Pengertian Model Pembelajaran, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Model Pembelajaran, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya
glassdoor.co.uk

Pengertian model pembelajaran – Setelah sebelumnya kami membahas mengenai metode dan media pembelajaran, pada kesempatan yang berbahagia ini kami juga akan membagikan artikel tentang pengertian model pembelajaran untuk teman-teman sekalian.

Ketiga istilah yang telah disebutkan di atas merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dalam dunia pendidikan.

Ketiganya merupakan hal yang sangat penting dan menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Dan ilmu tersebut harus dipelajari baik secara teori maupun praktik.

Seorang pendidik harus bisa memahami ketiga hal tersebut secara komprehensif, sebab untuk mencapai keberhasilan pembelajaran kita tidak hanya butuh media dan metode yang benar tetapi juga model pembelajaran yang tepat.

Untuk bisa mempelajari model pembelajaran secara dalam, tentu bisa dimulai dengan hal dasar dan sederhana seperti memahami definisi dari model pembelajaran. Oleh karena itu di bawah ini kami sudah menyiapkan tulisan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Pengertian Model Pembelajaran

Pengertian Model Pembelajaran, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya
additudemag.com

Secara umum kita bisa mengartikan model pembelajaran sebagai teknik atau cara penyajian sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran.

Atau secara sederhana model pembelajaran berarti pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran.

Selain pengertian di atas, terdapat juga pengertian yang dikemukakan oleh beberapa tokoh, di antaranya yaitu:

Pengertian Model Pembelajaran: Supriyono

Pengertian Model Pembelajaran, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya
idatschool.ca

Tak jauh berbeda dengan pengertian mode pembelajaran secara umum, Supriyono juga berpendapat bahwa model tersebut merupakan rencana yang digunakan dalam mengorganisasi pembelajaran di kelas.

Amin Suyitno

Sedangkan model belajaran menurut Amin Suyitno adalah pola pembelajaran tertentu yang digunakan oleh pendidik dengan tujuan hasil belajar dapat diperoleh secara efektif dan efisien.

Pengertian Model Pembelajaran: Slavin

oxy.edu

Berbeda lagi dengan pendapat Slavin, menurutnya model pembelajaran merupakan suatu acuan terhadap pendekatan pembelajaran yang meliputi tujuan, sintaks, lingkungan, serta sistem pengelolaanya.

Dahlan

Selanjutnya pendapat Dahlan terkait pengertian model belajar cukup mudah dipahami, menurutnya model tersebut merupakan rencana yang dijadikan acuan untuk mengatur materi pengajaran, menyusun kurikulum, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Model Pembelajaran

informasi-pendidikan.com

Model pembelajaran sendiri memiliki berbagai jenis yang bisa diterapkan dengan kondisi yang berbeda-beda. Dan model pembelajaran ini terus menerus dikembangkan supaya tujuan pembelajaran itu sendiri bisa tercapai. Berikut ini adalah jenis-jenis model yang bisa dipelajari:

Model Pembelajaran Terpadu

Konsep dan prinsip yang digunakan pada model pembelajaran terpadu bersifat holistic. Dengan model ini peserta didik bisa mencari dan menggali materi secara tuntas dan berkesinambungan. Karena memang pembelajaran terpadu berupaya memadukan pokok-pokok dari permasalahan.

Model Kuantum

eslbase.com

Sedangkan model kuantum diciptakan dari berbagai teori psikologi kognitif yang mengedepankan penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat, sehingga hambatan belajar bagi peserta didik dapat diminimalisir, dan dapat belajar dengan mudah.

Model Pembelajaran Kontekstual

Pembelajaran kontekstual mendorong para guru untuk menghubungkan materi dengan konteks atau situasi dunia saat ini, sehingga pembelajaran akan terasa relevan dan dekat dengan peserta didik.

Dengan model ini pula peserta didik dapat belajar teori dan praktik secara efektif, sehingga nantinya mereka juga mampu memberikan solusi yang konkrit terhadap permasalahan yang terjadi.

Model Berbasis Masalah

Pengertian Model Pembelajaran, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya
integrasi.science

Model ini tak jauh berbeda dengan sebelumnya, yakni belajar untuk selalu mengkontekstualkan materi dengan kondisi hari ini.

Hanya saja memang pembelajaran ini berangkat dari masalah yang ada. Dan fokusnya adalah pada bagaimana siswa berpikir ketika mereka mengerjakannya, dan bukan pada apa sedang dikerjakannya.

Model Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif cenderung memadukan berbagai macam metode pembelajaran. Biasanya dengan mendorong peserta didik untuk saling membantu ketika mempelajari suatu materi dalam kelompok-kelompok kecil.

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.