Pengertian Motivasi dan 7 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkannya

Pengertian Motivasi dan 7 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkannya
pasberita.com

Pengertian Motivasi  РMotivasi menyelamatkan umat manusia. Tanpa motivasi, harapan hanya tinggal angan. Motivasi menggerakkan hasrat manusia untuk sesuatu, yang seringkali itu adalah kebahagiaan.

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini penulis akan mengulas mengenai pengertian motivasi. Terutama pengertian motivasi dan 7 hal yang tidak boleh dilewatkannya.

Sebagaimana kita tahu, motivasi adalah kata yang seringkali terdengar di kehidupan sehari-hari. Motivasi seringkali menjadi penyemangat seseorang untuk melakukan sesuatu.

Motivasi membuat banyak hal menjadi tergerak dan penuh perjuangan atau pengorbanan untuk mewujudkannya.


Pengantar


Pengertian Motivasi dan 7 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkannya
salamadian.com

Motivasi adalah arti dari dorongan dari dalam atas hal-hal tertentu yang layak untuk diperjuangkan dalam mewujudkannya.

Motivasi lebih lanjut menjadi penggerak yang menjadi dasar orang-orang melakukan sesuatu. Motivasi terolah dari dalam diri dan menggerakkan.

Perbedaannya dengan inspirasi lebih pada sebab muasalnya. Inspirasi lebih cenderung merupakan faktor dari luar yang menjadi cerminan sesorang dalam bergerak dalam menjadi, mencapai, atau mewujudkan sesuatu.

Motivasi lebih mengolah berbagai pengalaman dan kebiasaan seseorang dalam usahanya untuk mencapai sesuatu.

Pada uraian ini, penulis akan menyusun pengertian motivasi dan hal-hal penting yang menyertainya. Termasuk juga 7 hal yang tidak boleh dilewatkannya.

Harapannya, pembaca bisa mendapatkan referensi dan pengetahuan yang dicarinya, sehingga hal mendasar seperti motivasi bisa mendapatkan kerangka pemaknaan yang lebih utuh.

Meskipun tidak terlalu panjang, uraian ini diikhtiarkan menjadi tambahan dan penguat informasi yang sudah didapatkan sebelumnya. Selengkapnya adalah sebagai berikut.


Pengertian Motivasi


Pengertian Motivasi dan 7 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkannya
ilmudasar.id

Disarikan dari berbagai sumber, Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Lebih lanjut dari berbagai teori yang berkembang, motivasi setidaknya memiliki arti sebagai ‘alasan’ yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu.

Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang.

Secara muasalnya, Motivasi berasal dari bahasa Latin “movere”, yang berarti menggerakkan. Sedangkan menurut beberpa tokoh seperti Weiner (1990) motivasi didefenisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.

Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris “motivation” yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan.

Dari serangkain pengertian para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan; menyelesaikan; menghentikan; dsb, suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.


7 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan dari Pengertian Motivasi


Pengertian Motivasi dan 7 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkannya
silabus.web.id

Beberapa poin yang penulis rangkum dalam pembahasan mengenai motivasi adalah sebagai berikut. Hal-hal yang disebut di bawah ini adalah catatan atau penanda penting dalam mengulas pembahasan tentang motivasi.

Motif

Motif atau alasan dibutuhkan dalam motivasi. Selalu ada sebab yang mengiringi hal besar yang akan dicapai.

Harapan

Harapan atau mimpi atau cita-cita dijadikan penguat dari motivasi. Harapan ini lah yang membuat motivasi semakin hidup.

Insentif

Insentif ini bisa diartikan juga dengan rangsangan. Diperlukan perangsang yang menggerakkan seseorang dalam mewujudkan sesuatu.

Keyakinan

Keyakinan dan kepercayaan dibutuhkan dalam menjiwai segala hal yan dilakukan. Tanpa keyakinan, motivasi menadi kosong.

Kebutuhan

Keinginan yang diubah menjadi kebutuhan mengubah motivasi menjadi hal yang wajib. Motivasi tidak bisa dan tidak boleh dilupakan.

Tujuan

Cita-cita dari motivasi menjadi apa yang akan diwujudkan. Tujuan merangkum seluruh kerja dari motivasi yang dibangun.

Kebahagiaan

Semua orang membutuhkannya. Semua orang meyakininya. Semua orang memiliki motivasinya pada kebahagiaan tersebut.

 

Keyword: Pengertian Motivasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.