Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli [Lengkap]

√ 10 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli [Lengkap]
pasberita.com

Pengertian Motivasi  – Motivasi merupakan dorongan yang dirasakan oleh seseorang untuk melakukan sesuatu.

Hal tersebut biasanya lebih banyak dipengaruhi oleh faktor dari diri sendiri namun tak sedikit juga dorongan tersebut dipengaruhi oleh faktor luar seperti keluarga ataupun lingkungan tempat berinteraksi.

Banyak kalangan yang memberikan pendapat mereka mengenai pengertian motivasi. Secara umum, pernyataan-pernyataan tersebut memiliki makna yang sama namun disampaikan dalam redaksi yang berbeda.


Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli


Kata ‘motivasi’ tentunya bukan sesuatu yang asing. Seseorang melakukan suatu kegiatan karena motivasi di belakangnya.

Memang, motivasi itu sendiri berasal dari kata ‘motif’ yang memiliki arti dorongan atau rangsangan atau daya penggerak.

Dengan demikian, pengertian motivasi dapat dikatakan sebagai dorongan yang dirasakan atau didapatkan oleh seseorang yang menjadi daya penggerak untuk melakukan sesuatu agar apa yang menjadi keinginannya dapat tercapai.

Motivasi adalah daya dorong bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. Misalnya, seorang siswa yang tidak memiliki motivasi belajar tidak akan meraih prestasi yang memuaskan.

Sebaliknya, siswa yang memiliki cita-cita yang jelas akan termotivasi untuk berbuat lebih baik dalam proses belajar. Berikut adalah pendapat beberapa ahli tentang pengertian motivasi:

1. Menurut Mc. Donald

Mc. Donald menjelaskan, motivasi dapat diartikan sebagai bentuk perubahan energi yang terjadi dalam diri seseorang. Perubahan energi tersebut ditandai dengan adanya perasaan dan diawali dengan adanya tanggapan mengenai apa yang menjadi sebuah tujuan. Dari pernyataan yang Mc. Donald tersebut, ada tiga pilar yang sangat penting. Pertama, motivasi akan diawali dengan adanya perubahan energi yang terjadi dalam diri setiap orang. Kedua, penampakan dari adanya perubahan energi itu akan berkaitan dengan kegiatan fisik dan yang ketiga adalah adanya rangsangan yang terjadi akibat adanya tujuan yang kaitannya tak akan lepas dengan kebutuhan.

2. Menurut Sardiman

Sardiman memberikan pernyataan mengenai pengertian motivasi yang dapat dikatakan sebagai usaha seseprang yang mendorong dirinya untuk melakukan sesuatu. Selain itu, motivasi juga dapat dikatakan sebagai daya penggerak seseorang yang berasal dari dalam diri seseorang, hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuannya.

3. Menurut Weiner

Pengertian motivasi menurut Weiner (yang dikutip Elliot et al.) adalah kondisi internal yang membangkitkan seseorang untuk melakukan tindakan, mendorong individu dalam mencapai tujuan tertentu atau membuat individu tertarik untuk melakukan kegiatan tertentu.

4. Menurut Uno

Menurut Uno, definisi motivasi diartikan sebagai bentuk dorongan secara internal dan eksternal dari dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan.

5. Menurut Henry Simamora

Menurut Henry Simamora, motivasi merupakan sebuah fungsi yang berasal dari bentuk pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.

6. MenurutG. R. Terry

G. R. Terry menyatakan bahwa motivasi merupakan sebuah keinginan yang terdapat pada diri seseorang yang merangsangnya untuk melakukan berbagai tindakan.

7. Menurut Robbins and Judge

Pengertian motivasi menurut Robbins and Judge adalah suatu proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan individu untuk mencapai tujuannya.

8. Menurut Edwin B. Flippo

Edwin B. Flippo mengatakan bahwa motivasi adalah suatu bentuk keahlian dalam mengarahkan seorang pegawai atau sebuah organisasi untuk mencapai keberhasilan dalam bekerja sehingga tujuan dari organisasi dapat tercapai.

9. Menurut Victor H. Vroom

Menurut Victor H. Vroom, pengertian motivasi ialah suatu akibat dari hasil yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang dengan memperkirakan bahwa apa yang dilakukan dapat mengarahkannya pada hasil yang diinginkan.

10. Menurut Djamarah

Djamarah mendefiniskan motivasi adalah sebagai bentuk perubahan energi dari dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.


Karakteristik Motivasi Pada Diri Seseorang


Motivasi bukanlah suatu benda yang dapat dilihat secara kasat mata. Namun, motivasi dalam diri seseorang akan tercermin dari sikap dan tingkah lakunya.

Menurut Abin Syamsuddin Makmun (2003), pengertian motivasi adalah suatu kekuatan seseorang atau keadaan yang kompleks serta kesiapan yang terdapat dalam diri seseorang untuk bergerak ke arah yang menjadi tujuannya, baik hal tersebut disadari atau tidak.

Dalam konteks psikologi pembelajaran, Makmun mengemukan beberapa indikator yang menunjukkan adanya motivasi dalam diri seseorang, yakni:

  • Keuletan dan ketabahan dalam melakukan sesuatu, meskipun dihadapkan dengan berbagai rintangan
  • Konsistensi terhadap sesuatu yang dilakukan
  • Durasi dan frekuensi pelaksanaan kegiatan
  • Kemauan untuk berkorban
  • Prestasi yang dicapai
  • Sikap terhadap kegiatan yang sedang dilaksanakan

Motivasi sangat berpengaruh terhadap apa yang ingin dicapai, karena dari sinilah seseorang bisa melakukan sesuatu, sesuatu yang menjadi upaya untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Keyword: Pengertian Motivasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.