Pengertian Media Pembelajaran Beserta Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Media Pembelajaran Beserta Jenis dan Manfaatnya
sangpengajar.com

Pengertian media pembelajaran – Jika sebelumnya kami telah membahas tentang pengertian metode pembelajaran, kali ini kami masih akan membagikan informasi yang berkaitan dengan pendidikan, tepatnya yakni tentang pengertian media pembelajaran.

Dalam proses belajar mengajar selain metode, media juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran.

Oleh karena itu setiap calon guru atau mahasiswa kependidikan pasti akan mempelajari kedua hal tersebut secara mendetail, tidak hanya dalam teori tetapi juga praktiknya.

Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan media pembelajaran, apa bedanya dengan metode pembelajaran?

Nah pertanyaan-pertanyaan tersebut kurang lebih akan terjawab pada penjelasan di bawah ini, harapannya dengan memahami definisi media pembelajaran, semua pihak bahkan juga orang tua mengetahui pentingnya media pembelajaran.


Pengertian Media Pembelajaran


kompasiana.com

Secara umum media pembelajaran bisa diartikan sebagai sarana atau alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa supaya tercapai tujuan pembelajaran yang efektif.

Selain pengertian di atas, terdapat juga beberapa tokoh yang turut mengemukakan pendapat tentang pengertian media pembelajaran, di antaranya adalah sebagai berikut:

Pengertian Media Pembelajaran: Romiszowski

Menurutnya media pembelajaran merupakan media yang efektif digunakan untuk menciptakan proses pengajaran yang direncanakan dengan baik.

Schramm

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, Schramm berpendapat bahwa media pembelajaran berarti teknologi yang berfungsi sebagai pembawa pesan dalam keperluan pembelajaran.

Briggs

Sedangkan Briggs lebih detail menjelaskan apa yang dimaksud dengan media tersebut. Menurutnya media pembelajaran adalah sarana fisik yang digunakan untuk menyalurkan isi materi pembelajaran. Contohna seperti film, buku, video, slide, dan lain sebagainya.

Pengertian Media Pembelajaran: Azhar

Pengertian Media Pembelajaran Beserta Jenis dan Manfaatnya
salamadian.com

Selain itu Azhar juga menambahkan bahwa media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses belajar, atau juga komponen sumber belajar yang bertujuan untuk menstimulus siswa, dan di dalamnya memuat materi instruksional.

Gerlach

Gerlach juga memberikan pengertian yang lebih luas lagi, bahwa media tersebut mencakup orang, peralatan, bahan, serta kegiatan yang dapat membantu memudahkan siswa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Pengertian Media Pembelajaran: Munadi

Begitu juga dengan Munadi, menurutnya media pembelajaran mencakup segala sesuatu yang berguna untuk menyalurkan pesan sehingga terbentuk lingkungan belajar yang efektif dan kondusif.


Manfaat Media Pembalajaran


sangpengajar.com

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang diperoleh dari adanya media tersebut, tetapi paling tidak menurut Dayton dan Kemp terdapat 8 fungsi dan manfaat media pembelajaran, di antaranya yaitu:

  • Menciptakan kegiatan belajar mengajar yang lebih fleksibel sehingga belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja
  • Digunakan untuk menyeragamkan materi di beberapa wilayah sekaligus
  • Menciptakan kegiatan belajar yang lebih menarik dan juga lebih mudah
  • Menciptakan kegiatan belajar yang efektif dan efisien karena bisa menghemat tenaga dan waktu
  • Membantu peranan guru sehingga lebih produktif dan positif
  • Bisa menumbuhkan sikap positif siswa atas setiap proses belajar dan materi pelajaran
  • Menciptakan kualitas belajar siswa yang lebih baik
  • Pembelajaran menjadi lebih interaktif baik antara pendidik dan peserta didik, maupun antara satu peserta didik dengan peserta didik lainnya.

Jenis-Jenis Media Pembalajaran


kabarsumbawa.com

Seperti yang telah diketahui media pembelajaran yang digunakan bisa berupa apa saja dan cukup beragam. Meskipun sampai hari ini media yang paling umum digunakan adalah media cetak seperti buku.

Tetapi terdapat juga media lain yang bisa digunakan untuk mendukung atau juga melengkapi media cetak tersebut.

Oleh karena itu di bawah ini kami menyajikan jenis media belajar yang bisa dicoba oleh para pendidik. Menurut Anderson setidaknya terdapat 10 jenis media belajar, yakni:

No Golongan Media Contoh dalam Pembelajaran
I Audio Kaset audio, siaran radio, CD, telepon
II Cetak Buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
III Audio-cetak Kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
IV Proyeksi visual diam Overhead transparansi (OHT), Film bingkai (slide)
V Proyeksi Audio visual diam Film bingkai (slide) bersuara
VI Visual gerak Film bisu
VII Audio Visual gerak, film gerak bersuara, video/VCD, televisi
VIII Obyek fisik Benda nyata, model, specimen
IX Manusia dan lingkungan Guru, Pustakawan, Laboran
X Komputer CAI (Pembelajaran berbantuan komputer), CBI (Pembelajaran berbasis komputer)

Keyword: Pengertian Media Pembelajaran

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.