindakan manusia yang tersusun secara sistematis, baik dalam bentuk material maupun non-material. Dalam hal ini terdapat tiga nilai pokok, yaitu nilai vital, materil dan rohani.

b. Koentjaraningrat

Nilai adalah suatu bentuk budaya yang berfungsi sebagai pedoman bagi setiap manusia di dalam masyarakat. Hal tersebut bergantung dari sudut masyarakat, dikehendaki ataupun tidak.

c. Simanjuntak

Nilai merupakan serangkaian ide-ide masyarakat tentang segala sesuatu yang dianggap baik dan sesuatu yang dianggap buruk. Hal ini bisa disebabkan karena adanya faktor kebiasaan atau budaya yang dipakai oleh masyarakat.

d. Spranger

Nilai adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu.

e. Horrocks

Nilai adalah sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial membuat keputusan mengenai apa yang ingin dicapai atau sebagai sesuatu yang dibutuhkan.

2. Jenis-Jenis Nilai

Adapun nilai dilihat dari bentuknya dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

a. Nilai Sosial

Merupakan hal-hal yang ada dan melekat dalam masyarakat. Hal ini berhubungan dengan sikap dan tindakan manusia di dalam suatu masyarakat dan sikap manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

b. Nilai Moral

Nilai moral adalah suatu sistem penilaian bersumber dari kehendak maupun kemauan manusia. Dengan moral manusia memiliki batasan bisa bersosialisasi dengan baik antar sesamanya. Nilai moral ini biasa disebut dengan nilai kebaikan.

c. Nilai Agama

Adalah nilai ketuhanan yang mutlak dan tinggi karena tidak dapat diubah atau diganggu gugat. Nilai agama ini bersumber dari hidayah Tuhan Yang Maha Esa, disebut juga dengan nilai religius.

d. Nilai Kebenaran

Bersumber dari pikiran manusia yaitu cipta, rasio dan juga budi pekerti. Nilai ini sudah ada semenjak lahir, maka dari itu nilai kebenaran disebut sebagai kodrat dari Tuhan yang memang sudah diberikan sejak dulu kepada semua orang.

e. Nilai Keindahan

Adalah unsur rasa yang berasal dari diri manusia, disebut juga dengan nilai estetika. Namun keindahan disini tidak diartikan secara sempit, melainkan secara luas dan pastinya setiap orang membutuhkan keindahan. Akan tetapi tidak bisa disamaratakan sehingga berbeda antara satu orang dengan yang lain.

3. Karakteristik Nilai

  • Bersifat umum
  • Berbentuk abstrak
  • Konsepsional
  • Nilai mengandung kualitas moral manusia
  • Nilai tidak selalu realistis
  • Biasanya bersifat stabil

4. Fungsi-Fungsi Nilai

a. Nilai dijadikan sebagai bahan untuk berlindung.
b. Nilai dijadikan sebagai alat penentu akhir suatu kelompok di masyarakat.
c. Nilai dijadikan alat dalam membedakan derajat setiap orang atau sekelompok orang.
d. Nilai dijadikan sebagai daya pikat orang lain untuk melakukan suatu perubahan.
e. Nilai dijadikan sebagai pemersatu, petunjuk arah.
f. Nilai dijadikan sebagai panduan hidup, yang menjadi bahan pilihan yang akan didapatkan.


Nah, itu tadi adalah ulasan tentang pengertian nilai secara umum dan menurut para ahli lengkap dengan jenisnya, karakteristiknya serta fungsi-fungsinya. Semoga penjelasan diatas bisa menjadi referensi dalam mempelajari dan memahami nilai itu sendiri. Semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.