Pengertian Kesegaran Jasmani Menurut Beberapa Ahli serta Manfaatnya

√ Pengertian Kesegaran Jasmani Menurut Beberapa Ahli serta Manfaatnya
freedomsiana.com

Pengertian kesegaran jasmani menurut Ichsan yaitu merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan kesungguhan dan juga tanggung jawab.

Dipenuhi dengan semangat dan tanpa disertai rasa lelah untuk menikmati pemanfaatan waktu luang dan juga menghadapi kemungkinan berbagai bahaya yang akan datang nantinya.


Pengertian Kesegaran Jasmani


dosenpendidikan.com

Sadoso Sumosardjuno mengemukakan bahwa kesegaran jasmani merupakan kemampuan seseorang agar dapat melakukan aktivitas kesehariannya dengan mudah dan efisien.

Tanpa merasakan lelah berlebih dan mempunyai cadangan tenaga untuk dapat menikmati waktu senggangnya.

Dapat dikatakan bahwa kesegaran jasmani berarti sebagai sebuah kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas dengan semestinya.

Sekalipun orang tersebut sedang mengalami penurunan kesegaran jasmani di dalam dirinya.

Selain itu, para ahli seperti Agus Mukhlolid, M.Pd mengungkapkan bahwa kesegaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan.

Hal ini juga berkaitan dengan aktivitas dalam meningkatkan daya kerja, tanpa rasa lelah yang berlebihan.

Selanjutnya, Sumosardjuno dan Giri Widjojo mengemukakan bahwa kesegaran jasmani merupakan kemampuan tubuh manusia untuk dapat menyesuaikan fungsi alat-alat tubuh ke dalam fisik pada keadaan lingkungan.

Ataupun kerja fisik yang efisien dengan tidak merasakan rasa lelah yang berlebihan.

Senada dengan Suratman yang menyatakan bahwa kesegaran jasmani merupakan sebuah aspek fisik dari kesegaran yang menyeluruh dan memberi kesanggupan pada seseorang agar dapat menjalankan hidup dengan produktif.

Sehingga mampu menyesuaikan setiap beban dan stres fisik yang dijalaninya.


Manfaat Kebugaran Jasmani bagi Kesehatan


duniadefinisi.com

Kesegaran jasmani memiliki fungsi yang begitu penting bagi kesehatan hidup seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Kebugaran jasmani ini juga berfungsi sebagai peningkatan kemampuan kerja bagi siapapun.

Agar dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan optimal untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Seminar kebugaran jasmani nasional pertama kali dilaksanakan di wilayah Jakarta pada tahun 1971.

Pada seminar ini dikemukakan bahwa fungsi kebugaran jasmani adalah salah satu aktivitas yang dilakukan guna mengembangkan kemampuan.

Juga kesanggupan dari setiap manusia dan juga kekuatan yang berguna untuk meningkatkan daya kerja dalam sebuah pembangunan.

Selanjutnya, fungsi khusus dari kesegaran jasmani ini terbagi ke dalam tiga golongan yaitu, golongan pertama yang berdasarkan pada pekerjaan.

sijai.com

Seperti kebugaran jasmani untuk olahragawan dalam meningkatkan prestasi, kebugaran jasmani untuk karyawan dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Dan juga kebugaran jasmani untuk para pelajar dalam mempertinggi kemampuan belajar.

Golongan kedua berdasarkan keadaan, sebagai contoh misalnya kebugaran jasmani untuk orang-orang digabel dalam melakukan rehabilitasi.

Selain itu kebugaran jasmani untuk ibu hamil dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi kelahiran.

Golongan ketiga berdasarkan umur, sebagi contoh bagi anak-anak dalam merangsang pertumbuhan dan juga perkembangan, serta kebugaran jasmani bagi orang tua dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, untuk melakukan peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani tersebut tidak terlepas dari latihan jasmani yang dapat membina keseimbangan unsur kesegaran jasmani setiap harinya dalam hal membina atau memelihara kesegaran jasmani. Ccaranya adalah dengan melakukan latihan fisik atau latihan jasmani secara rutin.

Latihan yang dimaksud adalah untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan harus dilakukan menurut aturan atau tata cara tertentu.

Hal tersebut juga berkaitan pula dengan jenis kegiatan jasmani yang diketahui terbagi kedalam beberapa jenis, yakni kegiatan yang bersifat aerobik yang merupakan latihan yang membutuhkan oksigen dan juga kegiatan yang memiliki sifat anaerobik yakni latihan yang tidak memerlukan oksigen, dan juga bergantung pada keterampilan.

Keyword: Pengertian Kesegaran Jasmani

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.