Pengertian Metode Pembelajaran, Tujuan, Serta Jenis-Jenisnya

Pengertian Metode Pembelajaran, Tujuan, Serta Jenis-Jenisnya
pandaibesi.com

Pengertian metode pembelajaran – Dalam dunia pendidikan hal tersebut tentu sudah tidak asing lagi, sebab metode pembelajaran adalah salah satu hal penting yang dapat menentukan keberhasilan suatu pendidikan secara umum, dan pembelajaran secara khusus.

Seorang guru sudah barang tentu memahami benar pentingnya metode pembelajaran, meskipun setiap guru memiliki cara pandang yang berbeda-beda terkait hal tersebut.

Di Indonesia sendiri pengembangan metode pembelajaran secara luas masih terus menerus dikembangkan untuk mencari formula yang tepat, sehingga kemudian lembaga sekolah bisa mencapai tujuan pendidikan yang tertuang dalam undang-undang.

Dan untuk mencari formula yang tepat diperlukan upaya dari semua pihak, mulai dari pemerintah yang harus terus mengevaluasi sistem pendidikan hari ini, dan juga para guru harus senantiasa belajar mengembangkan metode pembelajaran yang tepat untuk peserta didiknya.

Tetapi sebelum kita berbicara lebih lanjut mengenai metode pembelajaran, yuk cari tahu terlebih dahulu definisi dari istilah tersebut.


Pengertian Metode Pembelajaran


ayomadrasah.web.id

Pertama mari kita simak pengertian metode pembelajaran menurut beberapa tokoh di antaranya adalah:

Pengertian Metode Pendidikan: Nana Sudjana

Menurutnya, metode pembelajaran merupakan cara seorang guru untuk membangun hubungan dengan siswa ketika berlangsungnya proses belajar mengajar

Sobri Sutikno

Sedangkan Sobri Sutikno memberikan gambaran yang lebih detail bahwa metode ini merupakan cara yang digunakan guru dalam menyajikan materi pelajaran kepada siswa sehingga siswa bisa mencapai tujuannya melalui proses pembelajaran tersebut.

Abdurrahman Ginting

Kemudian Abdurrahman Ginting juga menambahkan, metode pembelajaran merupakan pola yang  unik/khas atau cara yang memaksimalkan berbagai prisip dasar pendidikan, berbagai teknik, dan sumber daya, supaya proses pembelajaran diri pada siswa bisa terjadi.


Tujuan Metode Pembelajaran


kompasiana.com

Seperti yang diketahui metode sangat penting dalam pembelajaran karena memang memiliki tujuan-tujuan tertentu, seperti berikut ini:

  • Untuk membangun pembelajaran yang menyenangkan dan penuh motivasi sehingga siswa bisa memahami materi dengan lebih mudah
  • Membantu pengembangan disiplin suatu ilmu melalui proses menemukan, menguji, dan juga menyusun data
  • Membantu peserta didik untuk bisa mengembangkan potensi individunya sehingga dirinya bisa menemukan solusi alternatif ketika mengatasi permasalahan
  • Membantu pelaksanaan pembelajaran dengan cara yang terbaik sehingga tujuan pengajaran bisa tercapai
  • Menghantarkan pembelajaran ke arah yang ideal

Macam-Macam Metode Pembelajaran


gurumapel.com

Banyak sekali macam-macam metode pembelajaran yang sudah berkembang dan dipraktikan oleh pendidik. Dan pada dasarnya semua metode ini baik, jika digunakan pada kondisi yang tepat. Artinya seorang guru bisa menggunakan berbagai macam metode dalam mengajar.

Berikut ini kami sajikan macam-macam metode tersebut supaya teman-teman sekalian juga bisa mempelajarinya:

Metode Diskusi

Metode diskusi akan mengutamakan aktivitas diskusi antar siswa sehingga siswa bisa berfikir kritis, belajar mengungkapkan pendapatnya sekaligus menghargai pendapat orang lain.

Metode Ceramah

Pengertian Metode Pembelajaran, Tujuan, Serta Jenis-Jenisnya
pelajaran.co.id

Biasanya cara ini dikenal dengan metode konvensional, karena memang pada mulanya pembelajaran dilakukan dengan memberikan informasi kepada siswa secara lisan. Hanya saja dengan metode ini siswa akan lebih mudah bosan mengikuti pelajaran.

Metode Eksperimen

Eksperimen juga menjadi pembelajaran yang asik dalam materi tertentu yang memang membutuhkan praktik, mislanya materi tentang percobaan kimia, fisika, dan sebagainya.

Metode Demonstrasi

Pengertian Metode Pembelajaran, Tujuan, Serta Jenis-Jenisnya
indonesiastudents.com

Metode pengajaran ini biasanya akan membuat siswa lebih tertarik dan fokus terhadap materi ayng disampaikan, karena pembelajarannya dilakukan dengan cara berpraktik dan siswa bisa melihat langsung.

Hanya saja untuk menggunakan metode ini pengajar harus memahami dengan mendalam materi tersebut. Selain itu tidak semua materi juga bisa didemostrasikan, dan akan lebih efektif jika jumlah siswa tidak terlalu banyak.

Metode Resitasi

Adalah cara pembelajaran yang dilakukan dengan mengharuskan peserta didik menulis resume atas materi yang sudah diberikan.

Resume ini ditulis ulang dengan kalimat yang disusun oleh siswa sendiri, sehingga bisa membantu penilaian apakah siswa memang benar memahami materi atau tidak.

Metode Mind Mapping

Pembelajaran dengan metode mind mapping juga patut untuk dicoba, sebab cara ini bisa membuat siswa berpikir sistematis, kritis, dan menyeluruh. Sebab mind mapping akan menguraikan suatu permasalahan dari awal terjadinya masalah sampai bagaimana penyelesaiannya.

Metode Debat

Pada cara ini, peserta didik baik kelompok maupun perorangan saling melontarkan argumentasi terkait suatu permasalahan.

Sebenarnya masih banyak lagi metode pembeajaran yang bisa digunakan oleh para guru, tetapi karena keterbatasan kami belum bisa mencantumkannya pada artikel ini.

Keyword: Pengertian Metode Pembelajaran

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.