Pengertian Kesegaran Jasmani Serta Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Kesegaran Jasmani Serta Faktor yang Mempengaruhinya
freedomsiana.com

Pengertian kesegaran jasmani – Barangkali istilah kesegaran jasmani atau dikenal juga dengan kebugaran jasmani sudah tidak asing lagi untuk sebagian banyak orang.

Bahkan sejak di bangku sekolah dasar istilah ini digunakan sebagai nama mata pelajaran yang diajarkan.

Dari mata pelajaran kebugaran jasmani kita tahu bahwa istilah tersebut berkaitan erat dengan aktivitas gerak tubuh atau olahraga yang nantinya bisa membuat tubuh kita menjadi sehat.

Artinya kesegaran jasmani menjadi hal yang sangat penting untuk dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi sebelum mempraktikannya yuk baca dulu beberapa materi terkait kesegaran jasmani termasuk juga pengertiannya, supaya praktik tersebut bisa dilakukan dengan benar.


Pengertian Kesegaran Jasmani


dosenpendidikan.com

Terdapat banyak sekali pengertian kebugaran jasmani, yang secara keseluruhan memiliki garis besar yang sama. Di antara banyak pengertian tersebut, kami telah merangkum beberapa yang mudah dipahami seperti di bawah ini:

Definisi pertama menjelaskan bahwa kesegaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk secara efisien mampu melaksanakan kerja tanpa menimbulkan rasa lelah yang berlebihan sehingga seseorang tersebut masih bisa menikmati waktu luangnya (Rini dan Sri, 2008).

Selain itu beberapa organisasi mendifinisikan kebugaran jasmani sebagai keadaan yang dimiliki seseorang yang berkaitan dengan kemampuan melakukan kegiatan fisik.

Sedangkan menurut Profesor Soedjatmo Soemowardoyo, kesegaran jasmani merupakan kesanggupan atau kemampuan tubuh untuk bisa menyesuaikan fungsi alat tubuhnya terhadap lingkungan seperti ketingian, kelembapan suhu, dll), dan juga aktivitas atau kerja fisik yang efisien tanpa timbul lelah yang berlebihan.


Komponen Kebugaran Jasmani


duniadefinisi.com

Materi selanjutnya yang menurut kami perlu dipahami dalam kaitannya dengan kesegaran jasmani adalah komponen-komponennya. Komponen ini yang nantinya bisa menentukan baik buruknya kondisi fisisk seseorang. Adapun komponen tersebut dikelompokkan menjadi dua acam yaitu:

Kesegaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan

Komponen ini meliputi beberapa ha di antaranya kelincahan, koordinasi, daya ledak, kecepatan, dan keseimbangan.

Kesegaran jasmani berkaitan dengan kesehatan

Sedangkan komponen yng berhubungan dengan kesehatan meliputi daya tahan, daya tahan otot, komposisi tubuh, kelentikan, dan kekuatan otot.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani Terhadap Kesehatan


 

sijai.com

Adapun beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang yang berkaitan erat dengan kesehatan, adalah sebagai berikut:

Makanan

Makanan yang kita serap dalam tubuh sangat berkaitan erat dengan kebugaran jasmani. Hal ini tentu saja arena setiap asupan gizi yang dimakan akan diproses dan menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Misalnya saja makanan yang berkarbohidrat tinggi bisa membentuk daya tahan yang kuat. Lalu untuk memperbesar otot kita bisa melakukan diet tinggi protein, dan lain sebagainya.

Umur

Faktor selanjutnya adalah umur. Kita tidak bisa memungkiri bahwa umur memang bisa berpengaruh pada kondisi tubuh kita.

Misalnya kaitannya dengan kelenturan seseorang. terdapat penelitian yang menunjukkan kalau kelenturan tubuh kita meningkat sampai pada masa remaja awal, dan sesudah itu akan terjadi penurunan kelenturan.

Status Kesehatan

Status kesehatan ini diartikan sebagai kondisi individu secara keseluruhan baik fisik, mental, maupun sosial. Jika seseorang mengalami masalah dalam kondisi tersebut atau sakit maka hal ini akan berpengaruh pada kesegaran jasmaninya.

Aktivitas Fisik

Pengertian Kesegaran Jasmani Serta Faktor yang Mempengaruhinya
ilmusosial.id

Selanjutnya adalah faktor aktivitas fisik, aktivitas fisik ini dimaknai sebagai segala gerakan fisik yang bisa mengakibatkan kontraksi otot.

Dengan melakukan aktivitas fisik, kita bisa mengurangi lemak yang tidak berguna dalam tubuh, dan juga meningkatkan massa tubuh.

Karenanya sangat wajar jika ketika aktivitas fisik menurun maka terjadi pula penurunan kebugaran jasmani, sehingga untuk bisa tetap bugar kita harus melakukan aktivitas fisik.

Jenis Kelamin

Terakhir jenis kelamin, seperti yang kita tahu perempuan dan laki-laki memiliki anatomi tubuh, dan pola gerak yang berbeda sehingga kemudian akan berpengaruh pada beberapa hal salah satunya adalah kelenturan.

Pada umumnya perempuan lebih lentur dibanding dengan laki-laki. Sedangkan pada kekuatan otot laki-laki cenderung lebih kuat.

Keyword: Pengertian Kesegaran Jasmani

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.