Pengertian Metode Pembelajaran dan Manfaat Media Pembelajaran

Pengertian Metode Pembelajaran dan Manfaat Media Pembelajaran
pandaibesi.com

Ketika duduk di bangku sekolah, pastinya kita akan mendapatkan metode pembelajaran yang berbeda di tiap tingkatnya.

Kita tidak akan pernah mendapatkan metode yang sama karena tentunya setiap guru yang memberikan pelajaran kepada siswa punya metode atau cara tersendiri agar si siswa tersebut mengerti dengan materi yang diajarkan.

Lalu ada yang bertanya apakah metode pembelajaran itu sangat penting? Untuk menjawab pertanyaan ini tentunya kita harus lebih dulu mencari tahu pengertian metode pembelajaran sehingga nanti dengan memahami apa itu metode pembelajaran kita juga akan langsung mengetahui pentingnya metode pembelajaran itu sendiri.

Di dalam proses belajar tak hanya berkaitan dengan proses memberi pelajaran semata namun juga di dalam proses belajar ada yang namanya metode pembelajaran yang dapat menjadi salah satu faktor apakah ilmu yang ingin diberikan guru terhadap murid bisa diterima dengan baik oleh si murid tersebut atau tidak.

Jadi metode pembelajaran sangat penting karena berhasil atau tidaknya materi yang disampaikan benar-benar tergantung pada metode pembelajaran yang diberikan.


Pengertian Metode Pembelajaran


ayomadrasah.web.id

Untuk mencapai tujuan dari pembelajaran, tentu guru akan menggunakan metode yang tepat sehingga nanti proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan juga efisien.

Murid juga dapat belajar dengan baik karena metode yang disampaikan juga menarik dan materinya pun bagus.

Pengertian metode pembelajaran sendiri adalah suatu proses yang teratur dan sistematis yang dilakukan pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran kepada muridnya.

Materi ini diharapkan dapat membuat proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Karena itu setiap pendidik harus punya cara jitu agar murid tidak mudah jenuh atau bosan di kelas.

Dengan metode yang tepat tentu akan ada banyak sekali manfaat yang dirasakan. Pendidik yang punya metode pembelajaran yang sistematis akan membuat siswa dapat mengerti materi dengan baik pula.

Selain mengerti tentang pengertian metode pembelajaran, kita juga harus memahami dengan baik apa itu media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.


Manfaat Media Pembelajaran


kompasiana.com

Banyak sekali manfaat yang ada pada alat media pembelajaran ini seperti membangkitkan pikiran dari para siswa, meningkatkan perhatian, kemampuan belajar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan adanya media pembelajaran tentunya diharapkan kepada para pendidik agar lebih bisa mempraktikannya dan mendorong proses belajar sehingga berjalan dengan lebih baik setelah mengetahui adanya media pembelajaran ini.

Perlu juga untuk kamu pahami jika metode pembelajaran dan posisi media pembelajaran sangat penting dalam menjalin proses komunikasi. Jika tidak ada media, tentu komunikasi juga tidak akan terjalin diantara guru dan murid.

Media pembelajaran dan juga metode pembelajaran merupakan hal penting yang harus dipelajari di dalam dunia pendidikan. Jadi bisa disimpulkan jika media pembelajaran sendiri merupakan alat untuk membagi informasi.

gurumapel.com

Tak hanya itu, media pembelajaran juga bisa berguna untuk menigkatkan daya berpikir, meningkatkan perasaan untuk ingin tahu dan lain-lain.

Dengan adanya media pembelajaran, kami berharap jika proses belajar mengajar akan berlangsung lebih efektif dan efisien.

Media pembelajaran juga ada jenisnya mulai dari media visual, ada yang namanya media audial, projected still media yang tentunya bisa digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar di dalam kelas.

Nah, dengan mengetahui pengertian metode pembelajaran dan manfaat dari media pembelajaran , tentu kita juga akan langsung tahu jika metode pembelajaran sangat penting untuk menunjang proses belajar mengajar. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Metode Pembelajaran

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.