Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya

Pengertian Keadilan Beserta Contohnya
satujam.com

Pengertian keadilan – Keadilan adalah sesuatu yang mesti ada di dunia ini. Ia seperti hukum alam yang tidak bisa ditentang.

Walaupun untuk menegakkannya manusia harus berjuang terus menerus, sebagaimana hak asasi manusia. Keduanya perlu diperjuangkan, meskipun ia adalah sesuatu yang mutlak ada.

Dengan adanya keadilan segala sesuatunya akan berjalan seimbang, tak ada yang sangat berlebihan atau sangat kekurangan.

Hal tersebut tidak hanya berlaku pada aspek ekonomi saja, tetapi juga aspek kehidupan lainnya. Pada intinya keadilan adalah sesuatu yang penting dan sewajarnya ada.

Karenanya sudah seharusnya juga kita berlaku adil dan mendapat perlakuan yang adil pula. Jika keadilan itu tidak diperoleh, memperjuangkannya adalah satu-satunya jalan.

Tetapi sebelum menuntut keadilan yuk cari tahu dulu apa sih sebenarnya pengertian keadilan itu, dan apa saja macamnya. Nah di bawah ini kami akan memaparkan beberapa point tersebut, semoga bisa membantu menambah wawasan ya.


Pengertian Keadilan


id.lovepik.com

Istilah keadilan ini didefinisikan oleh beberapa orang ahli dengan pendapat yang berbeda-beda. Adalah para filsuf, seperti Aristoteles dan Plato, yang mula-mula memberikan definisi mengenai keadilan.

Kemudian orang-orang yang hidup setelahnya juga memiliki konsep tersendiri tentang keadilan, meskipun secara garis besar semua pendapat ahli tersebut memiliki satu kesamaan. Adapun secara rinci definisi keadilan berdasarkan pendapat ahli, di antaranya adalah:

Pengertian Keadilan Menurut Aristoteles

Pertama yang akan kami bahas adalah pendapat dari seorang filsuf legendaris bernama Aristoteles. Menurutnya keadilan adalah memberikan sesuatu kepada orang yang berhak memilikinya.

Selain itu Aristoteles juga menambahkan keadilan berarti berada di titik tengah di antara dua titik ekstrem, tidak memihak juga tidak berat sebelah. Keadilan baginya adalah kelayakan dari suatu tindakan manusia.

Pengertian Keadilan Menurut Plato

Berbeda dengan muridnya, Aristoteles, sang guru Plato memberikan arti pada keadilan dengan pemaknaan mematuhi semua aturan atau hukum yang berlaku. Dan untuk bisa mencapai keadilan tersebut, masyarakat harus kembali pada struktur mulanya.

Thomas Hubbes

Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya
beritatransparansi.co.id

Adapun Thomas Hubbes memberikan pengertian lain lagi, bahwa keadilan menurutnya adalah keadaan jika seseorang dapat menjalankan isi perjanjian sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa memihak atau berat sebelah.

Pengertian Keadilan John Rawls

Filsuf politik asal Amerika yang terkenal di abad 20 mendefinisikan keadilan sebagai kelebihan pertama dari institusi sosial. Hal ini sama saja dengan kebenaran pada sistem pemikiran.

Notonegoro

Terakhir Notonegoro juga memberikan pendapat tentang keadilan, keadilan bagianya adalah kondisi dimana seseorang menjalankan ketentuan hukum yang berlaku.

Pengertian Keadilan Menurut KBBI

Selain pendapat ahli di atas, Kamus Besar Bahasa Indonesia juga telah memberikan pemaparan singkat mengenai apa itu keadilan. Berikut ini merupakan pengertian keadilan berdasarkan apa yang tertulis dalam KBBI:

  • Berpihak pada yang benar; berpegang pada kebenaran
  • Sama berat; tidak berat sebelah; tidak memihak
  • Sepatutnya; tidak sewenang-wenang.

Macam-Macam Keadilan


jagad.id

Berdasarkan teori, keadilan memiliki banyak macam, tetapi secara umum keadilan bisa dibagi menjadi 6 macam, di antaranya adalah:

Keadilan Legal (Lustitia Legalis)

Merupakan keadilan yang diperoleh berdasarkan aturan legal seperti undang-undang yang mana objek dari keadilah tersebut adalah masyarakat demi tercapainya kebaikan bersama.

Keadilan Komunikatif (Lustitia Communicativa)

Sedangkan keadilan komunikatif adalah keadilan yang memberikan setiap orang bagian yang merupakan miliknya, berdasarkan haknya terhadap suatu objek tertentu. Artinya keadilan jenis ini adalah memberikan sesuai dengan apa yang memang menjadi bagian dari seseorang tersebut.

Keadilan Distributif (Lustitia Distributiva)

Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya
merdeka.com

Kemudian keadilan distributif bisa diartikan sebagai keadilan yang memberikan hak pada setiap orang berdasarkan hak individunya.

Keadilan Kreatif (Lustitia Creativa)

Macam keadilan yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan sebelumnya yakni memberikan setiap orang apa yang memang sudah menjadi bagiannya, dimana bagian tersebut berupa kebebasan untuk menciptakan kreativitas.

Keadilan Protektif (Lustitia Protektiva)

Seperti halnya penyebutannya, keadilan jenis ini akan memberikan perlindungan atau penjagaan kepada setiap orang dari kesewenang-wenangan pihak lain.

Keadilan Vindikatif (Lustitia Vindicativa)

Dan terakhir keadilan vindikatif, yaitu keadilan yang memberikan denda atau hukuman bagi siapapun yang melakukan kejahatan atau melanggar apa yang telah ditetapkan.

Keyword: Pengertian Keadilan

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.