Pengertian Keadilan Beserta Contohnya

Pengertian Keadilan Beserta Contohnya
satujam.com

Kali ini kita akan membahas tentang pengertian keadilan, kata keadilan berasal dari kata adil. Adil merupakan hal yang sangat mudah diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilakukan.

Semua orang dituntut untuk selalu berlaku adil tetapi kadang kala adil yang mereka terapkan tidak sesuai dengan apa yang diterima seseorang. Bagi mereka adil, tapi bagi orang lain belum tentu adil.

Sebenarnya adil itu tidak menguntungkan satu pihak saja tetapi juga pihak yang bersangkutan. Maka dari itu berhati-hatilah dengan kata-kata adil, karena jika kita salah menempatkan posisi keadilan akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti.


Pengertian Keadilan


id.lovepik.com

Pengertian keadilan sangat berhubungan dengan yang namanya pengadilan dan hukum, dimana hakim akan menetapkan suatu keadaan untuk pelaku kejahatan secara adil sesuai dengan bukti-bukti yang ada.

Pada sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang begitu besar dengan kata lain meletakkan segala sesuatu pada tempatnya atau sesuai dengan porsinya masing-masing.

Adil tidak harus sama dan merata berlaku bagi semua orang tetapi sifatnya sangat subjektif. Secara umum, keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal.

Keadilan dapat juga didefinisikan sebagai sesuatu hal yang berkaitan dengan sikap dan tindakan dalam hubungan antar manusia yang berisi sebuah tuntutan agar antar sesama dalam memperoleh perlakukan sesuai hak dan kewajibannya.

Begitu pentingnya sebuah keadilan karena dengan adanya keadilan maka kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik.

Di berbagai bidang keadilan sangat diperlukan entah itu hukum, ekonomi, dan sosial. Jika tidak ada keadilan dalam suatu masyarakat maka dapat memunculkan berbagai macam masalah.


Teori Pengertian Keadilan


jagad.id

Banyak sekali para ilmuan yang mengemukakan pengertian keadilan, tapi disini kami akan mengambil arti keadilan secara umum dan mudah dipahami.

Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang sangat besar. Keadilan umum adalah keadilan menurut kehendak undang-undang, yang harus ditunaikan demi kepentingan umum.

Keadilan khusus adalah keadilan atas dasar kesamaan atau proporsionalitas. Keadilan ini debedakan menjadi tiga kelompok yaitu:

Keadilan secara proposional yang diterapkan dalam lapangan hukum publik secara umum, keadilan dengan mempersamakan antara prestasi dengan kontraprestasi dan keadlian dalam menjatuhkan hukuman atau ganti rugi dalam tidak pidana.

merdeka.com

Seseorang dianggap adil apabila ia dipidana atau denda sesuai dengan besarnya hukuman yang telah ditentukan atas tindak pidana yang dilakukannya.

Menurut kebanyakan teori juga, pengertian keadilan belum lagi tercapai: “Kita tidak hidup di dunia yang adil”.

Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan.

Tapi, banyaknya jumlah dan berbagai macam teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas.

Keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. Keadilan dari sudut pandang bangsa Indonesia dikenal dengan istilah keadilan sosial yang dicantumkan dalam pancasila dan UUD 1945.

Keadilan adalah penilaian dengan memberikan kepada saja sesuai dengan apa yang menjadi haknya, yakni dengan bertindak proposional dan tidak melanggar hukum.

Keadilan berkaitan erat dengan hak, sebagai contoh dalam konsep bangsa Indonesia hak tidak dapat dipisahkan dengan kewajiban.

Dalam konteks pembangunan bangsa Indonesia keadilan tidak bersifat sektoral tetapi meliputi ideologi. Untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Keyword: Pengertian Keadilan

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.