Pengertian Kebugaran Jasmani | Unsur-Unsur Mutlak yang Berpengaruh

Pengertian Kebugaran Jasmani | Unsur-Unsur Mutlak yang Berpengaruh
perpustakaan.id

Pengertian kebugaran jasmani – Kebugaran jasmani merupakan sesuatu yang penting dan sebaiknya dilakukan oleh semua orang.

Kebugaran jasmani adalah salah satu yang bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang terutama yang berkaitan dengan kesehatan.

Dan tentunya kita memahami betapa berharganya kesehatan bagi orang yang hidup. Oleh karena itu sejak di sekolah dasar kita telah diperkenalkan dengan kebugaran jasmani.

Tetapi berbicara mengenai kebugaran jasmani, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan istilah tersebut?

Secara sederhana mungkin kita tahu bahwa istilah kebugaran jasmani merujuk pada kegiatan olahraga. Tetapi apa definisi lebih lanjutnya?

Istilah kebugaran jasmani terdiri dari dua kata yaitu kebugaran dan jasmani. Kebugaran adalah gabungan antara olahraga dan kegiatan yang dilakukan dimana saja baik di rumah, tempat olahraga, dan lain-lain.

Sedangkan jasmani merupakan sesuatu yang berhubungan dengan tubuh. Jadi apa itu kebugaran jasmani? Untuk tahu secara detail yuk simak materi tentang kebugaran jasmani berikut ini:


Pengertian Kebugaran Jasmani


Pengertian Kebugaran Jasmani | Unsur-Unsur Mutlak yang Berpengaruh
pastiguna.com

Materi pertama yang harus dipelajari dalam kebugaran jasmani adalah definisi dari istilah tersebut. Sebelumnya kami juga sudah memaparkan sedikit asal kata dari istilah kebugaran jasmani.

Nah untuk melengkapi pemaparan di atas, kami menyertakan pendapat beberapa ahli tentang definisi kebugaran jasmani:

Pengertian Kebugaran Jasmani: Prof. Soedjatmo Soemowardoyo

Definisi pertama dikemukakan oleh seorang profesor bernama Soedjatmo Soemowardoyo. Menurutnya kebugaran atau juga kesegaran jasmani merupakan kemampuan yang dimiliki tubuh untuk bisa menyesuaikan fungsi alat tubuhnya (dalam konteks fisiologi) terhadap lingkungan dan kerja fisik yang efisien. Lingkungan yang dimaksud ini bisa berupa kelembapan suhu, ketinggian, dan lain sebagainya.

Menurut Prof. Sutarman

Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, Prof. Sutarman mengartikan kebugaran jasmani sebagai suatu aspek fisik yang bisa membuat seseorang menjalankan hidup secara produktif dan mampu menyesuaikan diri pada pembebanan fisik yang layak.

Pengertian Kebugaran Jasmani: Rusli Lutan

Selanjutnya Rusli Lutan juga mengemukakan bahwa kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan kegiatan fisik dalam keseharian yang membutuhkan 3 unsur inti yakni daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.


Manfaar Kebugaran Jasmani


salamadian.com

Mengapa kita perlu belajar terutama dalam praktik kebugaran jasmani? Memang gunanya untuk kita apa? Barangkali uraian berikut ini bisa menjawab pertanyaan tersebut:

  • Mengurangi tubuh terserang beragam penyakit
  • Meningkatkan mood dan energi
  • Mengurangi kandungan lemak jahat di dalam tubuh
  • Mengurangi resiko kanker
  • Membentuk kekuatan dan daya tahan otot tubuh
  • Meminimalisir stress dan bisa memicu kebahagiaan
  • Memicu atau merangsang pertumbuhan pada tubuh
  • Meningkatkan kelenturan tubuh
  • Membentuk kepercayaan diri, keberanian, dan kemampuan untuk bekerja sama

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani


Teman-teman juga perlu mengetahui apa saja komponen atau unsur yang ada dalam kebugaran jasmani, sehingga nantinya komponen ini bisa menjadi indikator dalam melakukan kegiatan yang membentuk kebugaran jasmani.

Daya Otot (Muscular Power)

sijai.com

Unsur pertama adalah daya otot, unsur ini berhubungan dengan sistem anaerobik ketika proses pemenuhan energi.

Daya otot bisa diartikan sebagai kemampuan dalam menggunakan kekuatan maksimum dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Adapun latihan yang bisa menguatkan daya otot adalah front jump, vertical jump, side jump, dan lain sebagainya.

Kekuatan (Strenght)

bebasketik.com

Selanjutnya adalah kekuatan, yakni keadaan tubuh yang sanggup menggunakan otot untuk melakukan aktivitas. Untuk melatih kekuatan kalian bisa melakukan push up, sit up, squat-jump, dan sebagainya.

Daya tahan (Enduranca)

terasolahraga.com

Yaitu kemampuan untuk memanfaatkan organ tubuhnya secara efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas.

Koordinasi (Coordination)

Keempat adalah koordinasi, yakni kemampuan manusia dalam menyatukan atau mengintegrasikn secara efektif gerakan tubuh yang berbeda kedalam satu gerakan.

Daya Lentur (Flexibility)

Pengertian Kebugaran Jasmani | Unsur-Unsur Mutlak yang Berpengaruh
moondoggiesmusic.com

Adalah efektivitas tubuh dalam menyesuaikan diri dengan aktivitas yang berhubungan dengan kelenturan tubuh. Hal ini juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari loh. Untuk melatih daya lentur kamu bisa melakukan senam, renang, dan yoga.

Reaksi (Reaction)

Reaksi adalah kemampuan tubuh untuk menanggapi stimulus dari orang lain. Untuk melatih reaksi ini kamu bisa melakukan aktivitas lempar tangkap bola.

Keseimbangan (Balance)

Merupakan kemampuan seseorang dalam memanfaatkan organ dan syaraf otot sehingga gerakan tubuh dapat terkendali dengan baik.

Ketepatan (Accuracy)

Terakhir adalah ketepatan, adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan gerakan sesuai dengan sasarannya.

Keyword: pengertian kebugaran jasmani

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.