Pengertian Motivasi Belajar Beserta Unsur yang Mempengaruhinya

Pengertian Motivasi Belajar Beserta Unsur yang Mempengaruhinya
studycenter.net

Pengertian motivasi belajar – Setiap orang terkadang membutuhkan dorongan yang kuat supaya kemudian dirinya bisa melakukan sesuatu yang baik.

Dorongan tersebut bisa lahir dari dalam diri seseorang atau juga dari hal-hal lain di luar dirinya. Ya dan kita sering menyebut dorongan tersebut sebagai motivasi.

Motivasi memberikan pengaruh yang kuat bagi sebagian orang, terutama untuk orang-orang yang sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja. Motivasi memicu semangat untuk melakukan aktivitas, termasuk juga belajar.

Nah supaya kita bisa menyemangati diri kita dan orang lain untuk belajar, coba deh simak beberapa informasi tentang motivasi belajar di bawah ini.

Tetapi yang kami maksud dalam motivasi belajar pada artikel ini lebih kepada pembelajaran di sekolah.


Pengertian Motivasi Belajar


inakoran.com

Motivasi belajar terdiri dari dua kata yakni “motivasi” dan “belajar”, yang mana keduanya memiliki arti berbeda. Motivasi didefinisikan sebagai dorongan yang ada pada seseorang untuk melakukan sesuatu.

Sedangkan belajar merupakan aktivitas baik mental atau psiskis seseorang dalam interaksinya terhadap lingkungannya yang menghasilkan suatu perubahan, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan.Sehingga jika keduanya dipadukan istilah tersebut memiliki makna yang baru.

Secara sederhana motivasi belajar bisa diartikan sebagai segala pendorong baik yang berasal dari dalam diri maupun luar diri seseorang (khususnya siswa) yang memberikan arah atau juga kehendak pada kegiatan belajar.

Untuk lebih meyakinkan teman-teman, di bawah ini kami paparkan juga definisi motivasi belajar menurut beberapa tokoh di antaranya adalah:

Pengertian Motivasi Belajar: W.S Winkel

Menurut Winkel motivasi belajar berarti semua usaha dalam diri seseorang yang memunculkan kegiatan belajar, dan juga memberikan arah pada kegiatan tersebut sehingga kemudian tujuan yang diinginkan bisa tercapai.

Pengertian Motivasi Belajar: McCombs

Pengertian Motivasi Belajar Beserta Unsur yang Mempengaruhinya
eurekapendidikan.com

 

Berbeda dengan Winkel, McCombs memberikan definisi yang lebih detail dan cukup panjang. menurutnya motivasi belajar merupakan kecakapan internal yang terjadi secara alami, dan dengan kegiatan yang mendukung seperti memberi kesempatan dan tanggung jawab terhadap proses belajar, kemampuan tersebut bisa ditingkatkan dan dijaga.

Pengertian Motivasi Belajar: Sardiman

Selanjutnya Sadirman juga memberikan pengertian terkait motivasi belajar yakni segala daya penggerak atau dorongan yang bisa memunculkan kegiatan belajar.

Afiuddin

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, menurut Afiuddin motivasi belajar adalah keseluruhan dorongan yang ada pada seseorang yang bisa menciptakan kegairahan belajar

H.Mulyadi

Mulyadi menambahkan motivasi belajar berarti sesuatu yang bisa membangkitkan serta memberikan arah bagi seseorang untuk melakukan kegiatan belajar.


Unsur yang Mempengaruhi Motivasi Belajar


careeraddict.com

Motivasi belajar yang ada pada siswa dipengaruhi oleh beberapa hal, sehingga kemudian kita bisa mengidentifikasi penyebab siswa yang tampak tidak bersemangat belajar.

Menurut Dimyati dan Mudjiono terdapat enam unsur yang bisa mempengaruhi motivasi tersebut, di antaranya adalah:

Kemampuan siswa

Keinginan yang dibarengi dengan kemampuan akan membuat seorang anak senang dan bergairah untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangannya, termasuk juga terhadap apa yang dipelajarinya di sekolah.

Kondisi lingkungan siswa

Pengertian Motivasi Belajar Beserta Unsur yang Mempengaruhinya
wawasan-edukasi.web.id

Selain kemampuan siswa, motivasi belajar juga bisa dipengaruhi oleh kondisi lingkungan siswa. Lingkungan ini meliputi lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan juga lingkungan keluarga.

Jika lingkungan mendukung seorang anak untuk belajar, maka motivasi untuk melakukannya pun akan meningkat.

Cita-cita siswa

Seorang anak yang memahami benar apa yang diinginkan atau dicita-citakannya, maka akan sangat wajar jika dirinya berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Kondisi siswa

Dan tentunya hal utama yang juga perlu diperhatikan adalah kondisi individu itu sendiri. Kondisi yang sehat secara jasmani dan rohani tentu bisa membuat seseorang memiliki motivasi belajar yang lebih.

Upaya guru dalam mendidik siswa

orlandoweekly.com

Dalam konteks pembelajaran di lembaga pendidikan tentu guru menjadi hal yang sangat berkontribusi dalam keberhasilan pembelajaran. Karenanya usaha guru dalam memberikan pembelajaran bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Unsur dinamis dalam pembelajaran

Setiap orang termasuk siswa pasti mengalami perubahan keinginan, ingatan, pikiran, perhatian, dan juga perasaan karena pengalaman hidup. Dan pengalaman dengan teman sebayanya juga bisa mempengaruhi keinginan untuk belajar.

 

 

 

Keyword: Pengertian Motivasi Belajar

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.